Panpel HUT ke-23 Kutim Siapkan Kirab Budaya – Bakal Jadi Ikon Wisata Baru

Kabid Kesenian Tradisi, dan Perfilman Dinas Kebudayaan (Disbud Kutim) Hendra Ekayana

SANGATTA- Momentum peringatan HUT ke-23 Kutim yang jatuh pada 12 Oktober 2022 mendatang bakal dimanfaatkan Pemkab untuk menggelar kegiatan bertema budaya nusantara. Dengan tajuk kirab budaya yang diharapkan menjadi ikon pariwisata baru. Acara yang dikemas dalam bentuk karnaval ini, nantinya akan menampilkan berbagai macam kebudayaan. Mulai dari pertunjukkan baju adat, tradisi hingga kesenian yang dikenal beragam yang ada di Kutim.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

“Peringatan HUT ke-23 Kutim ini akan kita jadikan momentum untuk mengawali kegiatan (kirab budaya) ini. Hasilnya diharapkan mampu menjadi salah satu ikon pilihan wisata baru,” ujar Wabup yang juga menjadi ketua panitia pelaksana (panpel) HUT ke-23 Kutim Kasmidi Bulang usai memimpin rapat koordinasi HUT ke-23 di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, Rabu (21/9/2022).

Lebih jauh, Kasmidi berharap agar seluruh masyarakat khususnya warga Kutim bisa mendukung dan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan pagelaran kirab budaya yang direncanakan akan dilaksanakan pada 9 Oktober 2022 mendatang. Kegiatan ini diperkirakan akan mampu menyedot antusias penonton. Karena menampilkan beragam kebudayaan nusantara, sebab Kutim notabene merupakan wilayah yang dihuni oleh beragam suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, Kabid Kesenian Tradisi, dan Perfilman Dinas Kebudayaan (Disbud Kutim) Hendra Ekayana menjelaskan, pawai kirab budaya akan diisi oleh beragam pertunjukkan budaya khas Nusantara yang ada di Kutim. Mulai dari pakaian adat serta kesenian daerah masing-masing.

“Jadi nanti dari berbagai paguyuban yang sudah terdaftar akan ikut pawai budaya, termasuk dari OPD,” singkatnya. (kopi6/kopi13/kopi3)

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Artikel ini bersumber dari : pro.kutaitimurkab.go.id.

Tinggalkan komentar