Makanan Terbaik untuk Bayi

Makanan Terbaik untuk Bayi – Ketika bayi berusia 9 bulan, inilah dimana bayi sudah mulai tertarik untuk makan dengan menggunakan tangan. Tentu perlu bunda ketahui, jika ini bisa menjadi pertanda jika tersebut sudah siap untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan nantinya.

Namun bunda tak boleh sembarangan ya, anda harus tahu jenis Makanan terbaik untuk Bayi usia 9 bulan yang dianjurkan. Pada usia ini, maka bayu sudah mulai belajar untuk mengenal warna, aroma, serta tekstur.

Makanan untuk Bayi

Makanan Terbaik untuk Bayi

Suatu yang akan diberikan kepada sikecil pun tak cukup dipotong kecil saja, namun bunda harus memastikan jika makanan yang akan diberikan sudah masak sampai benar-benar lunak sehingga akan memudahkan untuk mencernanya, menghindari tersedak makanan nanti.

Dalam memberikan makanan terbaik untuk Bayi usia 9 bulan, maka bunda bisa mencoba untuk memulainya dengan memberikan sayuran seperti ubi, kentang, wortel, atau kacang poling yang telah direbus terlebih dahulu hingga benar-benar lunak, setelah itu silahkan dipotong dengan ukuran kecil-kecil.

  • Cek : Kumpulan Health dan Kesehatan Wanita Terbaru dan Terlengkap

Perlu di ingat, makanan ini tak hanya bisa dijadikan sebagai menu makanan utama saja, namun bisa dimanfaatkan untuk camilan juga. Sayuran berwarna serta dipotong kecil ini juga bisa dimanfaatkan sebagai finger food, hal ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik dari si kecil, karena memang ini adalah masa perkembangan otaknya.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Selain sayur yang kita rekomendasikan diatas tadi, ada jenis makanan terbaik untuk Bayi usia 9 bulan lainnya yaitu dari kategori buah-buahan, misalkan pisang, alpukat, semangka tanpa biji, atau melon yang memiliki tekstur daging lembut sehingga mudah untuk dicerna bayi.

Sebelumnya pastikan, jika buah tersebut sudah benar-benar matang, sajikan buah ini dipotong berukuran kecil atau bisa sedikit dihaluskan. Berikut rekomendasi makanan lain yang cocok dikonsumsi untuk bayi berusia 9 bulan.

  1. Daging Sapi atau Daging ayam Cincang yang dimasak hingga lunak
  2. Kuning telur direbus sampai benar-benar matang
  3. Tahu yang telah dipotong kecil
  4. Keju yang dipotong berukuran kecil
  5. Kembang kol atau brokoli yang direbus hingga benar-benar lunak

Selain membahas tentang jenis Makanan terbaik untuk usia 9 bulan, kami juga ingin memberikan sedikit info tentang jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Makanan tersebut diantranya adalah telur setengah matang atau mentah, makanan yang terlalu manis atau asin, kacang utuh, ataupun makanan yang mengandung kalori terlalu tinggi.

Selain itu, menurut NVintan.com tidak dianjurkan juga anda memberikan bayi makanan berupa ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi, contohnya ikan tuna putih, makarel, atau ikan todak.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Hal ini dikarenakan, merkri tinggi dikgawatirkan bisa mengganggu perkembangan sistem saraf anak nantinya. Hindari juga memberikan madu, meskipun sangat bagus untuk orang dewasa, namun bakteri yang ada didalamnya bisa membuat bayi keracunan nantinya.

Tinggalkan komentar