Penyakit Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit Sistem Reproduksi Manusia – Sistem reproduksi manusia berfungsi satu sama lain yang berkaitan. Sistem reproduksi Manusia terbagi dalam bagian-bagian untuk memberikan dukungan proses reproduksi jalan dengan baik dan lancar. Pada dasarnya, Sistem reproduksi Manusia terdiri jadi dua, yakni external dan intern.

Penyakit Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit Sistem Reproduksi Manusia

Sebagai Manusia, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan Sistem reproduksi supaya terbebas dari beberapa penyakit yang tidak diharapkan. Tetapi pada realitanya, ada beragam penyakit yang kerap serang Sistem reproduksi Manusia hingga saat ini. Apa penyakit-penyakitnya?

1. Vaginitis

Penyakit yang menyerang sistem reproduksi pertama kali ini adalah Vaginitis. Dimana ini adalah kondisi vagina mengalami infeksi yang disebebkan oleh adanya mikroorganisme, seperti jamur, bakteri, dan juga parasit.

Beberapa gejala terkena penyakit ini diantaranya nyeri hebat pada vigina, pruritus di vulva, dysuria, hingga pendarahan pada vagina.

2. Bartolinitis

Ini adalah sebuah penyakit sistem reproduksi yang terjadi pada bagian kelenjar Bartolin, dimana kelenjar yang mengalami pembengkakan. Penyebab penyakit ini adalah adanya jamur Candida Albicans, Virus, dan juga Protozoa.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Manusia yang mengalami penyakit ini akan merasakan nyeri yang cukup hebat disertai dengan demam, alat kelamin memerah bahkan tidak bisa berjalan.

3. Candiloma Accuminata

Penyakit yang menyerang sistem reproduksi selanjutnya adalah Candiloma Accuminata, dimana penyebab penyakit ini karena adanya virus Human Papiloma, dimana virus ini juga menjadi penyebab kutil.

  • Cek : Kumpulan Health dan Kesehatan Wanita Terbaru dan Terlengkap

Bagi Manusia yang mengalami penyakit ini sebaiknya segera diobati, karena jamur ini bisa berkembang menjadi kanker jika dibiarkan.

4. Kanker Ovarium

Penyakit ini berawal dari kista ovarium yang merupakan tumor jinak dan kecil kecil didalam Rahim. Dimana kista ovarium yang paling sering terjadi adalah kista lutein, kista dermoid, dan juga kista cokelat. Penyebab Kanker Ovarium ini bisa membuat letak janin mengalami kelainan. Penyebab penyakit ini adalah gaya hidup yang keliru, kurang olahraga, dan lain sebagainya.

5. Kanker Serviks

Sama halnya dengan kanker ovarium, Kanker Serviks ini juga merupakan penyakit yang umum terjadi bagi perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh adanya sel abnormal yang tumbuh pada lapisan epitel serviks, dimana jika dibiarkan sel ini akan tumbuh terus dan mengganas.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Bagi Manusia yang sudah terkena penyakit ini, pengobatannya ialah dengan mengangkat Rahim,oviduk, serta sepertiga dari vagina.

6. Prostatitis

Penyakit yang menyerang sistem reproduksi selanjutnya kali ini menyerang kaum pria, yakni Prostatitis. Penyakit ini kondisi dimana kelenjar prostat mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bagi pria yang mengalami penyakit ini biasanya mengalami kesulitan ejakulasi, gagal ereksi, deman, dan disuria.

7. Epididimitis

Selanjutnya adalah penyakit Epididimitis yang juga disebabkan oleh infeksi. Dimana kondisi ini menyebabkan bagian epidermis mengalami peradangan, penyakit ini sering kali menimpa pria yang suka gonta ganti pasangan seks.

Beberapa gejalan penyakit Epididimitis ini adalah Nyeri pada testis, ada darah di sperma, sakit saat ejakulasi, dan dysuria.

8. Sifilis

Penyakit yang menyerang sistem reproduksi pria selanjutnya adalah Sifilis. Penyakit ini juga bisa disebut sebagai raja singa, dimana penyakit ini disebabkan oleh aktivitas seksual. Selain itu bisa juga karena tranfusi darah, bakteri yang menyebabkan penyakit Sifilis ini adalah Reponema Pallium.

9. Gonorhea

Penyakit selanjutnya adalah Gonorhea atau bisa disebut dengan kencing nanah.  Dimana penyakit ini juga sering kali dialami oleh alat reproduksi pria. Penyebab dari penyakit Gonorhea ini adalah adanya bakteri Neisseria Gonorheae, dimana penyakit ini bisa menular karena adanya aktifitas seksual yang bebas dan juga menyimpang.

10. Hipogonadisme

Dan penyakit yang menyerang sistem reproduksi terakhir kali ini adalah Hipogonadisme. Penyakit Hipogonadisme ini terjadi dimana kondisi testis pria tidak bisa memproduksi hormone testosterone yang cukup. Dan parahnya penyakit ini bisa saja dialami sejak janin berkembang di perut.

Penyebab timbulnya penyakit Hipogonadisme ini adalah adanya infeksi testis, trauma pada testis, sindrom klinefelter, radang buah zakar, dan juga sindrom kallman.  Bagi penderita Hipogonadisme ini akan mengalami bentu kelaminkurang sempurna dan disfungsi ereksi.

Nah, demikian pembahasan dari NVintan.com mengenai 10 penyakit sistem reproduksi manusia yang kerap terjai. Semoga Kita semua terhindar dari penyakit dan virus-virus reproduksi ya gaes!

Tinggalkan komentar