Software Akuntansi Terbaik 2022, Bikin Pencatatan Keuangan Mudah dan Efisien!

Dalam kegiatan bisnis perusahaan diperlukan pencatatan dan laporan keuangan yang akurat sehingga bisa mengetahui perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

Untuk memudahkan berbagai macam aktivitas akuntansi, banyak perusahaan yang kemudian memanfaatkan software akuntansi.

Menggunakan aplikasi akuntansi online dianggap sebagai solusi praktis untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Karena selain mudah dan cepat, penggunaan software akuntansi tersebut juga mampu menghasilkan data yang akurat dan terhindar dari kesalahan.

Hal ini sangat berbeda jika kamu hanya mengandalkan pencatatan keuangan secara manual saja, yang tentunya lebih berisiko mengalami kesalahan. Lantas, software akuntansi seperti apa yang harus digunakan? Tentunya kamu harus memilih yang terbaik agar mendapatkan hasil yang akurat dan aman.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Mengenal Software Akuntansi

Pada dasarnya software akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi dan manfaat untuk meningkatkan efisiensi dalam aktivitas akuntansi perusahaan.

Jenis layanan ini tersedia dalam bentuk online sehingga bisa diakses secara mudah selama terhubung dengan jaringan internet.
Baca juga: Jenis-Jenis Sistem Absensi Karyawan Bagi Perusahan, Mana yang Terbaik?

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online proses pembuatan laporan keuangan jadi lebih cepat dan praktis. Selain itu, pembukuan serta operasional akuntansi bisa berlangsung secara real time, mudah diakses dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

ilustrasi software akuntansi (Foto: towfiqu-barbhuiya-unsplash)

Secara umum, aplikasi akuntansi online mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan terutama dalam hal pencatatan keuangan. Salah satunya adalah cukup efektif untuk meminimalisir terjadinya resiko kesalahan saat melakukan input data.
Selain itu, tentunya ada banyak manfaat dan keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi akuntansi online seperti berikut:

  1. Mempercepat Proses Pembukuan dan Pembuatan Laporan Keuangan
    Melalui penggunaan aplikasi akuntansi online, semua kegiatan bisnis akan tercatat secara otomatis dan real-time ke dalam sistem. Hal ini tentu saja akan membantu mempercepat proses pembukuan serta pembuatan laporan keuangan.
  2. Mudah Digunakan dan Efektif untuk Aktivitas Akuntansi
    Aplikasi akuntansi online sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik dengan tampilan yang mudah dipahami sehingga bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan pemula. Selain itu, pengolahan data yang dilakukan secara otomatis mampu menghasilkan data yang lebih akurat.
  3. Efisien dan Terintegrasi dengan Sistem Payroll, POS serta Perpajakan
    Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan software akuntansi untuk perusahaan manufaktur dan lainnya adalah pencatatan langsung terintegrasi secara otomatis dengan sistem payroll, POS serta Perpajakan.
    Dengan adanya integrasi otomatis tersebut, maka akan lebih mudah bagi perusahaan dalam melakukan perhitungan payroll maupun reimbursement di dalam pembukuan secara instan. Selain itu, penggunaan aplikasi akuntansi juga akan memudahkan pembayaran dan pelaporan pajak.
  4. Terhubung Langsung dengan Berbagai Akun Bank
    Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online, proses rekonsiliasi bank bisa langsung terhubung ke berbagai bank melalui fitur Cashlink. Melalui aplikasi online ini metode pembayaran yang tersedia juga cukup beragam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  5. Memudahkan Kontrol dan Pengelolaan Inventory
    Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah memudahkan perusahaan dalam melakukan kontrol serta pengelolaan inventory. Karena semua data penjualan sudah tersistem melalui smart reporting. Sementara untuk update status barang dan transaksi terintegrasi otomatis.

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik 2022

Dari sekian banyak aplikasi akuntansi online yang tersedia saat ini, tentunya Anda harus memilih yang terbaik. Sebagai solusinya, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal yang merupakan pelopor aplikasi akuntansi di Indonesia.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Software akuntansi adalah pilihan terbaik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi bisnis melalui kegiatan akuntansi. Untuk kualitas dan reputasi aplikasi tentunya tidak perlu diragukan lagi.
Karena aplikasi Mekari Jurnal sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 perusahaan dan bisnis di Indonesia. Sementara untuk proses transaksi yang sudah terproses di atas 100.000 dan untuk laporan keuangan yang sudah dibuat ada lebih dari 75.000.

Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan ini mampu memenuhi semua kebutuhan akuntansi bisnis dengan tetap mengutamakan standar keamanan yang tinggi. Sebagai informasi, layanan akuntansi online ini berbasis cloud dan telah bersertifikat ISO 27001 setara bank.
Selain itu, layanan akuntansi online yang disediakan juga menampilkan User Interface (UI) yang simpel dan mudah digunakan. Dengan keunggulan tersebut maka proses pembuatan pembukuan dan laporan keuangan semakin cepat dan efisien.

Yang tidak kalah penting, penggunaan aplikasi akuntansi online dari Mekari Jurnal sangat mudah untuk diakses. Karena tersedia layanan versi mobile yang memungkinkan Anda untuk mengakses kegiatan akuntansi melalui perangkat smartphone.

Fitur Utama Software Jurnal Akuntansi Online

Jurnal Mekari
Software akuntansi Mekari Jurnal

Sebagai aplikasi akuntansi online terbaik di tahun 2022, Mekari Jurnal dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik.
Melalui fitur utama yang disediakan, aplikasi akuntansi bisa dioperasikan dengan mudah dan mampu menghasilkan data yang akurat serta terintegrasi secara otomatis.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 8 fitur utama aplikasi akuntansi online dari Mekari Jurnal:

  1. Akuntansi
    Fitur yang satu ini akan sangat berguna untuk seluruh kegiatan akuntansi karena memungkinkan proses otomasi serta tingkat akurasi yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan efisiensi bisnis.
    Secara garis besar, fitur ini akan membantu perusahaan dalam mencatat, menganalisa, mengelola serta melaporkan berbagai data transaksi keuangan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan informasi yang akan dijadikan acuan dalam mengambil keputusan bisnis.
    Dengan menggunakan fitur akuntansi ini, proses kegiatan akuntansi bisa dilakukan dua kali lebih cepat dari proses manual. Penggunaan teknologi pada aplikasi mampu meminimalisir kesalahan sehingga membantu perusahaan menghemat biaya operasional.
    Jika biasanya proses pembukuan memakan waktu yang lama, hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan software akuntansi. Karena proses pembukuan sudah berjalan dengan otomatis dan real time sehingga hasilnya pun jauh lebih akurat.
  2. Laporan Keuangan
    Fitur yang tersedia pada aplikasi akuntansi online ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan laporan keuangan dengan cara yang mudah, praktis, aman dan akurat. Hal ini tidak terlepas dari sistem pencatatan yang sudah terotomatisasi dan terintegrasi dengan baik.Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh laporan keuangan dari Mekari Jurnal, di antaranya adalah seperti berikut:
    ● Menampilkan interface yang sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi pemula.
    ● Sistem otomatis pada fitur ini membuat kegiatan akuntansi di perusahaan jauh lebih efisien dan akurat.
    ● Penggunaan fitur laporan keuangan memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengelola laporan keuangan secara real time.
    ● Aplikasi berbasis cloud ini lebih aman sehingga tidak perlu khawatir data keuangan perusahaan akan hilang.
  3. Kas dan Transaksi
    Salah satu fitur yang tersedia dalam sistem software akuntansi ini memiliki peran yang tidak kalah penting dari fitur lainnya. Dengan fitur tersebut, Anda bisa dengan mudah mencatat dan melacak berbagai transaksi baik masuk maupun keluar secara otomatis.
    Fitur ini mampu menghasilkan laporan arus kas perusahaan dengan dilengkapi grafik visual sehingga lebih mudah untuk dipahami. Dengan keunggulan tersebut maka perusahaan bisa menjadikan data yang ada sebagai acuan untuk perencanaan keuangan dan bisnis.
    Melalui fitur ini perusahaan secara otomatis melakukan pencocokan transaksi bisnis dan menjaga kesesuaian antara arus kas masuk dan keluar melalui mutasi bank. Dengan pencatatan secara otomatis dan real time, perusahaan tidak perlu mengecek satu per satu.
    Selain itu, perusahaan juga bisa terhubung dengan berbagai bank sehingga memungkinkan proses rekonsiliasi berlangsung secara lebih cepat dan efisien, hanya dengan satu klik saja. Sementara transaksi yang cocok akan terintegrasi secara otomatis dengan jurnal keuangan.
  4. Produk dan Inventory
    Fitur lain dari software akuntansi berbasis cloud ini adalah “Produk dan Inventory”. Fitur ini memungkinkan untuk update status stok barang secara otomatis, data penjualan produk, serta terintegrasi otomatis berbagai macam transaksi dengan laporan inventory.
    Melalui fitur ini, perusahaan bisa lebih mudah dalam mengelola stok produk secara cepat, efektif dan efisien. Karena fitur ini akan mengolah data produk yang dibutuhkan perusahaan sehingga data penjualan dan stok produk terupdate secara cepat.
    Tentunya ada beberapa fitur yang ada pada sistem “Produk dan Inventory” ini. Salah satunya adalah “Stock Opname” yang akan membantu dalam penyesuaian produk barang secara otomatis. Dan yang menariknya, fitur tersebut akan melakukan update data gudang sekaligus.
  5. Invoice dan Faktur
    “Invoice dan Faktur” merupakan salah satu fitur dalam software akuntansi yang akan memudahkan proses pembuatan invoice dengan pengaturan sistem pembayaran yang lebih terjadwal. Dengan begitu, maka tidak akan ada penagihan yang terlewat.
    Dengan adanya fitur ini, beberapa invoice bisa dengan mudah digabungkan menjadi satu sehingga jauh lebih praktis dan efisien.
    Sementara untuk semua transaksi pembayaran akan langsung terintegrasi secara otomatis dengan laporan pembukuan sehingga lebih akurat.
    Bahkan melalui fitur ini proses perhitungan pajak saat penagihan akan lebih mudah, karena secara otomatis pajak akan terpotong.
    Dengan adanya sistem invoice online, hal itu akan menghindarkan dari resiko kesalahan sehingga hasilnya pun lebih valid.
  6. Biaya dan Anggaran
    Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menyusun rencana anggaran bisnis, menghitung harga serta volume bahan dan rekapitulasi secara mudah dan efisien.
    Karena fitur ini sudah terintegrasi dengan beragam fitur lainnya sehingga mampu menghasilkan data yang akurat.
    Untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis, fitur ini dilengkapi dengan dasbor interaktif yang efektif untuk memantau arus transaksi.
    Transaction approval system untuk memastikan transaksi sesuai anggaran serta transaction grouping untuk melacak transaksi.
  7. Perpajakan
    Software akuntansi rupanya juga dilengkapi dengan fitur perpajakan yang akan memudahkan perusahaan dalam menghitung pajak. Karena fitur ini memungkinkan untuk menghitung pajak secara otomatis dan terintegrasi dengan fitur lainnya untuk membayar pajak.
    Fitur Perpajakan ini secara efektif mampu meminimalisir kesalahan data karena perhitungannya sudah otomatis. Selain itu, perusahaan tidak perlu membuat pembukuan pajak sehingga lebih hemat waktu dan efisien.
  8. Mobile App
    Fitur yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi karena memungkinkan untuk mengetahui laporan keuangan hingga stok barang secara praktis melalui perangkat mobile. Anda bahkan bisa membuat dan mengirimkan invoice dengan lebih mudah.

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi akuntansi online mampu memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Selain meningkatkan efisiensi kegiatan akuntansi, beragam fitur di dalamnya juga memiliki peran yang sangat penting sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Untuk menikmati beragam manfaat dan keuntungan yang ditawarkan software akuntansi, Anda bisa mempercayakannya kepada Mekari.com. Ya, produk aplikasi akuntansi Jurnal by Mekari adalah solusi terbaik untuk kegiatan akuntansi dan kemajuan bisnis Anda!

Artikel ini bersumber dari : gizmologi.id.

Tinggalkan komentar