Desain Pasar Sentral Gorontalo, Permudah Pedagang dan Pembeli

Wali Kota Gorontalo Marten Taha

TNews, KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo kembali menggelar rapat koordinasi untuk membahas progres revitalisasi Pasar Sentral Kota Gorontalo di Aula Balaikota, Rabu (21/9/2022).

Usai rapat, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha memaparkan sejumlah hal dibahas terkait persiapan pengoperasian pasar sentral.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Wali Kota dua periode ini menjelaskan Pasar Sentral sengaja dibangun dua lantai, tujuannya untuk menampung para pedagang yang melaksanakan aktivitas perdagangan.

“Mulai dari pengaturan lapak pedagang, pengolahan sampah, humas center, dll kita bahas,” papar Marten.

Untuk konsep pengoperasian, Marten menyebut bahwa Pasar Sentral telah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pedagang dan juga pembeli.

“Kan biasa kendalanya jarang yang mau ke lantai dua, namun kita pastikan untuk konsep pasar sentral yang menggunakan tangga datar miring akan memudahkan pedagang dan pembeli,” ujarnya.

Bahkan dengan desain seperti itu, wali kota dengan segudang prestasi tersebut menjelaskan akan sangat memudahkan kaum difabilitas.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Meski demikian, yang Marten mengkhawatirkan nantinya pengunjung pasar akan lebih banyak berbelanja di lantai satu.

“Kita kadang malas untuk naik tangga. Jadi kita desain tangga datar yang bisa digunakan untuk mengangkut barang serta bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus,”

Terakhir untuk retribusi pedagang, Marten menegaskan angkanya tidak akan membebani pedagang atau masyarakat.

“Kita patok sangat kecil untuk retribusinya,” tutupnya”

Reporter : Gean Bagit

Artikel ini bersumber dari : totabuan.news.

Tinggalkan komentar