Tips Serta Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami

Posted on

Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami – Mungkin sebagian investor ada yang belum mengetahui apa itu Reksadana campuran? Sebenarnya Reksadana berbasis campuran tidak jauh berbeda dengan jenis Reksadana lainnya. Hanya saja jenis Reksadana ini menggunakan beberapa instrumen investasi untuk mengembangkan dana investor, di antaranya instrumen pasar uang, saham, dan surat utang.

Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami

Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami
Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami

Reksadana campuran cukup diminati para investor moderat karena menawarkan imbal hasil yang tinggi. Namun, dengan risiko investasi yang lebih rendah jika dibandingkan Reksadana saham, inilah alasan mengapa banyak investor moderat yang lebih memilih Reksadana berbasis campuran. 

Mengenal Cara Kerja Reksadana Campuran Berdasarkan Jenisnya

Apa itu Reksadana campuran dan bagaimana cara kerjanya? Pertanyaan tersebut seringkali muncul bagi investor yang baru menjajaki instrumen Reksadana. Berinvestasi Reksadana termasuk mudah dan aman, tidak mengherankan jika banyak investor yang beralih ke instrumen Reksadana, khususnya Reksadana berbasis campuran.

Lalu seperti apa cara kerja Reksadana berbasis campuran? Setiap jenis Reksadana berbasis campuran memiliki cara kerjanya masing-masing. Namun, secara keseluruhan jenis Reksadana ini mengembangkan dana kelolaannya ke beberapa instrumen. Supaya Anda lebih mengerti mengenai cara kerjanya, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Agresif

Reksadana berbasis campuran agresif memiliki tingkat risiko yang paling tinggi dari jenis lainnya. Manajer investasi yang mengelola produk Reksadana campuran agresif akan menginvestasikan dana investornya ke instrumen saham sebesar 70 persen.

Sedangkan sisanya 30 persen akan dialokasikan ke instrumen pasar uang dan surat utang, potensi imbal hasil yang ditawarkan memang lebih tinggi dibandingkan jenis yang lainnya.

Baca Juga :   Feeling Hamil Sebelum Telat Haid, Simak 4 Tanda Kehamilan Lainnya

2. Dinamis

Cara kerja Reksadana campuran dinamis cukup unik dan berbeda dengan jenis lainnya. Manajer investasi dapat mengatur porsi investasi sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan, bisa dikatakan bahwa jenis ini cenderung fleksibel. 

Contohnya ketika produk saham yang dipilih manajer investasi sedang turun dan memiliki potensi yang kurang baik kedepannya. Maka manajer investasi akan langsung menarik dana investasi tersebut dan memindahkannya ke instrumen pasar uang atau surat utang.

3. Berimbang

Apa itu Reksadana campuran berimbang? Sama halnya dengan sebutannya, Reksadana berbasis campuran ini memiliki porsi investasi yang berimbang. Jadi manajer investasi akan menginvestasikan dana kelolaannya ke saham, pasar uang, dan surat utang secara merata.

4. Defensif

Reksadana berbasis campuran defensif cenderung memiliki risiko investasi yang lebih rendah dibandingkan jenis sebelum-sebelumnya, karena manajer investasi akan menginvestasikan 70 hingga 79 persen dana kelolaannya ke instrumen pasar uang dan surat utang. 

Sisanya 21 hingga 30 persen akan diinvestasikan ke pasar saham, jenis Reksadana campuran ini lebih sesuai untuk tipe investor moderat yang ingin memulai investasi di Reksadana.

Tips Investasi Reksadana Campuran untuk Mempersiapkan Masa Depan

Reksadana berbasis campuran cenderung diperuntukkan kepada tipe investor moderat yang tidak ingin menanggung risiko investasi yang terlalu tinggi. Jika Anda termasuk tipe investor moderat, jenis Reksadana inilah yang sesuai untuk Anda. Supaya keuntungan yang Anda terima dapat lebih maksimal, sebaiknya terapkan tips berikut.

1. Pantau Kondisi Pasar dan Ekonomi Terkini

Kondisi ekonomi nasional dan global akan mempengaruhi kinerja Reksadana campuran secara tidak langsung. Oleh karenanya Anda perlu memantau kondisi ekonomi global dan nasional untuk mengetahui perkembangan pasar. 

Kinerja Reksadana berbasis campuran akan mengalami penurunan performa jika terjadi masalah atau perlambatan ekonomi karena turunnya harga Indeks Saham Gabungan (IHSG). Atau karena dipicu tingginya intensitas dana keluar (Capital Outflow).

2. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Untuk menghindari kerugian dan memaksimalkan keuntungan, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Lakukan penilaian terhadap kinerja produk Reksadana yang dipilih. Jika menunjukkan hasil yang buruk, sebaiknya alihkan dana investasi Anda ke produk Reksadana campuran yang lain.

Baca Juga :   Larangan Minum Es pada Ibu Hamil, Fakta atau Mitos Belaka?

3. Bersabar Menunggu Timing yang Tepat

Investasi Reksadana campuran cenderung digunakan untuk tujuan jangka menengah dan jangka panjang, setidaknya antara 3 hingga 5 tahun. Jadi pastikan dana yang Anda alokasikan murni untuk tujuan investasi bukan untuk tujuan yang lainnya.

Jadi Anda dapat menunggu timing yang tepat tanpa perlu diburu waktu atau kepentingan mendesak. 

DBS Treasures Menjadi Pilihan Mitra Finansial yang Terpercaya

Perbankan prioritas DBS Treasures merupakan mitra finansial terpercaya dari Bank DBS Indonesia untuk mendukung Anda agar yakin mengambil langkah investasi.  Dapatkan berbagai kemudahan berinvestasi di DBS Treasures dengan menjadi nasabah prioritas.  Berikut kemudahan yang ditawarkan DBS Treasures kepada nasabah prioritas:

Dikelola oleh Manajer Investasi Terkemuka

Dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi profesional terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures. Manajer investasi ini akan mengoptimalkan kinerja dan memaksimalkan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Tersedia Berbagai Informasi dari Tim Ahli Finansial

Tim ahli finansial yang andal dan proaktif akan mengkomunikasikan informasi mengenai analisis pasar dan peluang terkini yang dipersonalisasi dengan kebutuhan dan profil Anda. Informasi tersebut akan konsisten dikomunikasikan sebagai panduan dan acuan Anda dalam memilih produk investasi.

Diversifikasi untuk Meminimalisir Risiko Kerugian

Tersedia beragam produk investasi yang komprehensif di DBS Treasures, sehingga memudahkan Anda melakukan diversifikasi. Dengan melakukan penyebaran dana ke berbagai instrumen risiko kerugian akan terminimalisir.

Aplikasi digibank by DBS Solusi Investasi yang Aman dan Mudah

Melalui Aplikasi digibank by DBS Anda dapat melakukan segala urusan transaksi dan investasi dengan lebih mudah dan praktis. Anda dapat melakukan registrasi SID (Single Investor Identity), serta pembelian, penjualan, hingga switching investasi dengan cepat dan efisien waktu.

Untuk melakukan investasi Reksadana campuran di DBS Treasures, menurut NVintan.com Anda perlu mendaftarkan diri sebagai nasabah prioritas. Dengan melakukan investasi minimal Rp500 juta, tunggu apalagi segera daftarkan diri dan jadilah nasabah prioritas untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam berinvestasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *