10 Software Desain Khusus Arsitektur, Bikin Desain Seperti Realis

Software Desain Arsitektur, Bikin Desain Seperti Realis – Menjadi seorang arsitek berarti membutuhkan keterampilan khusus untuk membuat suatu rancangan bangun yang unik namun juga nyaman. Oleh karenanya para profesional tersebut membutuhkan bantuan software desain khusus arsitektur yang dapat membantu mewujudkan keinginan klien.

Pasalnya,  tidak banyak klien yang dapat menerjemahkan keinginan tersebut dalam bentuk gambar walaupun hanya berupa coret-coretan.  Oleh karena itu seorang arsitek yang memiliki keahlian menggunakan software desain khusus arsitektur tentu menjadi suatu keharusan.

Tanpa bantuan perangkat lunak tersebut, akan menjadi kesulitan tersendiri bagi arsitek untuk membantu para klien agar dapat melihat konsep desain dari keinginannya. Oleh karena itu perlu menguasai software desain khusus arsitektur dari yang mulai sederhana sampai perlu waktu untuk mempelajarinya.

Mengenal Software Desain Khusus Arsitektur

Software desain khusus arsitektur adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh developer untuk membantu para arsitek merancang sebuah bangunan. Tujuannya agar dapat merealisasikan keinginan sang empunya untuk mengetahui seperti apa rupa aslinya ketika impiannya sudah dibangun.

Tidak semua software desain khusus arsitektur memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.  Ada pula yang dapat digunakan secara maksimal oleh para pemula dan tentu saja dapat dioptimasi oleh para profesional.  Namun ada juga yang memerlukan waktu serta ketekunan tinggi untuk menguasainya.

Nah apa saja sih software untuk desain arsitektur yang mudah digunakan dengan fitur lengkap?

Daftar Software Desain Arsitektur Terbaru 2022

Ada beberapa software yang didesain khusus seorang arsitek agar memudahkannya dalam bekerja. Di bawah ini adalah beberapa jenis software tersebut :

AutoCad

Perangkat lunak yang membantu para arsitek untuk membuat rancang bangun yang pertama kali adalah AutoCAD. Software ini menjadi suatu keharusan bagi setiap para perancang bangun untuk menguasainya.  Sebab umumnya di bangku kuliah, perangkat lunak inilah yang pertama kali diajarkan untuk dikuasai.

Autocad merupakan salah satu software yang paling mudah untuk digunakan dan dipelajari baik untuk arsitek pemula.  Kendati demikian bukan berarti para profesional tidak dapat menggunakannya dengan baik. Malahan memiliki kesempatan untuk mengoptimalkannya sehingga menghasilkan rancang bangun yang sangat menarik.

Punch

Software yang satu ini memang tergolong mahal, namun semuanya dibayarkan dengan berbagai fiturnya yang sesuai untuk membantu merancang rumah yang terlihat seperti aslinya.  Perangkat lunak ini kompatibel dengan Windows dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Hasil akhirnya tampilan desain akan sangat natural.

Vectorworks Architecture

Software yang satu ini memang didesain untuk arsitek yang telah profesional.  Sangat disukai karena tingkat keakuratan gambarnya sangat tinggi serta dapat  merancang bangun dengan amat detail sesuai dengan keinginan klien.  Oleh karenanya hasil rancang bangunannya mendekati sempurna seperti aslinya.

Arsitek dapat menghasilkan desain yang sangat menarik karena dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung, Misalkan rendering, 2d dan 3d. Sehingga bila dipresentasikan maka klien akan melihat tampilan banguna dari depan, tampak samping kanan, kiri dan atas.

Chief Architect Premier

Software desain arsitek yang pertama adalah Chief Architect Premier yang dapat membantu untuk memudahkan para arsitek menggambar desain rumah dengan tepat. Gambar yang dihasilkan akan memiliki ukuran yang sangat detail sesuai dengan perancangan manual klien.

Selain itu pula arsitek dapat memunculkan ilustrasi 3D nya secara otomatis sehingga pekerjaannya menjadi lebih ringan. Kelebihannya aplikasi ini hanya memerlukan penyimpanan sebesar 5 Giga Byte dengan spesifikasi hdd atau SSD.  Bisa bekerja pada Windows 64-bit dan MacOS. RAM yang dibutuhkan sebesar 4 Gigabyte dengan VGA ram-nya 1 GB.

TurbofloorPlanHome and Landscape Pro

Aplikasi ini digadang-gadang sebagai suatu software desain khusus arsitektur yang sangat mudah. Bahkan pemula pun dapat menggunakannya dengan cara mempelajarinya sebentar saja. Kekurangannya hanyalah bahwa perangkat lunak ini didesain khusus untuk dipasang pada MacBook atau Mac.

FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

Aplikasi ini dapat dipasang pada PC dan laptop dan berperan sebagai simulasi rumah pada saat Anda mempresentasikan pada klien. Kelebihannya adalah tersedianya fitur 360 degree online viewer yang akan membuat klien dapat melihat tampilan rumah secara menyeluruh dari depan, samping kanan, dan kiri.

Jika Anda belum menguasainya maka pihak pengembangmenyediakan ratusan video training yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu channel pembelajaran. Kendati demikian, tidak perlu takut untuk mempelajarinya dengan cepat. Karena pihak  Turbo Cad menyediakan kemudahan antarmuka yang mudah.

Software ini merupakan perangkat lunak yang premium dengan harga yang cukup mahal. Karena karena memang diperuntukan bagi arsitek yang telah profesional dan mampu merancang bangun dengan  tingkat keakuratan tinggi. Namun, fitur performa 2D Engine yang mumpuni serta fitur  export dan import ada dalam DWG dan DXF amat sangat dapat diandalkan.

Jika Anda seorang arsitektur dan ingin menggunakan aplikasi ini maka pastikanlah bahwa spesifikasi laptop Anda menggunakan dedicated 1 VGA dengan kapasitas minimal VRAM adalah 64 MB.  Dengan CPU  minimal diatas 1 GHz.

SketchUp Pro

Salah satu software desain khusus arsitektur yang sering digunakan adalah SketchUp Pro. Anda dapat memanfaatkan program ini dengan mengakses 2 cara yaitu melalui web Based 3D modelling nya atau pada aplikasi yang terpasang pada laptop. Semuanya tergantung pada kebutuhan Anda sebagai seorang arsitek.

Software ini memiliki fitur pre design yang dapat memberikan saran desain berdasarkan tipe bangunan serta cuaca di daerah tersebut. Selain itu pula dukungan formatnya beragam.  Anda dapat melakukan import dokumen dari berbagai jenis file yaitu mulai dari Photoshop, file JPG, PNG, PDF.

Bagi Anda yang ingin menggunakannya pastikanlah bawah sistem operasi perangkat yang akan digunakan merupakan Windows 10 dan Mac OS.  Untuk Windows Anda wajib memiliki VGA dengan memori 1 Gigabyte.  Sementara hardisk laptop harus memiliki sisa 700 MB agar aplikasinya dapat bekerja secara optimal.

Home Designer Pro

Bagi Anda pemula ataupun menyukai sesuatu yang berhubungan dengan arsitektur dapat pula mencoba Home Designer Pro. Dengan beragam fitur yang di dalam punya akan membuat Anda dapat merancang secara sederhana bangun yang diinginkan.  Karena bukan untuk profesional, maka cara pengoperasiannya pun sangat mudah.

Seluruh fiturnya dapat anda gunakan walaupun Anda belum pernah mempelajari arsitektur. Bahkan dapat membantu untuk melakukan remodeling bangunan, menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan serta proses dan renovasi bangunan. Software ini dapat Anda miliki dengan menyewa atau membelinya.

ArchiCad

Artikel merupakan salah satu software untuk arsitektur yang yang dikuasai oleh mahasiswa Teknik Arsitek beserta arsitek pemula. Khusus diciptakan untuk membuat gambar arsitektur dengan detail yang sempurna.  Anda dapat menambahkan berbagai elemen bangunan yang lengkap seperti kolom, atap,  plat dinding serta balok.

Kelebihannya adalah software ini dapat menghasilkan gambar 3D dan 2D.  Ditambahkan dengan berbagai pencahayaan yang tepat maka gambar seperti aslinya jika dipresentasikan di hadapan client.  Mempelajarinya pun amat mudah karena memang dirancang dengan antarmuka yang sederhana.

Sweet home 3D

Anda dapat mulai merancang bangun sebuah rumah dengan memanfaatkan software ini. Kelebihannya adalah seorang arsitektur pemula dapat belajar untuk merancang bangunan mulai dari mentahan desain. Diawali dari bentuk bangunan,  tembok. atap tingkat 2 dan lainnya. Kemudian mendesain interior rumah.

Jika Anda seorang arsitek pemula atau baru saja mempelajari ilmu ini, maka alangkah baiknya jika mempelajari software desain khusus arsitektur yang paling sederhana pengoperasiannya. Karena bagaimanapun keterampilan merancang desain bangunan harus diasah dari awal mula mempelajari ilmu ini.

Sejalan mempelajari banyak keinginan klien maka mulailah tingkatkan kualitas rancang bangun yang anda miliki. Terutama jika di dalam pekerjaan menuntut penguasaan software desain khusus arsitektur yang yang dapat menghasilkan gambar seperti pada aslinya.

Baca Juga: Canva, Aplikasi Desain Grafis Multiguna

Sebab salah satu yang menunjukkan kualitas sebagai seorang arsitek adalah dapat menunjukkan rancang bangun yang tepat. Oleh karena itu kuasailah software desain khusus arsitektur agar profesionalitas Anda semakin diakui dan akhirnya mendatangkan income yang nilainya fantastis.

Artikel ini bersumber dari : metroandalas.co.id.

Tinggalkan komentar