Mengenal Fermented Skincare dan Galactomyces Ferment Filtrate yang Dipopulerkan SK-II


ilustrasi essence. © pexels.com/Artem Podrez

Merdeka.com – “Pitera”, “galactomyces”, dan “ferment filtrate” adalah tiga kata yang sering dijumpai saat membicarakan fermented skincare product. Istilah-istilah ini sudah tak asing lagi bagi pengguna setia facial essence populer dari Jepang, SK-II FTE.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan fermented skincare? Apa khasiatnya bagi kulit wajah hingga produk kecantikan yang mengandung bahan ini bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah?

Berikut ini beberapa informasi singkat yang perlu Anda ketahui untuk memahami fermented skincare. Jangan langsung coba tanpa tahu kegunaannya.

2 dari 5 halaman

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Mengenal Fermented Skincare

ilustrasi produk skincare

© pexels.com/Polina Kovaleva

Pada dasarnya, fermented skincare adalah perawatan kecantikan dengan bahan-bahan yang sudah difermentasi. Sama seperti makanan fermentasi yang diyakini baik untuk kesehatan pencernaan, fermented ingredient juga diklaim mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Dilansir Allure, proses fermentasi memanfaatkan mikroorganisme seperti bakteri dan ragi untuk memecah kandungan dalam produk skincare menjadi beberapa senyawa. Salah satu contohnya adalah galactomyces ferment filtrate atau pitera yang terdapat dalam essence wajah kenamaan, SK-II FTE.

Estee Lauder Advanced Night Repair juga termasuk produk skincare yang menambahkan fermented ingredient. Ada senyawa probiotik, bifida ferment lysate di dalamnya. Begitu juga rangkaian produk BCL Momopuri dari Jepang yang diperkaya probiotik hasil fermentasi lactobacillus E-12.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

3 dari 5 halaman

Sekilas tentang Galactomyces

ilustrasi produk skincare

© pexels.com/Polina Kovaleva

Galactomyces adalah kandungan skincare product yang diekstrak dari hasil fermentasi sake beras. Kandungan ini dipopulerkan oleh brand-brand kecantikan dari Asia.

Umumnya, galactomyces diklaim sebagai kandungan ‘sapu jagat’ yang bisa membereskan berbagai masalah kecantikan dengan meningkatkan ketahanan lapisan kulit. Kulit bertekstur, flek, kekeringan, minyak berlebih, jerawat, hingga tanda penuaan dini bisa diatasi bersamaan.

Melansir laman HelloGiggles, Charles Puza, M.D.—dokter kulit Texas—menjelaskan kalau galactomyces adalah genus ragi atau jamur yang berkembang saat proses fermentasi. Ragi inilah yang memiliki berbagai kandungan bermanfaat untuk kulit.

4 dari 5 halaman

Berbagai Khasiat Galactomyces untuk Kulit

ilustrasi produk skincare

© pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Dokter kulit dari Manhattan, Marisa Garshick, M.D. mengatakan kepada HelloGiggles kalau galactomyces adalah kandungan skincare yang memiliki khasiat lengkap. Bahan ini disebut bisa memperbaiki penampilan pori-pori, meningkatkan ketahanan skin barrier (lapisan pelindung kulit), hingga mengontrol produksi sebum.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Asian Journal of Beauty and Cosmetology membuktikan kalau galactomyces benar-benar berkhasiat untuk mengatasi jerawat, mengontrol minyak, memperbaiki tampilan pori-pori, dan mencerahkan kulit. Sebanyak 20 partisipan diminta untuk menggunakan produk kecantikan berbahan galactomyces 3 kali sehari. Setelah diobservasi secara berkala, sebagian besar partisipan menunjukkan peningkatan kondisi kulit. Kulit yang berjerawat, kusam, dan pori-pori yang lebar jadi tampak lebih baik.

Meskipun diakui bisa mengatasi kekusaman, Dr. Puza mengatakan kalau galactomyces bukan termasuk bahan pencerah kulit. Kandungan ini bisa menekan produksi melanin yang menjadi ‘biang keladi’ penggelapan kulit. Walaupun begitu, galactomyces tidak bisa menjadikan kulit setingkat atau beberapa tingkat lebih cerah. Jadi, lebih tepat kalau kandungan ini disebut bisa membantu menjadikan kulit lebih bening.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Dr. Puza juga menyoroti khasiat antipenuaan yang dimiliki galactomyces. Berkat sifat antioksidan yang dimilikinya, galactomyces juga bagus untuk membantu meredakan iritasi dan memperlambat munculnya tanda penuaan.

5 dari 5 halaman

Cara Memanfaatkan Khasiat Galactomyces

ilustrasi essence

© pexels.com/Artem Podrez

Cara terbaik dan teraman untuk mendapatkan khasiat galactomyces adalah dengan menggunakan produk skincare yang diperkaya kandungan ini. Saat ini, Anda bisa menemukan aneka jenis toner, essence, hingga serum dengan kandungan ini di pasaran.

Ahli kulit New York, Sunitha Posina, M.D. menyarankan essence dengan kandungan galactomyces buat siapa saja yang ingin mencoba fermented skincare product. Hal senada juga diungkapkan oleh pakar kulit selebriti, Natalie Aguilar. Pasalnya, essence umumnya mengandung konsentrasi galactomyces yang lebih tinggi daripada produk skincare lainnya.

Berikut ini beberapa produk essence dengan kandungan galactomyces yang bisa dicoba.

  • SK-II Facial Treatment Essence
  • Missha Time Revolution the First Essence 5X
  • CosRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence
  • Secret Key Starting Treatment Essence
  • Benton Fermentation Essence

Demikian informasi singkat tentang fermented skincare dan galactomyces yang kini tengah jadi ‘idola’ para pengguna produk skincare. Pilih produknya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran belanja, ya. [tsr]

Baca juga:
Manfaat Eksfoliasi Wajah yang Harus Diketahui, Perhatikan Aturannya
Beras Premium Yeoju, Solusi Kulit Lembut dan Cerah Alami dari Korea Selatan
Manfaat Retinol untuk Wajah yang Bisa Bikin Auto Glowing, Pahami Cara Pakainya
Ketahui Sejumlah Kandungan Serum yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil
Manfaat AHA BHA dalam Kandungan Skincare, Penting Diketahui


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

Tinggalkan komentar