Total Ada 43 Brand Motor Listrik di Indonesia, Bikin Nangis Penjualan Baru 1.000 Unit per Bulan

JAKARTA, iNews.id – Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISI) mencatat total ada 43 brand motor listrik di Indonesia. Jumlah ini cukup mencengangkan.

“Total ada 43 brand motor listrik di Indonesia. Mereka di antaranya anggota AISI dan para startup. Jumlah ini minus Suzuki dan Kawasaki,” ujar Sekretaris Umum AISI Hari Budianto dalam Ngovsan Forwot.

Dia mengungkapkan meski jumlah brand banyak namun market sepeda motor listrik masih rendah. Di mana rata-rata penjualan motor listrik saat ini baru 1.000 unit per bulan. Ini dilihat dari data penjualan sepeda motor listrik di Indonesia hingga Juli 2022 sebanyak 19.024 unit.

“Jika demand tinggi siapapun mau jualan. Jika market kecil yang jualan 43 merek di mana penjualan 1.000 per bulan, masih butuh waktu,” kata Hari.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Dia berpendapat jika ingin membesarkan sepeda motir listrik berikan subsidi agar pasar berkembang. Terlebih ekosistem sudah mulai terbentuk. 

“Memproduksi gampang, menjual tidak gampang. Apa problemnya? Kenapa sepeda motor listrik tidak langsung melejit. Kalau di luar negeri ada subsidi langsung, baik untuk industi maupun end user konsumen. Namun, di kita belum bisa tidak seperti di negara kaya,” ujarnya. 

Hari menegaskan butuh waktu hingga permintaan konsumen terhadap motor listrik meningkat. Seperti waktu pertama kali motor matik lahir. Pada awal 2000-an segmen motor bebek mendominasi pasar. Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan motor matik, model motor bebek tergerus.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]







Artikel ini bersumber dari : www.inews.id.

Tinggalkan komentar