5 Ciri-Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Wajah

Posted on

Ciri-Ciri Skincare Tidak Cocok – Menggunakan produk perawatan kulit wajah, Anda perlu memerhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut. Biasanya tidak semua jenis produk yang dicoba akan cocok di kulit, oleh karena itu ketahuilah beberapa ciri-ciri skincare tidak cocok.

Ciri-ciri Skincare Tidak Cocok

Ciri-Ciri Skincare Tidak Cocok
Ciri-Ciri Skincare Tidak Cocok

Akibat dari penggunaan skincare yang tidak cocok, akan ada banyak masalah kulit yang akan Anda alami seperti jerawat meradang, flek hitam, beruntusan dan masih banyak lagi. Untuk menghindari permasalahan seperti ini, ada baiknya perhatikan dulu kandungan yang ada didalam produknya.

1. Kulit Terasa Seperti Tersengat Atau Panas

Salah satu efek samping buruk yang biasanya seringkali terjadi pada kaum wanita ketika mereka menggunakan skincare ialah kulit terasa seperti tersengat atau bahkan panas. Itu berarti produk yang digunakan tersebut tidak cocok untuk kulit Anda. Jadi, hentikan pemakaian skincare itu.

Mungkin saja kandungan di dalam produk tersebut, Anda alergi terhadapnya. Jadi, sebelum membeli atau menggunakan suatu produk skincare kenali dulu bahan-bahannya. Rasa panas atau menyengat ini normalnya akan berhenti setelah beberapa menit, jika lebih hentikan pemakaian produk.

2. Kulit Menjadi Kering Dan Mengelupas

Kenali ciri-ciri skincare tidak cocok untuk kulit Anda jika menggunakan suatu produk skincare, terkadang menemukan kulit menjadi tampak lebih kering dari sebelumnya atau bahkan hingga mengelupas hentikan pemakaian. Biasanya produk seperti ini terdapat pada serum atau krim yang mengandung bahan retinoid.

  • Cek : Kumpulan Beauty dan Kecantikan Wanita Terbaru dan Terlengkap
Baca Juga :   Jerawat di Punggung

Memang, bahan retinoid ini bekerja mempercepat pengelupasan sel kulit mati, akan tetapi jika mengelupas secara berlebihan itu tandanya Anda tidak cocok terhadap skincare tersebut. Apalagi bila tampak kulit menjadi memerah atau bahkan nyeri, hentikan segera pemakaian.

3. Munculnya Ruam Di Kulit

Cara lain untuk dapat mengetahui apakah Anda cocok menggunakan produk skincare tersebut atau tidak yaitu dengan melihat ruam, biasanya ruam ini akan muncul setelah lama penggunaan produk atau bahkan setelah berkali-kali menggunakannya. Perhatikan efek samping ini baik-baik.

Biasanya efek samping yang baru seperti ini diakibatkan oleh adanya bahan kimia, pengharum dan pengawet di dalam produk skincare yang Anda gunakan tersebut. Oleh karena itu, sangatlah penting saat hendak membeli skincare dicoba atau di tes reaksi dulu sebelum membeli produk tersebut.

4. Kulit Justru Menjadi Lebih Gelap

Salah satu ciri-ciri skincare tidak cocok ialah kulit akan tampak lebih gelap dari sebelumnya. Biasanya juga seringkali diiringi dengan munculnya bintik coklat di are kulit, sehingga terlihat seperti sedang mengalami tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan tidak cocok pada bahan produknya.

Kondisi seperti inni biasanya seringkali muncul bagi Anda yang menggunakan produk skincare yang memiliki manfaat untuk memutihkan kulit seperti halnya asam kojic, hidrokuinon serta alpha arbutin. Jika mengalami hal semacam ini, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter.

5. Kulit Terasa Gatal

Ada satu hal lagi yang seringkali dialami oleh kaum wanita yang tidak cocok menggunakan produk skincare. Apakah ada tanda-tanda gatal di area wajah atau tidak, rasa gatal ringan memang wajar akan tetapi jika berlebihan sudah pasti tidak wajar dan pertanda adanya sesuatu yang salah.

Baca Juga :   Harus Tahu! Lima Alasan Anda Perlu Beralih ke Skincare Alami

Untuk mengetahui hal ini, gunakan produk tersebut satu per satu dan lihat hasilnya nanti. Berikan jeda paling tidak selama 2 hingga 3 mingguan, supaya cocok atau tidaknya akan terlihat. Bisa juga menggunakan cara lain dengan tes di kulit dan merasakan adanya rasa gatal dan panas atau tidak.

Seperti itulah penjelasan dari NVintan.com terkait beberapa ciri-ciri skincare tidak cocok yang perlu Anda ketahui. Sebelum membeli produk atau jika memang sudah terlanjur, cek dengan tes dikulit dulu apakah ada diiringi dengan rasa gatal atau bahkan panas atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *