5 Keuntungan Reksadana: Modal Dikit Untung Sebukit!

Posted on

Keuntungan Reksadana – Pada saat akan memilih investasi reksadana, pastinya yang pertama kali dicari adalah berapa keuntungan reksadana yang bisa didapatkan. Sebelum berlanjut membahas keuntungannya, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu reksadana.

Reksadana adalah sebuah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari para investor yang kemudian dana tersebut akan dialokasikan oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek. Lalu apa saja keuntungannya? Berikut kami jelaskan di bawah ini.

Keuntungan Reksadana bagi Investor-nya

Keuntungan Reksadana
5 Keuntungan Reksadana: Modal Dikit Untung Sebukit!

Investasi reksadana menawarkan berbagai keuntungan investasi bagi investor-nya. Keuntungan tersebut di antaranya sebagai berikut. 

1. Modal Kecil

Keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan ialah modal awalnya yang minim. Beberapa orang biasanya ragu untuk memulai investasi karena tidak memiliki modal awal yang besar.

Namun, dengan adanya reksadana siapa saja bisa ikut berinvestasi dengan modal yang minim. Reksadana hanya menetapkan modal awal untuk berinvestasi bagi investor-nya sebesar ratusan ribu saja. 

Ini tentu saja nilai yang sangat minim untuk sebuah investasi. Jika kamu menginginkan keuntungan yang lebih besar, kamu bisa menanam modal dengan jumlah yang lebih besar dan rutin membeli reksadana secara berkala.

2. Pilihan Tingkat Risiko

Reksadana menyediakan berbagai produk dengan tingkat risiko yang berbeda, sehingga akan cocok untuk investor dengan profil risiko apa saja. Kamu bisa memilih produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki.

Reksadana memiliki 4 produk yaitu pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Untuk investor dengan profil risiko konservatif, kamu bisa memilih reksadana pasar uang atau pendapatan tetap.

Untuk investor dengan profil risiko moderat, kamu bisa memilih reksadana campuran. Sedangkan, untuk investor dengan profil risiko agresif, kamu bisa memilih reksadana saham. 

Baca Juga :   Klinik Kecantikan di Katingan

3. Keuntungan Reksadana Menjanjikan

Untuk bisa menghitung keuntungan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu produk-produk dari reksadana karena setiap produk tersebut menawarkan keuntungan yang berbeda.

Dari keempat produk reksadana, pasar uang menjanjikan keuntungan paling rendah dibandingkan produk lainnya. Namun, keuntungan ini lebih tinggi dari deposit dan sesuai dengan tingkat risiko yang ditanggung investor.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dengan nilai yang tinggi, kamu bisa memilih reksadana saham. Reksadana ini menawarkan keuntungan paling besar di antara lainnya. Namun, risiko yang harus ditanggung investor juga tinggi sehingga hanya cocok untuk investor dengan profil risiko agresif.

4. Investasi yang Mudah

Investor biasanya sering merasa ragu saat memilih instrumen investasi karena takut salah langkah. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi saat kamu memilih investasi reksadana, karena investasi akan dikelola langsung oleh manajer investasi.

Kamu hanya perlu menanam dana investasi di platform investasi reksadana. Sisanya, tinggal serahkan pada manajer investasi karena dialah yang akan mengatur kemana dana tersebut akan dialokasikan. Jadi, kamu tinggal menghitung keuntungannya saja.

5. Minim Risiko

Reksadana terkenal dengan risikonya yang minim, itulah sebabnya mengapa investasi ini banyak digandrungi oleh investor. Meskipun reksadana memiliki produk reksadana saham yang menawarkan risiko tinggi, namun risiko tersebut masih berada di bawah investasi saham.

Investasi saham akan mengharuskan investor memegang sendiri saham yang diinvestasikan. Sehingga, kamu harus pandai-pandai menganalisis timing yang tepat untuk transaksi dan ini berisiko tinggi. Jika berhasil, keuntungannya bisa lebih besar dari reksadana.

Sedangkan, pada reksadana saham dana yang dialokasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah profesional. Itulah sebabnya mengapa risikonya bisa lebih rendah dari investasi saham.

Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS

C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Januari\371.jpg

Menghitung keuntungan reksadana pasti sangat menggiurkan, apalagi jika investasi tersebut dilakukan pada penyedia terpercaya seperti Aplikasi digibank by DBS. digibank by DBS Reksadana menawarkan banyak keuntungan bagi nasabahnya, di antaranya sebagai berikut.

1. Semua Transaksi dalam 1 Aplikasi

Keuntungan reksadana yang bisa kamu rasakan jika berinvestasi di digibank by DBS Reksadana yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi. Kamu bisa membeli, menjual, registrasi, hingga switch investasi.

Baca Juga :   Klinik Kecantikan di Gunung Sitoli

Selain itu, dalam aplikasi tersebut kamu juga dapat melihat deskripsi setiap produk investasi yang akan kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa melihat produk mana yang bisa memberikan keuntungan reksadana sesuai target kamu.

2. 3 Kategori Produk

digibank by DBS Reksadana juga menyediakan 3 kategori produk untuk nasabahnya. Adapun 3 kategori tersebut terdiri dari scoring terbaik, terpopuler, dan kinerja terbaik. Produk dalam kategori scoring terbaik merupakan produk investasi yang direkomendasikan berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli.

Produk dalam kategori terpopuler merupakan produk investasi yang paling banyak diminati oleh para investor. Adapun produk yang ada dalam kategori kinerja terbaik merupakan produk investasi dengan riwayat keuntungan reksadana terbaik sepanjang satu 1 tahun terakhir.

3. Transaksi Berkala yang Fleksibel

Pada saat pertama kali bertransaksi reksadana di digibank by DBS, kamu akan diminta registrasi SID. Namun, setelah itu kamu tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk melakukan transaksi berikutnya.

4. 50+ Produk

digibank by DBS Reksadana menyediakan lebih dari 50 produk untuk nasabahnya. Produk tersebut bisa dipilih berdasarkan profil risiko yang kamu miliki. Kamu juga bisa memilihnya berdasarkan kategori yang kamu inginkan dan menghitung keuntungan reksadana yang bisa kamu dapatkan.

Tidak perlu takut salah memilih produk yang tidak sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki, karena digibank by DBS akan memberikan notifikasi apabila kamu memilih produk dengan tingkat risiko yang tidak sesuai.

5. Dana Awal Rendah

Untuk bisa memulai investasi di digibank by DBS, kamu hanya membutuhkan Rp100 ribu saja. jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, kamu bisa membeli reksadana secara berkala.

Dari penjelasan situs NVintan.com di atas, dapat disimpulkan jika keuntungan reksadana yang akan kamu dapatkan akan bergantung dari berapa dana yang kamu tanam dan seberapa besar risikonya. Tunggu apalagi? Ayo investasi reksadana bersama digibank by DBS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *