Pengertian Makanan Sehat dan 5 Jenisnya Terlengkap

Posted on

Pengertian Makanan Sehat – Menurut kalian makanan sehat itu makanan yang seperti apa sih? Apakah makanan yang harganya mahal? Atau makanan yang dijual di restoran dan mall dimana kebersihan tempanya sangat di perhatikan betul jadi tidak mudah terkontaminasi dengan kuman?

Sebenarnya tidak semua makanan yang dijual di mall dan restoran itu sehat ya guys. Makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang.

Dimana pada makanan tersebut mengandung banyak serat serta zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh kita.

Pengertian Makanan Sehat

Pengertian Makanan Sehat

Jika dilihat dari kandungan makanan itu sendiri makanan sehat mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Seperti protein, karbohidrat, lemat tak jenuh, vitamin dan mineral. Biasanya makanan yang seperti itu sering disebut sebagai makanan empat sehat lima sempurna.

Mengatur pola makan termasuk salah satu hal terpenting untuk menjag kesehatan tubuh. Jika kita makan secara sembarangan itu artinya kita tidak saying terhadap kesehatan tubuh. Kesehatan itu penting jadi sebisa mungkin kita harus mengatur pola makan dan di imbangi dengan olahraga.

Jenis Makanan Sehat

Apakah makanan yang anda konsumsi selama ini temasuk makanan sehat? Jika belum maka tubuh anda masih kekurangan zat. Makanan sehat dikelompokkan menjadi empat yaitu makanan pokok, sayur, lauk pauk dan yang terakhir buah-buahan segar.

Dan dibawah ini ada beberapa contoh makanan sehat dan sudah memenuhi syarat sebagai makanan empat sehat lima sempurna.

1. Makanan Pokok

Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung zat tepung atau lebih dikenal karbohidrat. Karbohidrat memiliki peranan penting pada tubuh manusia yaitu menjaga dan meningkatkan energi. Tanpa karbohidrat tubuh akan terasa lemas.

Baca Juga :   √ 6 Cara Hidup Sehat Terlengkap yang Bisa Anda Coba

Al hasil dalam melakukan kegiatan sehari-hari pun kurang maksimal.  Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah nasi, gandum, singkong, kentang, dll.

2. Sayuran

Kandungan minel yang terdapat pada sayuran memang sangat banyak. Mineral berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi. Selain itu mineral yang terdapat pada sayuran juga membentuk komponen enzim  serta meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Semua sayuran baik untuk kesehatan tubuh dan kategori sayuran tersebut diantaranya adalah sawi, bayam, kangkung, wortel, daun bawang, timun, lembayung, kacang panjang,brokoli , seledri, kenikir dan masih banyak yang lainnya.

3. Lauk Pauk

Kandungan protein paling banyak terdapat pada lauk pauk. Ya, lauk pauk merupakan menu wajib yang harus ada setiap makan. Meskipun sudah ada sayuran jika tidak dilengkapi dengan  lauk rasanya kurang nikmat.

Protein yang terdapat pada lauk pauk berguna sebagai pembangun jaringan tubuh baru serta menjaga keseimbangan asam basa.  Selain protein beberapa lauk juga ada yang mengandung lemak. Pastikan jika kandungan lemak pada makanan yang anda santap merupakan lemak tak jenuh.

Sebab lemak tersebut sangat baik untuk kesehatan dan bisa melindungi tubuh kita dari suhu rendah.

4. Buah-buahan

Siapa yang tidak suka buah? Pastinya anda semua suka dengan makanan sehat yang satu ini. Seperti halnya sayuran pada buah juga terdapat banyak mineral terlebih lagi buah semangka, apel, pear  dan melon.

5. Susu

Dalam susu terdapat kandungan kalsium yang cukup besar. Kalsium ini bermanfaat untuk kesehatan tulang. Makanan yang kita konsumsi baru dikatakan sempurna jika dilengkapi dengan susu. Tujuan utama makanan sehat tidak lain adalah agara tubuh kita tetap sehat dan berkembang dengan sangat baik.

Baca Juga :   Langkah Pilih Baju Pria Lengan Pendek untuk Hangout

Itu tadi penjelasan singkat dari NVintan.com mengenai makanan sehat. Semoga bermanfaat terima kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *