10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang terletak di Yogyakarta. Kabupaten ini terkenal akan destinasi wisatanya berupa pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing karang berbagai bentuk dan ukuran. Saking eloknya, pantai di Gunungkidul sangat dipadati para wisatawan setempat dan wisatawan dari berbagai daerah. 

Padahal, Gunungkidul gak hanya menyimpan keindahan pantai-pantainya saja, tetapi juga menyimpan berbagai wisata yang menyuguhkan keunikan tersendiri. Namun, wisata di Gunungkidul sebenarnya gak cuma pantai, lho.

Selain pantai, berikut beberapa rekomendasi wisata di Gunungkidul, Yogyakarta, yang wajib kamu kunjungi. Pesona alamnya bikin kamu terkesima, deh!

1. Telaga Jonge

ilustrasi telaga jonge (instagram.com/sriutami.er)

Saat berkunjung ke Telaga Jonge, kamu akan disambut dengan suasana dan pemandangan asri. Terdapat telaga dengan air berwarna kehijauan yang dikelilingi oleh barisan pepohonan rindang.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Selama berlibur di telaga ini, kamu gak hanya bisa duduk santai sambil menikmati keindahan Telaga Jonge, tapi juga bisa menikmati beberapa aktivitas seru, seperti memancing dan mengelilingi telaga dengan perahu. Gak perlu membayar tiket masuk, kamu hanya perlu bayar tiket parkir seharga Rp5.000 saja.

Dengan air yang gak pernah kering, Telaga Jonge adalah salah satu wisata di Gunungkidul yang sarat akan legenda dan sejarahnya. Konon, dahulu Telaga Jonge merupakan tempat pelarian seorang punggawa Kerajaan Majapahit bernama Ki Sidik yang menyamar menjadi Kiai Jonge. Kiai Jonge yang disegani oleh warga sekitar menghabiskan sisa hidupnya di tempat ini dan dimakamkan pula di tengah-tengah Telaga Jonge ini.

Lokasi: Telaga Jonge, Jelok, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

2. Pawon Purba

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi pawon purba (instagram.com/pawonpurba)

Pawon Purba menjadi salah satu wisata yang pas buat kamu yang tertarik berburu kuliner. Saat berkunjung ke Pawon Purba, kamu bisa menikmati lanskap persawahan hijau dan Gunung Api Purba sambil ditemani beragam masakan tradisional khas Gunungkidul.

Letaknya yang berada di antara area persawahan memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi lokasi di sekitarnya walaupun hanya sekadar berfoto dan mengabadikan momen. Dengan harga mulai dari Rp2.000-20.000, kamu bisa menikmati berbagai kuliner tradisional.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Bukan hanya menyediakan beragam kuliner, Pawon Purba juga menyediakan fasilitas penginapan berupa homestay untuk kamu yang ingin berlama-lama di sini. Dengan mengusung konsep layaknya rumah tradisional Jawa, suasananya semakin nyaman.

Lokasi: Nglanggeran Kulon, Desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

3. Air Terjun Sri Gethuk

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi air terjun sri gethuk (instagram.com/kintanprestania)

Selain pantai, di Gunungkidul kamu juga bisa menemukan wisata air terjun yang terbilang cukup terkenal, yakni Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk gak cuma berupa pancuran air terjun dari sebuah tebing saja, tetapi ada juga kolam air terjun yang langsung terhubung dengan aliran sungai.

Saat musim panas, airnya akan bening dan jernih dengan warna kehijauan yang berasal dari tiga mata air. Gak salah jika Air Terjun Sri Gethuk telah dikenal di kalangan para wisatawan lokal hingga mancanegara. Bukan hanya itu, di sekitarnya terdapat tebing kapur dan pepohonan yang rindang sangat cocok untuk melepas penat.

Dengan harga tiket masuk hanya Rp15.000 per orang, kamu bisa berenang di aliran air terjun yang jernih dan sejuk ini. Jika kamu tertarik berenang di sekitar Air Terjun Sri Gethuk, sebaiknya kenakan pelampung terlebih dahulu.

Lokasi: Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

4. Bukit Pengilon

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi bukit pengilon (instagram.com/herdiansyah002)

Menikmati keindahan panorama pantai yang ada di Gunungkidul gak hanya bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke pantainya saja, tetapi juga melalui bukit-bukit yang ada di sekitarnya. Salah satunya melalui Bukit Pengilon. Uniknya, bukit ini sekilas nampak mirip Bukit Teletubbies di Nusa Penida.

Diselimuti dengan hamparan rerumputan hijau luas, Bukit Pengilon sangat cocok buat kamu jadikan sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan beberapa pantai di Gunungkidul, seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Gak hanya pantai, dari bukit ini kamu juga bisa menikmati embusan angin disertai keindahan sunset di sore hari.

Musim panas dan sebelum memasuki musim hujan jadi waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Pengilon. Areanya yang hijau dan sejuk membuat Bukit Pengilon sering kali dijadikan sebagai salah satu spot camping bagi para wisatawan.

Lokasi: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

5. Embung Nglanggeran

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi embung nglanggeran (instagram.com/atika_muth)

Selain dikenal dengan pantainya, Gunungkidul juga dikenal akan wisata perbukitan dan embung atau telaga buatannya. Awalnya, Embung Nglanggeran dibangun bukan sebagai tujuan wisata, tetapi karena keindahannya akhirnya dibuka untuk tujuan wisata sejak 2013.

Di hari libur, embung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik hanya sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar Embung Nglanggeran atau pun camping. Letaknya yang berada di atas bukit membuat suasana di embung menjadi sangat sejuk.

Lokasi embung ini langsung berhadapan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran yang ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang. Buka selama 24 jam, di Embung Nglanggeran ini memungkinkan kamu untuk berlama-lama atau camping sambil menyaksikan sunset pada sore hari dan milky way di malam hari.

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 6 Daya Tarik Pantai Gesing, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

6. Bukit Paralayang Watugupit

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi bukit paralayang watugupit (instagram.com/gayatridinda)

Sesuai penamaannya, Bukit Paralayang Watugupit awalnya sebuah bukit yang diperuntukkan bagi pencinta olahraga paralayang. Namun, belakangan ini Bukit Paralayang Watugupit semakin dikenal sebagai salah satu wisata terbaik untuk menyaksikan sunset.

Letaknya yang gak jauh dari bibir Pantai Parangtritis membuat bukit ini selalu jadi spot favorit wisatawan. Garis pantai yang melintang disertai hamparan lautan luas dan pepohonan rindang di masing-masing sisinya menambah kesan eksotis.

Terlebih, saat ini telah tersedia akses dan fasilitas yang semakin mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Paralayang Watugupit. Beberapa di antaranya, seperti area parkir, musala, toilet, hingga warung yang menjual aneka camilan.

Lokasi: Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

7. Bukit Bintang

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi bukit bintang (instagram.com/safrilaliyatno)

Dulunya dikenal dengan Bukit Hargodumilah, kini bukit ini lebih dikenal dengan Bukit Bintang. Dari sini, kamu gak hanya bisa menyaksikan bintang-bintang di langit, tetapi juga menyaksikan Kota Yogyakarta dari ketinggian mencapai 150 meter.

Saat malam hari, kamu akan disuguhkan pemandangan Kota Yogyakarta yang diselimuti kelap-kelip lampu dan bintang di langit. Suasana ini menjadikan malam di tempat wisata ini semakin romantis dan menenteramkan. Sedangkan pada pagi hari kamu akan disajikan pemandangan perbukitan hijau yang ditutupi embun.

Udaranya yang sejuk sekaligus dingin membuat Bukit Bintang gak hanya cocok sebagai tempat untuk berfoto ria, tteapi juga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan pasangan. Dengan tiket masuk gratis, kamu bisa menemukan restoran dan resor yang menyajikan beragam kuliner.

Lokasi: Jalan Wonosari KM 15-17, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

8. Watu Paris

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi watu paris (instagram.com/watuparis)

Menikmati pemandangan senja di Pantai Parangtritis saat sore hari paling pas jika ditemani beragam menu makanan dan minuman di Watu Paris. Di Watu Paris kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik yang tentunya instagramable.

Bagi pengunjung yang berkunjung bersama anak-anak, Watu Paris juga menyediakan beberapa wahana permainan anak. Lokasinya yang berada di atas 500 meter dari Bukit Paralayang memungkinkan kamu bisa dengan jelas menikmati keindahan di sekitarnya.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, tiket tersebut bisa ditukar dengan minuman yang tersedia di Watu Paris. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, yakni area parkir yang luas, area bermain anak, musala, restoran, toilet, meeting room, dan beragam area untuk bersantai dan berfoto.

Lokasi: Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

9. Embung Batara Sriten

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi embung batara sriten (instagram.com/ekoandriyanto32)

Berada di perbukitan Baturagung Utara menjadikan Embung Batara Sriten sebagai embung atau telaga buatan tertinggi di Gunungkidul. Dengan ketinggian mencapai 950 meter di atas permukaan laut, embung ini memiliki suasana yang sejuk dan tenang. 

Untuk mencapai Embung Batara Sriten, kamu perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 4 jam jika memulai perjalanan dari Kecamatan Wonosari. Setelah tiba, kamu juga perlu menempuh perjalanan melalui tanjakan yang cukup curam. 

Walaupun melalui perjalanan melelahkan, semua usaha yang kamu lalui akan terbayarkan dengan keindahan dan suasana asri. Kamu gak cuma bisa bersantai sambil menikmati suasana di sekitarnya, tetapi juga bisa camping bersama teman-teman.

Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

10. HeHa Sky View

10 Wisata Gunungkidul Selain Pantai, Suguhkan Panorama Asri ilustrasi heha sky view (instagram.com/hehaskyview)

Siapa yang belum tahu HeHa Sky View? Sejak awal kemunculannya, HeHa Sky View langsung berhasil menarik perhatian wisatawan. Bukan tanpa alasan, para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana di dalam satu destinasi wisata saja. 

Salah satu yang paling menarik perhatian dari HeHa Sky View adalah kamu bisa dengan mudah menemukan banyak spot foto yang Instagramable dan estetik. Jika HeHa Ocean View menawarkan pemandangan pantai dan laut di Gunungkidul, di HeHa Sky View pengunjung bisa menikmati pemandangan langit Kota Yogyakarta. 

Di sini kamu bisa melakukan beberapa sesi foto di spot-spot yang tersedia, seperti sky glass, wall climbing, sky balloon, HeHa aeroplane, reflecting pool, dan selfie garden yang masing-masing dikenakan tarif sekitar Rp20.000-30.000 ribu per orang. Tersedia juga fasilitas area parkir, toilet, restoran, dan food stall yang menyediakan beragam makanan.

Lokasi: Jalan Dlingo Nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Gunungkidul, destinasi wisata selain pantai ini bisa jadi rekomendasi. Destinasi wisata ini gak hanya cocok dijadikan sebagai tempat untuk berlibur, tapi juga untuk melepas penat. 

Baca Juga: 8 Tempat Belanja Oleh-oleh di Gunungkidul, Ada Thiwul Yu Tum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : www.idntimes.com.

Tinggalkan komentar