9 Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi Usia 1 Tahun

Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi Usia 1 Tahun – Menginjak usia 1 tahun, pastinya buah hati kita sudah waktunya diberikan asupan makanan tiga kali sehari, bisa juga diselingi dengan sejumlah cemilan yang bermanfaat pada waktu-waktu tertentu.

Di usia ini, anda bisa mencoba untuk memperkenalkan jenis makanan padat layaknya yang dimakan oleh orang dewasa. Akan tetapi pastikan jenis makanan tersebut sudah dipotong kecil dan mudah dicerna untuk bayi, sehingga agar mereka tidak tersendak nanti.

Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi Usia 1 Tahun

Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Bayi Usia 1 Tahun

Nah jika anda memiliki bayi yang baru berusia satu tahun, berikut ini kita bagikan rekomendasi jenis makanan untuk bayi usia 1 tahun yang bisa anda coba.

1. Nasi Cokelat

Makanan terbaik untuk bayi usia 1 tahun yang pertama yakni nasi cokelat. Perlu ibu ketahui, nasi coklat ataiu brown rice ini memiliki banyak sekali kandungan Vitamin B, Mineral, dan protein dibandingkan nasi putih.

Nasi jenis ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama untuk diserap tubuh bayi.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

2. Ubi

Makanan terbaik untuk pertumbuhan bayi usia 1 tahun yakni ubi. Jenis makanan ini memiliki banyak sekali kandungan Vitamin A dan Vitamin C, serta juga kaya akan Fitokimia. Senyawa Fitokimia ini bisa jadi benteng bagi tubuh bayi dari beragam virus penyebab penyakit nantinya.

  • Cek : Kumpulan Health dan Kesehatan Wanita Terbaru dan Terlengkap

3. Daging Merah

Pasti semuanya sudah tahu jika didalam daging merah memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi usia 1 tahun. Apalagi zat besi yang ada didalam daging merah sudah siap untuk diserap oleh tubuh, namun jangan terlalu sering, cukup diberikan 2-3 kali saja dalam seminggu.

4. Daging Ayam

Kelebihan daging ayam ini memiliki kadar lemak yang jauh lebih sedikit dibandingkan daging merah. Namun jangan berikan kulit ayamnya, karena bagian ini mengandung lebih banyak lemah dibandingkan jenis daging lain.

5. Ikan

Nutrisi yang bisa didapatkan dari ikan merupakan protein rendah lemak, kalsium, selenium, serta magnesium. Daging ikan ini sangat cocok untuk menangkal radikal bebas, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi berusia 1 tahun.

6. Tomat

Sayuran yang satu ini memiliki pigmen antioksidan yang mampu mencegah penyakit kanker dan jantung. Pigmen ini memiliki nama likopen.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

7. Wortel

Didalam sayur wortel memiliki kandungan betakaroten yang bakal dikonfirmasi oleh bayi menjadi vitamin A. Tentu vitamin ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan bayi anda yang berusia 1 tahun.

8. Jeruk

Buah jeruk memang dikenal sebagai sumber utama vitamin C. tentu vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu tubuh si kecil dalam menyerap zat besi dalam tubuh. Maka dari itu, pemberian buah jeruk setiap sesudah makan sangat dianjurkan, namun pastikan jeruk yang benar-benar sudah masak ya.

9. Susu

Makanan terbaik untuk pertumbuhan bayi usia 1 tahun yang terakir ini tentunya susu. Meskipun jenis makanan untuk bayi 1 tahun sudah banyak sekali jenisnya, namun pemberian susu masih tetap dianjurkan.

Susu masih sangat dibutuhkan baik itu untuk anak bayi maupun orang dewasa, karena kandungan kalsium dan vitamin D didalamnya sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

Nah itulah informasi dari NVintan.com mengenai 9 makanan terbaik untuk pertumbuhan bayi usia 1 tahun. Semoga bermanfaat ya gaes!

Tinggalkan komentar