Penyebab Munculnya Komedo

Posted on

Penyebab Munculnya Komedo – Komedo merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit dan berwarna hitam. Komedo ini sendiri merupakan sejenis jerawat yang masih tergolong ringan dan sangat umum muncul di wajah.

Tak hanya diwajah, komedo ini juga bisa muncul di dada, leher, punggung, bahu, dan juga lengan seseorang. Untuk komedo ini sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya komedo hitam, putih, Mikrokomedo, Makrokomedo, Komedo solar, dan juga Komedo Raksasa.

Untuk gejala awal munculnya komedo ini adalah berupa benjolan yang berukuran sangat kecil dan memiliki warna hitam berada di permukaan kulit. Dan benjolan ini sangat mudah terlihat dengan kasat mata, komedo ini tidak menyebabkan sakit seperti jerawat karena tidak terjadi inflamasi.

  • Cek : Kumpulan Beauty dan Kecantikan Wanita Terbaru dan Terlengkap

Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab Munculnya Komedo

Ada beberapa faktor yang menyebabkan komedo itu muncul dalam kulit anda, dan berikut kami sajikan beberapa penyebab yang perlu anda ketahui:

  1. Meningkatnya jumlah bakteri propionbachterium yang ada pada permukaan kulit
  2. Mengkonsumsi beberapa obat tertentu, seperti Lithium, steroid, ataupun pil KB
  3. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak bisa rontok secara teratur
  4. Mengalami perubahan hormon sehingga menyebabkan semakin meningkat tingkat produksi minyak, terutama pada remaja maupun saat menstruasi
  5. Menggunakan produk dengan beberapa bahan kimia tertentu, seperti pomade yang berminyak maupun cat rambut
  6. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembab kulit atau sedang berada ditempat yang memiliki cuaca lembap
  7. Mengkonsumsi makanan penyebab komedo, seperti produk susu danmakanan dengan indeks glikemik tinggi
  8. Folikel rambut yang rontok diakibatkan cidera, seperti memencet jerawat, atau efek samping perawatan laser
Baca Juga :   Jerawat Nasi

Cara mengatasi Komedo

Ada obat-obatan yang bisa anda gunakan untuk mengatsi komedo, seperti benzoyl peroxide, asam salisilat, atau resorcinol. Atau ada juga obat-obatan yang berbentuk seperti krim, gel, atau koyo yang bisa ditempelkan pada kulit. Tujuan dari semua ini adalah untuk membunuh bakteri, membuat proses perontokan sel kulit mati, dan mengurangi minyak berlebih.

Selain menggunakan obat diatas, masih ada cara lain untuk mengatasi komedo tersebut, diantaranya:

1. Cara manual

Dokter spesialis kulit baka menggunakan alat khusus dari logam yang memiliki lingkaran kecil pada bagian ujungnya. Alat ini berguna untuk mengangkat penyumbatan yang bisa menyebabkan komedo

2. Terapi cahaya atau laser

Untuk cara kedua ini menggunakan teknologi cahaya atau laser, dimana berfungsi untuk menurunkan produksi minyak berlebih pada kulit serta bisa membunuh bakteri penyebab komedo. Terapi ini bisa mengobati komedo maupun jerawat tanpa merusak permukaan luar kulit.

3. Chemical Peels

Untuk teknik ini, dokter spesialis kulit akan menggunakan bahan kimia yang bisa mengupas sel sel kulit yang telah mati. Setelah pengelupasan terjadi,  maka nantinya kulit anda akan terlihat lebih halus dan bebas dari masalah komedo nantinya.

Nah itulah sedikit ulasan dari NVintan.com tentang penyebab munculnya komedo dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya gaes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *