Mau Bangun Brand Awareness untuk Bisnis Rintisanmu? Ikuti 3 Tips Ini

KOMPAS.com – Pemasaran digital atau digital marketing berperan besar dalam pengembangan bisnis, utamanya di era industri 4.0. Metode ini diutamakan banyak perusahaan karena dinilai dapat meningkatkan performa bisnis.

Meski begitu, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga perlu menerapkan metode tersebut. Sebab, pemasaran digital merupakan elemen penting untuk meningkatkan brand awareness konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai informasi, brand awareness merupakan istilah marketing yang menggambarkan pengetahuan konsumen pada sebuah produk.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Baca juga: Strategi Jitu Bangun “Brand Awareness”

Bila memiliki brand awareness yang baik, produk ataupun layanan yang ditawarkan oleh UMKM akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini pun menjadi salah satu faktor kunci untuk meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, pelaku UMKM harus bisa membangun ekosistem digital marketing secara optimal. Salah satunya, melalui platform media sosial (medsos).

Berikut adalah sejumlah strategi digital marketing lewat medsos yang dapat diterapkan pelaku UMKM untuk meningkatkan brand awareness.

1. Membuat konten video

Pemanfaatan konten video adalah salah satu strategi medsos yang dapat diterapkan pelaku UMKM untuk meningkatkan brand awarenesss.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Seperti diberitakan Kompas.id, Selasa (14/6/2022), sebanyak 91 persen pengguna Instagram menonton video melalui platform ini. Bahkan, pihak Instagram mengklaim bahwa 50 persen pengguna yang melihat iklan dalam bentuk video mau mengunjungi laman pengiklan.

Baca juga: Mau Pakai Jasa Digital Marketing? Hitung Dulu Biayanya

Sebelum membuat konten video, Anda harus mencari tahu dulu market dari produk yang akan diperkenalkan. Lakukan riset untuk mengetahui jenis konten yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Carilah nilai atau value produk yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Kemudian, buat storyboard atau rancangan video dengan membuat gambaran besar pengambilan video. Siapkan juga naskah singkat yang berisi poin-poin penting tentang produk Anda.

Jika konten video sudah selesai dibuat, Anda bisa langsung membagikannya ke medsos, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Buatlah akun medsos khusus untuk usaha Anda di berbagai platform agar calon konsumen lebih mudah menemukan nama atau produk yang dicari.

2. Menggandeng influencer

Pelaku UMKM juga dapat menggandeng influencer untuk membangun brand awareness melalui medsos. Cara ini pun menjadi strategi digital marketing yang paling lumrah dilakukan, bahkan oleh perusahaan berskala besar sekalipun.

Dengan cara tersebut, pelaku UMKM dapat meningkatkan brand awareness dari followers atau pengikut influencer yang digandeng. Bahkan, followers tersebut juga berpotensi untuk menjadi konsumen baru.

Baca juga: Simak Tips Belanja Online Anti Kalap ala Influencer, Baca Review hingga Pilih Rating Bintang 4,5 ke Atas

Namun, pelaku UMKM harus memastikan bahwa karakteristik dari influencer yang dipilih sesuai dengan segmentasi bisnisnya. Sebagai contoh, pelaku UMKM di bidang kuliner bisa memilih influencer yang kerap membagikan konten terkait makanan dan minuman, seperti food vlogger atau chef.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness bersama influencer. Misalnya, membuat konten video berupa ulasan jujur atau honest review terkait produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Memasang iklan di medsos

Strategi selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis UMKM adalah dengan memanfaatkan fitur iklan di medsos. Selain efektif, iklan di medsos juga relatif lebih terjangkau ketimbang beriklan di media-media konvensional.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari model iklan yang sedang tren di medsos. Pelajari juga kultur platform medsos yang ingin digunakan untuk beriklan. Sebab, model iklan di Instagram berbeda dengan iklan di Twitter atau Facebook. Begitu pula pada platform medsos lainnya.

Setelah mempelajari hal tersebut, Anda bisa mulai membuat promo menarik, seperti memberikan harga spesial atau paket bundling. Anda juga bisa berkolaborasi dengan UMKM lain guna membangun brand awareness.

Selain dengan langkah-langkah di atas, brand awareness juga bisa dibangun dengan mengikuti sejumlah event atau pameran bisnis. Salah satunya seperti Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diadakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI di 379 titik wilayah di Sumatera hingga Papua sepanjang Juni hingga Desember 2022.

BRI Pesta Rakyat Simpedes diadakan oleh BRI sebagai salah satu cara dalam membangun brand awareness kepada masyarakat.

Adapun gelaran PRS kali ini telah masuk edisi ke-7.  Acaranya digelar di Lapangan Saburai Enggal, Kota Bandar Lampung, mulai Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022).

PRS edisi ke-7 itu mengangkat tema “Pede Memimpin Perubahaan” yang mencerminkan kesiapan BRI dalam mendampingi masyarakat Lampung dalam mengelola keuangan, seperti dalam berbisnis dan berinvestasi.

“BRI terus berkomitmen dalam mendorong UMKM demi kebangkitan perekonomian Indonesia melalui enam pilar yang diusung. Melalui PRS, kami berharap dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat, khususnya dalam digitalisasi ekonomi melalui layanan BRI yang optimal,” kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, dalam siaran pers yang diterima Kompas, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Lakukan Pendampingan UMKM, BRI Kolaborasi dengan Smesco Indonesia Hadirkan Growpreneur

Sebagai informasi, terdapat enam pilar yang diusung dalam gelaran PRS, yaitu, Pasar, Pawai, Panggung, Panen, Peduli, dan Pojok X’Sis.

Adapun pilar Pasar bertujuan untuk menyatukan kebersamaan masyarakat lewat berbagai macam produk menarik dari 118 UMKM binaan BRI yang dipamerkan di perhelatan PRS.

Kemudian, Pawai adalah momen yang melibatkan dan menyatukan seluruh komunitas untuk memeriahkan PRS. Pawai juga menjadi momen sosialisasi dan literasi kebudayaan perbankan kepada masyarakat.

Baca juga: Sukses Rayakan Pagelaran Pesta Rakyat Simpedes Palembang, BRI Tegaskan Komitmen Dukung Kegiatan UMKM

Pilar selanjutnya, Panggung, yang merupakan media hiburan yang diisi oleh artis lokal dan nasional. Untuk PRS di Lampung, BRI menghadirkan Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Kahitna, Yenni Ika, Mas Karyo, dan Mawar Pantura.

Sementara, Panen adalah pemberian hadiah yang dipersiapkan BRI melalui mini games, doorprize, dan undian tabungan Simpedes. Lalu, ada pilar Peduli yang merupakan perwujudan rasa tanggung jawab dan kepedulian BRI kepada masyarakat dengan menghadirkan pengecekan kesehatan gratis, vaksin Covid-19, donor darah, dan potong rambut gratis.

Terakhir, Pojok X’Sis, yakni wadah masyarakat untuk mengekspresikan diri dan hobi mereka selama PRS berlangsung. Pojok X’Sis menghadirkan berbagai macam pengetahuan dan aktivitas bersama, seperti kegiatan seni dan olahraga, literasi digital, dan coaching clinic.

Baca juga: Komitmen Pemberdayaan, BRI Dorong Pelaku UMKM Go Digital Lewat Pesta Rakyat Simpedes

Untuk dapat memasuki area PRS, pengunjung cukup mengunduh aplikasi BRImo dan membayar Rp 1 dengan memindai QRIS di ticket box yang telah disediakan. Seluruh pengunjung juga diwajibkan untuk memindai kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area PRS.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran PRS 2022 dapat diakses melalui link berikut.

Artikel ini bersumber dari : money.kompas.com.

Tinggalkan komentar