Ratu Elizabeth II Ikut Andil Desain Mobil Jenazah Jaguar Land Rovernya

ThePhrase.id – Ratu Elizabeth II akhirnya dimakamkan dalam pemakaman kenegaraan yang berlangsung pada hari Senin, 19 September 2022. Menuju area pemakamannya, terlihat bahwa peti mati sang ratu dibawa menggunakan mobil Jaguar yang dimodifikasi dan dicustom.

Bentuknya unik dan menarik perhatian. Pasalnya, mobil tersebut dicustom memiliki bagian belakang yang besar dan full terbuat dari kaca untuk bagian atasnya. Padahal, basisnya adalah mobil Jaguar Land Rover. Dilansir dari motor1, Jaguar tersebut dikatakan sebagai Jaguar XJ Saloon 2020.

Mobil jenazah Jaguar Land Rover Ratu Elizabeth II. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, Pool)

Ternyata, yang mendesain dan merancang mobil sedan tersebut adalah The Royal Household dengan pihak Jaguar Land Rover. Namun, sang Ratu juga memiliki andil dalam modifikasi mobil tersebut karena rancangan tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Elizabeth II.

Setelah Ratu Elizabeth II menyetujui rancangan desain modifikasi tersebut, barulah Jaguar tersebut diubah menjadi bentuk yang saat ini dapat dilihat oleh dunia. Pihak yang bertanggungjawab mengubah mobil sedan tersebut adalah Wilcox Limousines.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Tujuan dari dimodifikasinya mobil dengan bentuk tersebut adalah agar peti mati dapat dilihat oleh publik Inggris dengan jelas. Kaca pada berbagai bagiannya seperti samping kanan dan kiri, belakang, hingga atap membuat peti mati jelas terlihat.

Mobil jenazah Jaguar Land Rover Ratu Elizabeth II. (Foto: Andrew Matthews/Getty Images)

“Mobil jenazah kerajaan telah dirancang untuk memungkinkan masyarakat memiliki pandangan yang jelas pada peti mati Yang Mulia saat melakukan perjalanan melalui London dan Windsor,” ujar seorang juru bicara Istana Buckingham, dikutip dari Express.

Terlebih lagi, pada bagian dalam mobil tersebut, diberikan lampu sorot yang menghadap ke peti mati agar peti sang ratu terlihat lebih jelas oleh orang yang berada di luar mobil tersebut. Atap dari mobil tersebut juga dirancang lebih tipis dari mobil pada umumnya.

Seperti mobil-mobil kerajaan yang lain, mobil jenazah yang digunakan untuk membawa peti mati Ratu Elizabeth II juga memiliki warna Royal Claret, serta memiliki maskot bergambar St George yang membunuh naga dan yang dilapisi oleh perak. Maskot tersebut dipasang di atas kap mobil.

Mobil jenazah Jaguar Land Rover Ratu Elizabeth II. (Foto: Anadolu Agency/Getty Images)

Mobil jenazah Jaguar Land Rover tersebut tercatat pertama kali digunakan pada 13 September 2022 untuk membawa peti mati ratu dari RAF Northolt ke Buckingham Palace. Padahal, Ratu Elizabeth II meninggal pada tanggal 8 September 2022.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Ini dikarenakan sang ratu meninggal dunia di Kastil Balmoral. Sehingga, mobil yang pertama kali mengangkut peti mati ratu dari Kastil Balmoral ke ibu kota Skotlandia, Edinburgh adalah Merdeces-Benz yang disediakan oleh pihak pemakaman setempat, William Purves.

Hal tersebut disayangkan sebagian publik karena Mercedes adalah mobil pabrikan Jerman, bukan Inggris. Sedangkan sang ratu dikenal sebagai penggemar otomotif, terutama mobil-mobil buatan Inggris. Penggunaan Jaguar Land Rover di hari pemakamannya membayar kekecewaan publik. [rk]

Artikel ini bersumber dari : thephrase.id.

Tinggalkan komentar