Catat! 6 Kesalahan Dalam Menyiapkan Susu Formula Untuk Anak

Kesalahan Dalam Menyiapkan Susu Formula – Susu formula menjadi salah satu makanan alternative bagi bayi guna mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Namun terkadang para ibu kesulitan mencari informasi tentang bagimana cara memberikan susu formula kepada anak.

Kesalahan Dalam Menyiapkan Susu Formula

Kesalahan Dalam Menyiapkan Susu Formula

Dalam memberikan susu formula kepada anak memang tak bisa sembarangan, ada sejumlah panduan yang perlu diikuti oleh bunda demi kebaikan anaknya.

Nah berikut ini kami akan memberikan ulasan tentang Kesalahan dalam menyiapkan susu untuk anak yang sebaiknya dihindari. Apa saja? yuk cari tahu selengkapnya dibawah ini.

1. Menggunakan air mineral untuk membuat susu formula

Kesalahan dalam menyiapkan susu untuk anak yang pertama adalah menggunakan air mineral. Perlu diketahui, jika air mineral merupakan jenis air karbonasi yang memiliki kandungan mineral sangat tinggi, dan ini berbahaya bagi bayi.

  • Cek : Kumpulan Health dan Kesehatan Wanita Terbaru dan Terlengkap

Air mineral terkadang juga mengandung sodium tingkat tinggi, yang jumlahnya melebihi asupan untuk bayi.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

2. Memanaskan susu formula dengan microwave

Hindari untuk memanaskan botol susu menggunakan microwave. Perlu anda ketahui, jika microwave tak memanaskan susu secara merata, dan hanya menghasilkan panas di area tertentu saja dalam susu.

Dan bagian panas ini nanti bisa membakar mulut bayi sekalipun sudah dikocok sebelumnya.

3. Mengubah cara menyiapkan susu formula

Kesalahan dalam menyiapkan susu untuk anak selanjutnya kurang pahamnya ibu dalam menyajikan susu buat sikecil. Padahal didalam kemasan sudah tertera cara penyajian yang dianjurkan, dan setiap merek memiliki ketentuan sendiri-sendiri.

Jika anda berniat menambahkan air agar semakin banyak, tentu itu salah karena nutrisi yang dibutuhkan si bayi malah tidak tercukupi nanti.

4. Terlalu lama meyimpan susu formula yang sudah siap

Perlu diketahui, jika botol bayi bisa menjadi kondisi ideal bagi pertumbuhan bakteri nanti. Bahkan bakteri dari air liur bayi pun bisa berkembang biak disana, jika bayi tidak menghabiskan susu, maka WHO menganjurkan sebaiknya dibuang saja setelah 2 jam.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

5. Suhu air minimal 70 derajat celcius

Bakteri tak hanya bisa ditemukan dalam air, namun juga susu formula yang ada dalam kaleng juga tidak steril. Bakteri ini bisa muncul dari air dan pabrik pembuat susu tadi. Untuk itu WHO menganjurkan untuk membuat susu formula dengan air mendidih bersuhu 70 derjata celcius untuk membunuh bakteri tersebut.

Setelah itu dinginkan susu dengan cepat dengan air mengalir hingga mencapai suhu aman, jangan biarkan lebih dari 30 menit setelah mendidih

6. Berlebihan dalam Memberikan Susu Formula

Dan Kesalahan dalam menyiapkan susu formula untuk anak yang terakhir adalah terlalu berlebihan. Jika si bayi sudah berhenti menghisap botol, maka sebaiknya dilepas.

Dia akan memberi tahu jika masih belum kenyang nantinya. Biasanya bayi tak akan menghabiskan satu botol penuh dalam sau waktu jika masih kecil.

Itulah informasi dari NVintan.com mengenai kesalahan dalam menyiapkan susu formula untuk anak. Semoga bermanfaat ya gaes!

Tinggalkan komentar