Mengenal Hyaluronic Acid, Zat Kimia yang Sering Ada Pada Produk Skincare

Suara.com – Produk perawatan kulit wajah atau skincare terdiri dari bermacam-macam zat kimia untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Hyaluronic acid termasuk salah satu zat kimia yang populer dan mudah ditemukan dalam produk skincare.

Bahan tersebut biasanya mudah ditemukan pada produk serum wajah, terutama yang diklaim bisa untuk mencegah penuaan dini terutama pada area mata yang lebih tipis.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK., menjelaskan bahwa salah satu keunggukan hyaluronic acid adalah untuk melembabkan kulit.

Ilustrasi skincare [Foto: ANTARA]

“Hyaluronic Acid adalah bahan yang dapat mempertahankan kelembapan dengan cara mengikat air di jaringan kulit untuk membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi. Sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata dengan meningkatkan hidrasi kulit,” jelas dokter Arini saat temu media bersama L’Oréal Indonesia di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Baca Juga:
Skincare yang Tepat Bisa Jadi Makanan dan Suplemen Bagi Bakteri Baik di Kulit

Kulit di sekitar mata memiliki karakter berbeda dibandingkan area wajah lain. Sehingga perawatan dengan skincare juga sebaiknya dibedakan. 

Dokter Arini menyampaikan kalau karakter kulit area mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar, dan cenderung sensitif. Itu sebabnya kulit bawah mata sering menjadi area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus. 

“Kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembab. Aktivitas dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Makan terlalu banyak makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak,” jelasnya.

Bengkak atau sembab pada mata jadi lebih rentan terjadi ketika seseorang bangun tidur di pagi hari. Penggunaan skincare dengan kandungan hyaluronic acid bisa mencegah hal itu terjadi.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Sifatnya yang mengikat air, lanjut dokter Arini, membuat hyaluronic acid mampu membuat kulit jadi lebih kenyal atau plumpy. Selain itu juga bantu mencegah penurunan jumlah kolagen pada kulit wajah, sehingga penuaan bisa lebih lambat terjadi.  

Baca Juga:
Kerap Ada di Produk Skincare, Apa Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah?

“Jadi kegunananya juga banyak, bisa untuk anti aging sampai mengurangi kemerahan karena bekas jerawat,” papar dokter Arini.


Artikel ini bersumber dari : www.suara.com.

Tinggalkan komentar