5 Tips agar Sunscreen Tidak Mudah Pilling, Hindari Skincare Berlapis

Suara.com – Sunscreen termasuk produk skincare terpenting untuk perawatan wajah. Kemampuannya untuk menangkal pancaran sinar matahari dapat melindungi lapisan kulit terluar supaya tidak bermasalah. Sayangnya, ketika menggunakan tabir surya, kamu mungkin kerap melihatnya menjadi menggumpal atau menjadi serpihan kecil.

Selain mengurangi kemampuan menangkal sinar UV, sunscreen pilling ini juga akan mengganggu penampilan, terutama jika kamu sedang menggunakan makeup. Supaya hal tersebut tidak terjadi, ikuti tips berikut!

Tips agar Sunscreen Tidak Mudah Pilling

Ilustrasi memakai tabir surya (Shutterstock)

Minimalisir skincare berlapis

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Baca Juga:
Coba Tren Kecantikan Injeksi Meso, Wajah Wanita Ini Dipenuhi Lubang Kecil

Dilansir dari laman refresh skincare, salah satu tips untuk menghindari pilling adalah meminimalisir skincare berlapis, apalagi jika kulit wajahmu tidak bermasalah. Cukup gunakan sunscreen, pelembap, dan vitamin yang dibutuhkan kulit.

Beri waktu penyerapan

Tanpa disadari, kamu mungkin akan langsung menumpuk sunscreen sesaat setelah mengoleskannya pada wajah. Padahal, inilah yang menjadi salah satu penyebab sunscreen mudah pilling.

Oleh karena itu, berilah sunscreen waktu untuk menyerap ke kulit atau diamkan setidaknya 30 menit sebelum memberi lapisan skincare selanjutnya.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Eksfoliasi kulit

Baca Juga:
5 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit, Terutama Wajah

Lakukanlah eksfoliasi secara berkala untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan minyak berlebih agar tidak mengganggu penyerapan skincare. Jangan lupa pilih produk eksfoliasi sesuai kondisi kulit. Pada tipe kulit kombinasi, lakukan eksfoliasi tiga kali seminggu, sementara kulit dry to normal cukup sekali seminggu.

Hindari menggunakan produk oil dan water based bersamaan

Penyebab sunscreen pilling selanjutnya adalah penggunaan skincare berbasis air dan minyak secara bersamaan. Hal ini tidak terlepas karena konsistensi minyak dan air yang tidak bisa menyatu sehingga skincare yang kamu gunakan tidak akan meresap ke kulit.

Pilih sunscreen yang ringan

Tips menghindari sunscreen pilling selanjutnya adalah memilih jenis sunscreen yang ringan, mudah menyerap, dan tidak meninggalkan coated feeling pada kulit. Hindari sunscreen dengan tambahan pewangi atau pewarna.

Selain mencegah terjadinya pilling, untuk hasil maksimal, pastikan kamu melakukan reapplying sunscreen. Saat ini sudah banyak produk sunscreen yang dikemas sedemikian rupa sehingga lebih mudah diaplikasikan tanpa mengganggu riasan wajah.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

Tinggalkan komentar