4 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Rekaman Kamera Pengintai

Diposting pada

Perangkat kamera pengintai yang canggih tidak luput dari kerusakan maupun gangguan baik internal maupun eksternal. Kerusakan internal, berupa kualitas layar yang kurang baik. Sedangkan faktor eksternal biasanya disebabkan oleh cuaca atau dirusak secara sengaja.

Sebagai alat penjaga keamanan yang penting untuk bisnis dan rumah, CCTV harus memiliki hasil rekaman video yang berkualitas. Perangkat kamera pengintai dengan teknologi tinggi akan lebih mudah dipasang, lebih efektif dan membuat pengguna merasa lebih nyaman. Keduanya berfungsi untuk merekam kejadian atau kegiatan pada waktu dan tempat tertentu dengan menggunakan kamera pengintai atau CCTV.

Ciri-ciri Kamera Pengintai Berkualitas

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Rekaman Kamera Pengintai
Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Rekaman Kamera Pengintai

Bedanya, kemampuan kamera CCTV yang berfungsi untuk menjaga keamanan biasanya akan ditempatkan pada dinding, langit-langit maupun tempat tersembunyi lainnya. Penting bagi pelanggan untuk mengetahui ciri-ciri kamera pengintai yang berkualitas, antara lain :

1. Video Beresolusi Tinggi

Kamera pengintai harus memiliki kualitas video yang jelas dan tajam untuk melihat wajah serta mengidentifikasi tempat lisensi dari jarak jauh. Video dengan resolusi rendah akan mempersulit identifikasi calon tersangka setelah insiden. Kamera CCTV yang dipilih sebaiknya dengan resolusi Ultra HD minimal 1080p, 1440p (2K), atau 2160p (4K).

2. Memiliki Kemampuan Inframerah yang Kuat

Kamera CCTV yang berkualitas akan menampilkan teknologi penglihatan malam inframerah yang kuat. Fitur yang digunakan memungkinkan mereka melihat 100 kaki atau lebih dalam kegelapan total. Fitur tersebut dibutuhkan ketika pelanggan membutuhkan pengawasan pada siang serta malam hari untuk memantau dalam dan luar ruangan.

3. Memiliki Lensa dengan Sudut Lebar untuk Cakupan Maksimum

Lensa dengan sudut lebar akan menangkap video pada area yang lebih luas, artinya lebih sedikit titik buta bagi penyusup. Kamera pengintai dengan sudut lebar berkualitas akan mempermudah dalam melihat lebih banyak bidang pandang tanpa harus menggeser kamera.

Baca Juga :   Prajurit Taliban Letakan Senjata, Ambil Buku Dan Laptop Untuk Jadi Taliban Sebenarnya

4. Memiliki Teknologi Sensor Gerak 

Kamera pengintai dalam dan luar ruangan yang baik memiliki teknologi penginderaan gerak. Sensor gerak disetting untuk mendeteksi gerakan manusia atau kendaraan pada bidang pandang kamera. Fitur tersebut digunakan untuk mempermudah pemantauan properti.

5. Memiliki Housing / Pelindung Kamera Tahan Lama dan Tahan Cuaca

Kamera pengintai yang berkualitas harus tahan terhadap angin, hujan, salju, serta elemen keras lainnya. Rumah yang kokoh terbuat dari baja berfungsi untuk memastikan CCTV dapat menangani lingkungan luar yang ekstrem.

6. Memiliki Housing / Pelindung Kamera yang anti-perusak

Housing yang terdapat pada kamera pengintai yang baik harus bisa melindungi dari penjahat yang hendak melakukan perusakan. Biasanya bukti perilaku buruk akan dihilangkan dengan melakukan perusakan pada kamera CCTV atau menonaktifkannya. Pemasangan kamera, disarankan setinggi 8 kaki atau lebih tinggi dari tanah untuk menjauhkannya dari jangkauan manusia.

7. Memiliki Fungsi Perekaman

Kualitas CCTV camera biasanya memiliki alat perekaman HD atau Ultra HD. Merekam video dalam 1080p, atau bahkan Ultra HD yang lebih baru akan memberikan tingkat detail yang baik. Saat pengguna melihat di PC, handphone, atau tablet akan mendapatkan kualitas video yang baik. Selain itu, pengguna juga membutuhkan perekam video (NVR atau DVR)

8. Kemudahan dalam Mengatur dan Menggunakan

CCTV yang berkualitas baik akan lebih mudah diatur serta digunakan. Pengguna akan mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penyiapan, aplikasi seluler hingga perangkat lunak komputer yang dibutuhkan untuk mengakses kamera CCTV.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kamera Pengintai

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan kualitas CCTV yang berkualitas, yaitu :

1. Jenis Kamera

Terdapat dua jenis kamera yang bisa menjadi pilihan, yaitu berbasis analog atau Digital/IP. Perbedaan utama keduanya terletak dari media transmisi data.

2. Jenis Kabel

Kabel yang digunakan juga mempengaruhi kualitas hasil rekaman yang didapatkan, contohnya RG 6 untuk kamera analog dan UTP CAT6 untuk IP camera. Selain itu, kualitas kabel juga menentukan transmisi audio serta video.

3. Jumlah Sambungan

Faktor terakhir dipengaruhi oleh banyaknya kamera pengawas yang terpasang, termasuk DVR yang digunakan.

4. Power dan Adaptor

Pemasangan CCTV tidak terlepas dari penggunaan power serta adaptor yang dipasang pada perangkat.

Kelebihan Hikvision ColorVu, CCTV Terbaik dan Berkualitas

CCTV Terbaik dan Berkualitas

Berbagai kebutuhan pemasangan CCTV tersebut bisa dipenuhi dengan memilih ColorVU dari Hikvision. Kamera jenis ColorVu memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kamera CCTV yang akan digunakan, yaitu :

Baca Juga :   6 Cara Download Game di Laptop Mudah dan Praktis

1. Seluruh Momen akan Terekam dengan Terang

Kamera panorama Hikvision dengan fitur ColorVu menggunakan teknologi pendaftaran gambar tingkat piksel perintis. Algoritma fusi gambar Hikvision berfungsi untuk menyatukan bidang pandang horizontal 180 derajat, menghadirkan panorama cemerlang dan lengkap dengan detail yang lebih hidup.

Hasil rekaman keamanan dengan area yang lebih luas akan membantu meningkatkan kesadaran situasional. Manfaat utama bagi pengguna adalah mengurangi jumlah kamera yang diperlukan untuk pemantauan komprehensif, membantu efisiensi biaya.

2. Hasil Kamera CCTV Zoom dalam Warna yang Cerah

Pengguna bisa mengubah panjang fokus kamera CCTV varifocal untuk lebih mudah beradaptasi dengan lebih banyak skenario, sehingga memudahkan pengelolaan inventaris. ColorVu juga dilengkapi dengan aperture besar F1.0 tetap. Fitur ini akan berfungsi saat kamera Anda memperbesar atau memperkecil, maka kecerahan gambar akan dijamin.

3. Resolusi sampai 4K

ColorVu bisa membuat gambar berwarna cerah dalam cahaya redup, bahkan hingga 0,0005 lux. Artinya, pencahayaan yang sama pada malam tanpa bulan yang diterangi bintang. Kemampuan untuk mengintensifkan cahaya sekitar minimal tersebut bisa dicapai melalui dua fitur canggih, yaitu :

• F1.0 Super Aperture – Menangkap cahaya sebanyak mungkin untuk sensor

• 1/1.2” Large Sensor – Memaksimalkan penggunaan cahaya yang tersedia.

4. Kecerdasan dalam ColorVu

Gabungan teknologi ColorVu dan AcuSense, membuat kamera tersebut bisa menangkap target manusia & kendaraan dengan warna yang hidup. Dengan menghubungkan pada produk back-end Hikvision, pengguna bisa menikmati pemutaran video yang mendetail serta pencarian rekaman yang efisien.

Kamera jenis ini dilengkapi dengan Live Guard yang bisa mencegah penyusup dengan peringatan visual serta pendengaran di tempat pada saat mengirim pemberitahuan ke pengguna dari jarak jauh.

Respon akan diberikan terhadap gangguan selama acara untuk mencegah kerugian serta memberikan bukti pasca-acara yang direkam. Bahkan, alarm audio dapat disesuaikan dalam berbagai bahasa untuk berbagai skenario.

Sebagai bentuk keamanan, memahami kualitas kamera pengintai sangatlah penting. Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, anda akan mendapatkan tangkapan gambar yang jelas dan jernih. Selain itu, Anda juga bisa memahami cara perawatannya dengan baik. 

Nah, untuk mendapatkan kamera pengintai berkualitas, Anda bisa percayakan pada Hikvision ColorVu yang sudah didesain dengan teknologi modern. Yuk, segera pasang CCTV di rumah demi menjaga kenyamanan dan keamanan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *