Sah! Mitratel (MTEL) Akuisisi 6.000 Menara Milik Telkomsel Rp10,2 Triliun

EmitenNews.com – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau (Mitratel) menyampaikan pada 29 Juli 2022 telah mengakuisisi 6.000 menara milik Telkomsel dan penyewaan kembali atas 6.000 menara tersebut oleh Perseroan kepada Telkomsel dan janji serta komitmen dari Telkomsel untuk memesan 1.000 (seribu) menara BTS dari Perseroan dalam waktu 3 (tiga) tahun mendatang serta sewa menyewa atas 712  lahan milik Telkomsel oleh Perseroan dimana menara didirikan.

 

Christy Kusumaatmaja, VP Investor Relation PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) dalam keterangan resmi Selasa (2/8) menjelaskan nilai Transaksi material tersebut sebesar Rp10,280 triliun yang mana jumlah tersebut juga termasuk sewa lahan milik Telkomsel yang dibayarkan oleh Perseroan dan timbal balik yang dibayarkan oleh Perseroan terkait komitmen dan janji pemesanan BTS oleh Telkomsel kepada Perseroan.

 

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Christy menambahkan dalam Transaksi yang dilakukan oleh Perseroan, nilai Transaksi sebagaimana diatur dalam Perjanjian mencerminkan 30,6% dari nilai ekuitas Perseroan per tanggal 31 Desember 2021, sehingga Transaksi merupakan Transaksi Material berdasarkan POJK No. 17/2020 yang tidak membutuhkan persetujuan dari pemegang saham Perseroan.

 

Transaksi ini juga merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 42/2020, maka Perseroan akan memperhatikan ketentuan yang diatur dalam POJK No. 17/2020, tulis Christy.

 

Transaksi akuisisi 6.000 (enam ribu) menara milik Telkomsel dengan Tenancy Ratio 1,00x (“Portfolio Transaksi”) beserta Kerjasama B2B (business to business)-nya dapat memperkuat posisi Perseroan sebagai leading TowerCo yang mengelola lebih dari 28.000.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

 

Lebih lanjut, Portfolio Transaksi diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis menara Perseroan karena didukung oleh Telkomsel sebagai penyewa utama yang menyewa kembali seluruh menara yang ditransaksikan serta potensi penambahan tenant baru yang besar.

 

Manfaat Transaksi juga sejalan dengan rencana strategis Perseroan dan pemegang saham untuk:

  1. Memaksimalkan nilai bisnis menara;
  2. Memperbesar kontribusi bisnis menara; dan
  3. Memaksimalkan portofolio yang beragam untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan.

 

Artikel ini bersumber dari : emitennews.com.

Tinggalkan komentar