5 Rahasia Desain Rumah yang Bikin Bahagia Menurut Survei Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama masa pandemi sejak awal tahun 2020 lalu, cara hidup banyak orang telah berubah, yakni menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah.

Untuk itu, mendesain rumah dengan desain interior terbaik akan memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. 

Meskipun mendesain rumah yang membuat bahagia sangat pribadi, elemen tertentu dapat berkontribusi untuk lebih banyak kegembiraan di sekitar rumah, dilansir Better Homes and Gardens, Jumat (9/9/2022) menurut laporan baru dari layanan desain interior online Modsy.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Baca juga: 4 Pertimbangan Saat Memilih Desain Tangga Rumah

SHUTTERSTOCK/AHMAD SAIFULLOH Ilustrasi rumah minimalis.

Dalam kemitraan dengan psikolog sosial Lindsay T Graham di Pusat Lingkungan Buatan UC Berkeley, perusahaan melakukan survei terhadap lebih dari 1.500 orang untuk menentukan bagaimana desain rumah berdampak pada kesejahteraan.

Hasilnya memberikan cetak biru untuk merancang dengan kebahagiaan dalam pikiran. Berikut gaya dekorasi, warna, dan karakteristik lain yang paling erat kaitannya dengan rumah yang bahagia dan tenang. 

1. Suasana tenang dan nyaman

Rumah yang bahagia adalah rumah yang nyaman.

Ketika diminta untuk membayangkan bagaimana perasaan mereka ketika berada di rumah yang dirancang dengan baik, mayoritas peserta survei tertarik pada perasaan nyaman dan tenang.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Modern Ukuran Kecil tapi Cantik

Sebaliknya, hanya sekitar 10 persen responden yang mengaitkan desain yang baik dengan perasaan produktif, dan persentase yang lebih kecil lagi mengaitkannya dengan perasaan berenergi.

Untuk menciptakan ketenangan, isi rumah Anda dengan elemen lembut, seperti bantal empuk dan selimut bulu yang membuat nyaman untuk bersantai, dan pilih warna yang menenangkan yang membuat Anda merasa nyaman.

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna ungu. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna ungu.

2. Skema warna ungu dan kuning 

Meskipun biru mudah menjadi warna paling populer untuk dekorasi rumah, mereka yang memilih ungu dan kuning dalam skema warna mereka umumnya memiliki asosiasi yang lebih positif dengan rumah mereka.

Dari peserta yang memilih untuk mendekorasi dengan warna ungu atau kuning, 95 persen melaporkan merasa senang di ruang mereka.

Baca juga: Desain Kamar Mandi untuk Tampilan yang Lebih Bersih

Kedua warna ini juga membuat daftar lima warna teratas yang terkait dengan orang-orang yang merasakan kontrol dan rasa aman di rumah mereka.

Sebaliknya, mereka yang sebagian besar dekorasinya berwarna merah atau coklat adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk merasa bahagia di rumah.

Untuk pembaruan yang ceria, cobalah mengecat ulang dinding coklat dengan warna ungu pucat, atau ganti aksen merah dengan aksesori kuning cerah.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

3. Gaya dekorasi terinspirasi dari destinasi liburan

Laporan tersebut juga membuat kasus untuk mendekorasi rumah Anda untuk meniru tempat liburan favorit Anda.

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Kost Minimalis yang Nyaman dan Bikin Betah

Menurut survei, beberapa gaya dekorasi teratas yang disukai oleh orang-orang dengan rumah paling bahagia mendapat inspirasi dari tempat-tempat tertentu. Orang-orang dengan rumah bergaya pedesaan, yang sering meniru pesona daerah pedesaan, kemungkinan besar setuju dengan pernyataan ini. 

4. Rumah yang rapi dan tertata

Kekacauan yang berlebihan dapat menambah stres pada hidup Anda, jadi masuk akal bahwa organisasi adalah komponen kunci dari rumah yang bahagia.

Ilustrasi sarana penyimpanan di rumah, merapikan rumah. SHUTTERSTOCK/KOSTIKOVA NATALIA Ilustrasi sarana penyimpanan di rumah, merapikan rumah.

Milenial yang lebih tua dan Gen X (didefinisikan dalam survei sebagai usia 35-54) khususnya lebih cenderung memprioritaskan kerapian, dengan sebagian besar mencatat bahwa organisasilah yang membuat mereka merasa bahagia di rumah mereka.

Untuk memudahkan pengaturan, gabungkan banyak penyimpanan tertutup, seperti kotak bertutup, keranjang, atau furnitur dengan pintu kabinet, yang memungkinkan Anda menyamarkan kekacauan dengan mudah.

Baca juga: Cara Menambahkan Semburat Pink ke Desain Interior Rumah

5. Ruang tamu yang didesain dengan baik

Ruang tamu adalah tempat teratas untuk bersantai dan memanjakan diri dalam “me time”, serta ruangan di mana kebanyakan orang merasa paling bahagia, menurut survei tersebut.

Bersandar pada perasaan santai dan puas itu dengan mendekorasi ruang tamu dengan barang-barang yang membuat Anda bahagia, seperti foto keluarga, buku favorit, atau kenang-kenangan dari perjalanan.

Atur furnitur sedemikian rupa sehingga memudahkan aktivitas pilihan Anda, entah itu bersantai di depan TV, bermain board game bersama keluarga, atau menjamu tamu.

Dapur, di sisi lain, adalah ruangan di mana orang merasa paling stres, dengan hampir 21 persen peserta mengatakan itu adalah ruangan paling stres di rumah mereka.

Baca juga: Rug Desain Award 2022, Banyak Ditemukan Karya Desain yang Unik

Untuk membuat ruang memasak Anda lebih tenang, gunakan strategi penyimpanan untuk mengurangi kekacauan, menghadirkan alam dengan tanaman pot, atau pertimbangkan untuk mengecat dinding atau lemari dengan warna yang lembut dan menenangkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : www.kompas.com.

Tinggalkan komentar