Genius Umar, Pentingnya Parenting Untuk Ciptakan Generasi Unggul Dimasa Depan


Tachi |
3 Agustus 2022

Kominfo Kota Pariaman – Membuka secara resmi acara “Seminar Parenting” Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Pariaman, Walikota Pariaman Genius Umar, sampaikan tentang pentingnya sarana pembelajaran bagi orang tua maupun calon orang tua, untuk menciptakan generasi-generasi unggul di masa depan.

Seminar tersebut diadakan dalam rangka “Peringatan HUT HIMPAUDI ke-17” yang berlokasi di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Rabu (3/8). Acara tersebut dihadiri oleh  208 orang peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD se-Kota Pariaman, juga dihadiri oleh Bunda Paud Kota Pariaman Ny. Lucyanel Genius yang juga merupakan Ketua HIMPAUDI Kota Pariaman, dan bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kak Suhe dari PPA Institut Jakarta.

Genius Umar katakan, bahwa parenting perlu dilakukan untuk menambah dan memperkuat pengetahuan, sikap dan keterampilan orang tua, dalam mendidik dan mengasuh anak di rumah, sebagai kelanjutan dari stimulasi di sekolah. Untuk mengatasi lemahnya pelaksanaan program parenting tersebu,t usahakan untuk menjalin kemitraan dan keterlibatan keluarga dalam memajukan pendidikan anak.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Selain itu beliau menghimbau para guru Paud se-Kota Pariaman, agar bisa berimprovisasi dalam memberikan literasi kepada anak-anak didik, sehingga anak-anak tersebut menjadi tertarik dan berminat untuk belajar dan mendengarkan cerita yang disampaikan.

“Biasakan pada anak-anak kita untuk melek literasi, agar mereka memiliki kebiasaan untuk mebaca, dan mampu kembali menceritakan apa yang sudah mereka baca, dan disitulah akan nampak kemampuan dari masing-masing anak-anak didik kita dalam menangkap suatu pembelajaran, apakah kemampuan mereka meningkat atau tidak”, jelas Genius Umar.

“Harapan saya, semua guru-guru Paud yang hadir disini bisa menyerap semua ilmu yang diberikan oleh Narasumber, sehingga kedepannya semua guru bisa mendidik generasi bangsa yang berkualitas, tangguh, cerdas, dan jenius”, pungkas Genius Umar mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Bunda Paud Ny.Lucyanel Genius sampaikan dalam arahannya, bahwa seminar ini bertujuan untuk menyelamatkan anak-anak dan remaja agar tumbuh dan berkembang menjadi anak Indonesia yang beriman, berakhlak mulia, bermoral dan berkepribadian yang baik.

“Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan langkah awal yang penting bagi anak, untuk mempersiapkannya memasuki dunia pendidikan. Orang tua pun perlu terlibat penuh dalam setiap prosesnya, agar kecerdasan dan karakter anak dapat ditingkatkan menjadi pribadi yang mulia”, ulas Bunda Paud ini. (tachi)

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

MC Kota Pariaman


Artikel ini bersumber dari : pariamankota.go.id.

Tinggalkan komentar