7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincare

Semua bahan makanan seperti sayur, susu, dan buah pasti memiliki nutrisi yang bagus untuk tubuh tidak terkecuali untuk kulit. Kulit juga membutuhkan nutrisi dari apa yang kita makan. Namun, tidak sedikit juga yang mengaplikasikan bahan makanan ini sebagai skincare alami untuk kulit.

Penasaran apa saja bahan makanan yang bagus digunakan untuk kulit dan memiliki khasiat yang nggak main-main? Yuk cek ke bawah.

1. Lemon

ilustrasi seseorang sedang memegang buah lemon (unsplash.com/Noah Buscher)

Bahan makanan pertama yang bagus untuk kulit yaitu lemon. Tidak perlu diragukan lagi lemon ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kulit, bahkan sering digunakan sebagai campuran di banyak skincare.

Hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan zat seperti vitamin C yang berguna untuk memperlambat penuaan dini dan melindungi sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

2. Susu 

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi seseorang sedang berendam di air susu (unsplash.com/Jonathan Cooper)

Susu kaya akan manfaat untuk kulit. Selain berguna untuk pertumbuhan tulang, susu juga memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti mengecilkan pori-pori, mencerahkan wajah, pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah, dan manfaat lainnya.

Namun, susu memiliki manfaat utama untuk kulit yaitu sebagai pembersih dan exfoliator. Susu bekerja dengan cara menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dengan lemak, kotoran protein dengan bantuan enzim protase, dan sel-sel kulit mati dengan bantuan asam laktat.

3. Kopi 

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi kopi bubuk (unsplash.com/Anastasia Eremina)

Bahan makanan selanjutnya yang memiliki khasiat alami bagi kulit yaitu kopi. Tahukah kamu? kalau kopi biasa digunakan sebagai masker. Kopi memang memiliki khasiat unik untuk kulit yaitu sebagai anti-penuaan, mencegah kanker kulit, dan juga bisa sebagai obat jerawat.

Kopi memiliki kandungan CGA yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bakteri. Maka dari itu penggunaan kopi secara teratur pada kulit wajah dapat membantu mengatasi masalah bakteri yang menjadi masalah utama jerawat pada kulit wajah kita.

4. Telur 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Editor’s picks

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi potret sebuah telur pecah (unsplash.com/Melani Sosa)

Umumnya yang dimanfaatkan dari telur sendiri untuk diaplikasikan pada wajah yaitu putih telur. Putih telur memiliki manfaat untuk kulit wajah yaitu untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan yang paling utama yaitu bisa membantu menghilangkan komedo putih atau whitehead

Umumnya putih telur digunakan sebagai masker yaitu dengan cara memisahkan putih telur dan kuning telur lalu kocok putih telur dan oleskan langsung pada kulit wajah kemudian didiamkan hingga mengeras setelah itu dibilas.

5. Tomat 

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi buah tomat (unsplash.com/Clay Banks)

Selanjutnya yaitu tomat, jangan salah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajahmu. Manfaat utama dari tomat sendiri yaitu bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Manfaat ini bisa didapatkan karena tomat memiliki kandungan likopen yang cukup banyak. Apabila kamu rutin mengonsumsi tomat otomatis kamu melindungi kulitmu dari sinar UV yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit.

6. Timun 

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi potret irisan mentimun (unsplash.com/Louis Hansel)

Sudah tidak diragukan lagi, timun banyak digunakan untuk mengobati berbagai permasalahan kulit. Bahkan kamu bisa mengatasi kantung matamu dan “mata panda” dengan menempelkan irisan timun di atasnya. Timun sendiri memiliki kandungan folat dan vitamin C yang bisa mengurangi pembengkakan dan membuat segar matamu.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari timun yaitu bisa menyegarkan wajah, mengatasi kulit berminyak, dan melembapkan wajah. 

7. Pisang 

7 Bahan Makanan yang Bagus Untuk Dijadikan Skincareilustrasi buah pisang (unsplash.com/Anastasia Eremina)

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bahwa ternyata pisang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Pisang sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit yaitu sebagai pelembap kulit, mengurangi bintik-bintik pada wajah, dan bisa mengontrol minyak. Pisang memiliki kandungan kalium dan moisture (pelembap) yang artinya bisa menjaga kelembapan kulitmu tanpa menyebabkan minyak berlebih.

Beberapa bahan makanan di atas bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dan memiliki khasiat luar biasa. Ternyata selain bermanfaat bagi tubuh banyak manfaat lain yang bisa didapat seperti untuk kulit wajah. Berdasarkan dari deretan bahan makanan diatas kamu sering menggunakan bahan alami yang mana nih untuk perawatan kulitmu? 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Berbahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]


Artikel ini bersumber dari : www.idntimes.com.

Tinggalkan komentar