5 Manfaat Tak Terduga Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit dan Rambut : Okezone Lifestyle

MINYAK zaitun salah satu bahan alami yang dapat membantu mempercantik kulit dan rambut. Ini sebabnya minyak zaitun kerap digunakan sebagai perawatan rutin untuk kecantikan.

Minyak zaitun berasal dari tanaman tradisional yang mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit.

Karenanya, minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan produk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Dilansir dari laman Times of India, berikut ini manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut Anda, antara lain;

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

1. Pembersih makeup


Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, ampuh menghapus polesan makeup Anda secara menyeluruh, hasilnya pun sangat bersih. Jadi tidak perlu merasa khawatir tercampur bahan kimia, ya.

Kemudian sejumlah produk kecantikkan pun ada yang menambahkan minyak zaitun ke dalamnya. Khususnya untuk micellar water, sehingga memudahkan Anda menghapus makeup.

BACA JUGA : Ternyata Ekstrak Buah Zaitun Bantu Pengobatan Pasien HIV Loh

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

2. Melembapkan kulit

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan squalene yang merupakan lipid lemak berfungsi melembapkan, serta membantu mencegah kehilangan air transepidermal di kulit Anda.

Sebagian orang yang konsisten melakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami, mereka tidak pernah lupa mengoleskan minyak zaitun ke kulitnya. Apalagi bagi Anda yang mempunyai jenis kulit sensitif, minyak ini bisa membantu menenangkannya.

BACA JUGA : Minyak Zaitun Cegah Penyakit Kulit serta Kanker? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

3. Sebagai krim untuk mencukur

Selain itu, minyak zaitun bisa menjadi krim cukur yang melembabkan, dan juga mencegah luka bakar akibat pisau cukur. Kelembutannya membantunya meluncur di atas kulit tanpa risiko luka atau goresan.

Maka sebagian tukang cukur atau di salon-salon kerap menggunakan minyak zaitun, agar saat proses mencukur tidak merasakan rasa sakit. Serta membuat kulit tetap sehat, meskipun bulu-bulu dicukur atau dicabut.

4. Merawat rambut yang diwarnai

Minyak zaitun akan menghidupkan kembali rambut yang sering diwarnai, atau kering. Sebab di dalam minyak ini memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan rambut.

Selain itu minyak zaitun mampu membentuk fil di atas rambut Anda, mengurangi gesekan dan juga meningkatkan kilau dan kekuatannya.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

5. Mengobati dermatitis

Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga dipercaya dapat mengobati berbagai kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam popok. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun ke kulit justru dapat merusak kulit dan memperparah eksim atopik.

Perlu diingat bahwa berbagai manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh di atas masih memerlukan penelitian dan bukti lebih lanjut.

Artikel ini bersumber dari : lifestyle.okezone.com.

Tinggalkan komentar