Samsung Setop Dukungan Update Software untuk Galaxy S9 dan S9 Plus Halaman all

KOMPAS.com – Ponsel flagship Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus genap berusia empat tahun.

Karena sudah “berumur”, Samsung kini resmi menyetop dukungan pembaruan perangkat lunak (software) untuk kedua ponsel yang diluncurkan sekitar akhir Maret 2018 tersebut.

Informasi penyetopan dukungan software untuk Galaxy S9 dan S9 Plus sendiri mencuat lantaran kedua ponsel tersebut dihapus dari daftar perangkat Samsung yang bakal mendapatkan pembaruan software di masa mendatang.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Baca juga: Film Pendek: Pejuang LDR dan Samsung Galaxy S9

Adapun pembaruan yang tidak lagi didukung Samsung untuk kedua ponsel ini mencakup pembaruan keamanan (security update) dan pembaruan perangkat (firmware update).

Sebelumnya, Galaxy S9 dan S9 Plus sendiri sudah mendapatkan sejumlah firmware update selama “masa hidupnya”.

Pada 2019 lalu, misalnya, kedua ponsel yang “lahir” dengan sistem operasi (OS) Android 8.0 (Oreo) tersebut mendapatkan pembaruan OS Android 9.0 (Pie), dilanjutkan dengan Android 10 (Android Q) di tahun 2020. 

Sementara itu untuk security update, kedua ponsel tersebut belum lama ini mendapatkan pembaruan keamanan untuk Maret 2022 yang diklaim bakal menambal lebih dari 50 celah keamanan (bug) dan meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Baca juga: Mirip Apple, Samsung Izinkan Pengguna Perbaiki Sendiri Galaxy S21

Karena dukungan software sudah disetop per April 2022, maka pembaruan keamanan Maret 2022 kemungkinan adalah pembaruan terakhir yang didapatkan Galaxy S9 dan S9 Plus.

Galaxy Note 9 masih dapat pembaruan

Lulu Cinantya Mahendra/KOMPAS.com Galaxy Note 9 mempunyai stylus S Pen dengan koneksi Bluetooth yang memungkinkan berfungsi sebagai remote control.

Meski dukungan software Galaxy S9 dan S9 Plus sudah dihentikan, ponsel flagship Samsung lainnya yang diluncurkan di tahun 2018 pula, yaitu Galaxy Note 9 masih akan mendapatkan pembaruan software, khusus pembaruan keamanan.

Ponsel yang dibekali dengan S Pen tersebut masih akan mendapatkan security update tiga bulan sekali di 2022 ini.

Pembaruan software untuk ponsel ini sendiri boleh jadi bakal disetop pada Agustus mendatang, di mana Galaxy Note 9 bakal genap berusia empat tahun. 

Baca juga: Samsung Ketahuan Promosikan Galaxy Note 9 Pakai iPhone

Terlepas dari itu, Samsung memastikan bahwa ponsel mereka yang diluncurkan pada 2019 lalu, seperti Galaxy S10 Series masih akan mendapatkan pembaruan software hingga empat tahun ke depan dari peluncuran perdananya.

Sementara itu sejumlah ponsel yang masih tergolong baru, mungkin yang diluncurkan pada 2020, 2021, atau 2022, bakal mendapatkan pembaruan software hingga lima tahun ke depan dari peluncuran perdananya.

Informasi lengkap mengenai perangkat Samsung apa saja yang bakal mendapatkan pembaruan software di masa mendatang bisa disimak di tautan berikut ini.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : tekno.kompas.com.

Tinggalkan komentar