15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!

Pencatatan transaksi keuangan sangatlah penting dalam berbisnis. Pencatatan keuangan itu termasuk proses akuntansi. Sederhananya, akuntansi adalah proses pencatatan, pengolahan, dan penyajian transaksi keuangan kepada pihak tertentu.

Sudah banyak orang yang mempelajari akuntansi, tetapi tidak semua orang atau pengusaha mengetahui jenis-jenis akuntansi yang ada. Sebagai pebisnis, apalagi yang baru merintis usaha, penting untuk mengetahui semua seluk-beluk tentang akuntansi, termasuk jenis-jenisnya.

Untuk itu, IDN Times akan merangkum 15 jenis-jenis akuntansi untuk kamu. Yuk simak sampai selesai!

1. Akuntansi keuangan (financial accounting)

Ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jenis-jenis akuntansi yang pertama adalah akuntansi keuangan (financial accounting). Akuntansi keuangan adalah kegiatan yang menghasilkan analisis atas laporan keuangan suatu perusahaan. Nantinya, laporan itu akan digunakan pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang berhasil akan bersifat serba guna.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Di dalam akuntansi keuangan ada pencatatan kegiatan finansial meliputi neraca, laporan laba rugi serta laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

2. Akuntansi pemeriksaan (auditing)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Akuntansi pemeriksaan atau audit adalah kegiatan pemeriksaan hasil pencatatan dan laporan keuangan yang termasuk dalam jenis-jenis akuntansi. Biasanya, audit dilakukan atas laporan yang telah dihasilkan oleh akuntansi keuangan.

Tujuan utama dari audit adalah memastikan data yang disajikan dapat benar dan dapat dipercaya. Selain itu, audit juga bertujuan menjaga kedisiplinan suatu perusahaan atas kebijakan yang telah ditetapkan, serta menilai efisiensi dan efektivitas suatu kegiatan.

Oleh sebab itu, proses audit sangat bergantung pada objektivitas dan independensi dari seorang pemeriksa, serta kerahasiaan dan pengumpulan bukti-bukti yang terbilang cukup signifikan.

3. Akuntansi biaya (cost accounting)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Ilustrasi uang (IDN Times/Mardya Shakti)

Akuntansi biaya merupakan sebuah bidang akuntansi yang mencatat, menghitung, dan menganalisis biaya-biaya yang ditanggung suatu perusahaan industri.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Akuntansi biaya merupakan proses yang menghasilkan laporan harga, yang nantinya digunakan untuk menyusun laporan keuangan. Fokus dari akuntansi biaya adalah penetapan dan sebuah kontrol atas biaya. Akuntansi biaya akan mengacu pada penetapan biaya yang berdasarkan aktivitas (activity based costing).

Fungsi dasarnya mengumpulkan serta menganalisis data biaya, biaya yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

4. Akuntansi manajemen (management accounting)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!ilustrasi bisnis (IDN Times/Aditya Pratama)

Akuntansi manajemen adalah sebuah bidang akuntansi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalani usahanya. Nah, biasanya data-data dalam akuntansi biaya juga digunakan dalam akuntansi manajemen.

Adapun kegunaan dari akuntansi manajemen yaitu untuk mengatur kegiatan perusahaan, mengontrol arus kas serta menilai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan. Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management), merupakan sebuah kebiasaan baru dalam akuntansi manajemen.

5. Akuntansi perpajakan

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!ilustrasi pajak (unsplash.com/@kellysikkema)

Jenis-jenis akuntansi berikutnya adalah akuntansi perpajakan. Akuntansi perpajakan berhubungan dengan arah penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan, serta perhitungannya mengacu kepentingan penyusunan laporan pajak.

Akuntansi perpajakan berfungsi untuk membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan terjadi, berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan perpajakan.

6. Akuntansi peranggaran (budgeting)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!ilustrasi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Penyusunan anggaran atau budgeting merupakan salah satu jenis-jenis akuntansi. Dalam proses menyusun anggaran, diperlukan perhitungan yang komprehensif mulai dari pendapatan perusahaan, pengeluaran, dan sebagainya. Sehingga, diperoleh nominal anggaran yang tepat secara finansial perusahaan.

Lebih rinci, anggaran berhubungan dengan sebuah penyusunan rencana keuangan yang terkait kepada kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang, analisis serta pengawasannya.

7. Sistem akuntansi (accounting system)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!ilustrasi perusahaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Sistem akuntansi juga merupakan salah satu jenis-jenis akuntansi. Sistem akuntansi sendiri adalah bidang akuntansi yang menjalankan kegiatan dengan mengatur cara pencatatan akuntansi agar efektif dan efisien.

Pada prosesnya, pembuatan sistem akuntansi ini dimulai dari mengatur dokumen hingga menyusun prosedur pencatatannya.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

8. Akuntansi pemerintahan (governmental accounting)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!setkab.go.id

Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi keuangan yang diterapkan di lembaga pemerintahan. Akuntansi pemerintahan memiliki tujuan untuk menyajikan sebuah laporan keuangan, mengatur dan pengawasan keuangan negara. Akuntansi ini termasuk ke dalam jenis-jenis akuntansi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Akuntansi dalam pemerintahan juga diharapkan bisa mengatur administrasi keuangan di negara dengan baik. Dalam bidang ini dikhususkan pada pencatatan serta pelaporan banyaknya transaksi di badan pemerintahan.

9. Akuntansi perbankan

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Ilustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Akuntansi dalam perbankan merupakan proses pencatatan, pengklasifikasian, analisis, dan juga penafsiran data keuangan.

Akuntansi perbankan dilakukan secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan para pihak yang memiliki berkepentingan baik internal maupun eksternal.

10. Akuntansi anggaran (budgetary accounting)

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Ilustrasi anggaran (ladypinem.com)

Berikutnya adalah akuntansi anggaran atau budgetary accounting, yaitu jenis akuntansi yang umumnya berhubungan dengan pengumpulan hingga pengolahan data operasi keuangan yang telah lewat.

Akuntansi anggaran juga menaksir kemungkinan yang bisa terjadi dalam rangka kepentingan penetapan anggaran keuangan perusahaan dalam periode tertentu.

11. Akuntansi internasional

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Pixabay/Capri23auto

Jenis akuntansi yang satu ini menjadi standar tunggal pelaporan akuntansi yang memberikan tekanan pada penilaian profesional dengan disclosures yang jelas. Untuk menetapkan standar diperlukan proses penyusunan dan formulasi standar akuntansi.

Lalu terdapat beberapa alasan standar akuntansi dibutuhkan, yaitu:

  • Beberapa negara membolehkan perusahaan mengabaikan standar akuntansi apabila operasi dan posisi keuangan perusahaan sudah baik.
  • Hukuman yang dijatuhkan kepada negara yang tidak patuh terhadap ketentuan akuntansi terlalu lemah dan tidak efektif.
  • Perusahaan boleh melaporkan informasi lebih banyak, padahal seharusnya hanya bersifat sukarela.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Siap Membangun Bisnis, Evaluasi Lagi, yuk!

12. Akuntansi pendidikan

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!fr.freepik.com/@zurijeta

Jenis-jenis akuntansi selanjutnya adalah akuntansi pendidikan yang menjadi bidang khusus dalam akuntansi yang perlu diperhatikan. Akuntansi pendidikan yaitu kegiatan belajar mengajar akuntansi yang berkaitan dengan masalah pendidikan.

Terdapat beberapa kebijakan desentralisasi pendidikan yang bisa meningkatkan efisiensi, relevansi, pemerataan, dan mutu pendidikan. Ada beberapa aspek dalam akuntansi pendidikan, antara lain:

  • Manajemen sekolah
  • Anggaran sekolah
  • Akuntabilitas penyelenggaraan
  • Sarana prasarana sekolah
  • Partisipasi orang tua siswa

Namun, untuk mencapai tujuan desentralisasi tadi, perlu ada upaya pemerintah untuk merestrukturisasi penyelenggaraan pendidikan. Terlebih pada struktur kelembagaan pendidikan.

Pemerintah juga perlu menyiapkan landasan hukum untuk melaksanakan desentralisasi pendidikan.

13. Akuntansi sosial

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Unsplash

Jenis akuntansi yang satu ini adalah akuntansi yang menangani proses komunikasi atas dampak sosial dan lingkungan yang disebabkan tindakan ekonomi sebuah entitas usaha, yaitu akuntansi sosial.

Akuntansi sosial biasanya digunakan untuk program tanggung jawab perusahaan atau CSR (corporate social responsibility). Oleh sebab itu, nama lain dari akuntansi ini adalah akuntansi pertanggungjawaban. Contohnya pemberian beasiswa bagi masyarakat.

Baca Juga: 5 Jenis Usaha Kelompok, Wajib Tahu sebelum Memulai Bisnis!

14. Akuntansi sektor publik

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!Pixabay.com/shameersrk

Akuntansi sektor publik merupakan mekanisme teknik dan analisis akuntansi yang diperlukan untuk mengelola dana masyarakat yang ada di lembaga-lembaga tinggi negara dan departemen di bawahnya.

15. Akuntansi keperilakuan

15 Jenis-Jenis Akuntansi, Penting Banget Buat Bisnis!unsplash/John Schnobrich

Lalu jenis-jenis akuntansi yang terakhir adalah akuntansi keperilakuan. Akuntansi keperilakuan adalah ilmu yang mempelajari efek dari perilaku manusia, sehingga bisa berpengaruh pada data dan pengambilan keputusan bisnis. Begitu juga akuntansi bisa memengaruhi perilaku manusia dan pengambilan keputusan bisnis.

Bisa dibilang jenis akuntansi ini merupakan hasil kombinasi dengan ilmu sosial. 

Demikianlah penjabaran tentang 15 jenis-jenis akuntansi yang perlu kamu pahami, baik sebagai pembelajar maupun praktisi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 15 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen 


Artikel ini bersumber dari : www.idntimes.com.

Tinggalkan komentar