7 Langkah Menangani dan Menahan Keputihan Saat Hamil Muda

Diposting pada

Keputihan Saat Hamil Muda – Berlangsungnya peralihan hormon saat hamil jadi hal yang kenal kembali. Walau jadi suatu hal yang lumrah, tetapi peralihan hormon bisa juga memengaruhi metabolisme badan. Perihal ini pula yang bisa mengakibatkan keputihan saat hamil muda. Keputihan saat hamil ada yang normal dan tidak, hingga harus ketahui beberapa ciri dan langkah menanganinya.

Keputihan Saat Hamil Muda

Keputihan Saat Hamil Muda
Keputihan Saat Hamil Muda

Ingat keputihan yang keluar kebanyakan pasti akan mengusik dan tidak nyaman lakukan beragam kegiatan. Adapun Berikut cara-cara menanganinya.

1. Rajin Membersihkan Tangan

Langkah pertama kali yang harus dilaksanakan untuk menahan keputihan saat hamil yakni Selalu membersihkan tangan. Ingat Bila tangan pada kondisi kotor dan sentuh tempat kewanitaan, hal itu dapat mengakibatkan berlangsungnya infeksi.

Sesudah lakukan apa saja, entahlah itu makan, menggenggam barang, mengolah dan yang lain yakinkan membersihkan tangan. Bila dibutuhkan bersihkan tangan memakai sabun supaya kuman dan bakteri yang melekat pada tangan dapat lenyap.

2. Tidak boleh Membersihkan Vagina

Beberapa orang yang memandang bila keputihan saat hamil dapat ditangani dengan membersihkan vagina. Walau sebenarnya cara itu malah akan mencelakakan vagina dan mengusik kesetimbangan bakteri yang ada. Bahkan juga, tanpa diakui keputihan yang tujuannya akan dihindari, malah akan keluar semakin banyak.

Baca Juga :   Berbagai Manfaat dan Risiko Makan Ikan

Pada kondisi dan keadaan apa saja, jauhi membersihkan vagina. Disamping itu sabun atau cairan pencuci yang lain yang dipakai untuk membersihkan vagina beresiko untuk kesehatan. Apa lagi pada kondisi hamil, keadaan itu benar-benar mencelakakan.

3. Memakai Panty Liners

Penyakit saat hamil muda dapat ditangani dengan memakai panty liners. Tentunya beberapa wanita tidak asing dengan panty liners. Bila disaksikan memiliki bentuk memang hampir serupa dengan softex, tetapi ukuran lebih kecil.

Keuntungan yang didapat bila memakai panty liners yakni menahan keputihan merembes ke celana dalam. Tetapi, pemakaiannya harus kerap ditukar supaya tidak memunculkan lembab di tempat vagina.

4. Pakai Baju yang Nyaman

Langkah seterusnya yang dapat dilaksanakan untuk menangani keputihan saat hamil yakni memakai baju nyaman. Ada banyak tipe baju yang nyaman, satu diantaranya yakni berbahan dapat mempernyerap keringat.

Disamping itu, jauhi memakai baju yang ketat, hanya karena akan memberatkan dan membuat sesak. Apabila sudah memakai baju yang lembab atau basah, alangkah baiknya kalau selekasnya menukarnya.

5. Tidak boleh Memakai Pencuci Vagina

Banyak beberapa wanita memakai pencuci vagina supaya lebih wangi. Walau sebenarnya bila salah saat menentukan pencuci, malah akan mengakibatkan keputihan saat hamil lebih kronis. Apa lagi bila memakai pencuci yang memiliki kandungan minyak wangi, pasti benar-benar mencelakakan.

Langkah yang terbaik untuk jaga kebersihan tempat kewanitaan yakni membersihkan memakai air dengan temperatur hangat sekitar 3x satu hari. Bila ingin memakai pencuci, yakinkan di dalamnya memiliki kandungan asam laktat.

6. Aplikasikan Langkah Bersihkan Vagina dengan Betul

Acara seterusnya yang perlu dilaksanakan untuk menahan keputihan saat hamil muda yakni mengaplikasikan langkah membersihkan dengan tepat. Sebetulnya triknya lumayan gampang perlu bersihkan tempat kewanitaan sesudah buang air kecil.

Baca Juga :   7 Olahraga yang Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak, Coba Lari dan Renang Yuk

Membersihkan tempat kewanitaan dari arah depan ke belakang. Kemudian tinggal keringkan memakai handuk bersih dan lembut. Yakinkan dalam mengeringkannya dengan mengaplikasikan arah yang serupa.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Langkah yang tidak kalah penting untuk menangani keputihan saat hamil yakni konsumsi makanan sehat. Harus dipahami bila makanan sehat makanan sehat seperti bawang-bawangan, yogurt, tempe dan pisang sangat berperanan penting untuk jaga PH organ kewanitaan.

Tentu saja bila organ kewanitaan memiliki PH bagus, kenapa bakteri baik bisa berperanan positif dalam vagina. Hal itu berlaku kebalikannya, bila pH tidak normal, karena itu dapat mengakibatkan bakteri tumbuh di wilayah kewanitaan.

8. Tidak boleh Merendam Terlampau Lama

Menghindar merendam saat mandi kelamaan sebagai salah satunya langkah untuk menangani keputihan saat hamil muda. Disamping itu, langkah ini cukup efisien untuk menahan berlangsungnya keputihan mencelakakan untuk ibu hamil.

Ada imbas serius yang karena bila kelamaan merendam yakni vagina berasa lebih kering. Tentu saja keadaan vagina yang semacam itu semakin lebih gampang terkena beragam bakteri atau kuman.

Pahami keputihan saat hamil muda seperti artikel dari Fistara.com, baik itu beberapa jenis dan langkah menanganinya sangat penting. Apa lagi jumlahnya beberapa jenis keputihan yang dapat disebutkan tidak normal, bila tidak mengetahuinya pasti berbahaya untuk kesehatan. Pokoknya mempertahankan kesehatan tempat kewanitaan sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *