Rekomendasi 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Posted on

Pemilihan asupan makanan sehat untuk ibu hamil tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Dengan begitu, harus benar-benar memastikan bahwa makanan tersebut memiliki nutrisi cukup selama masa kehamilan. Mulai dari daging tanpa lemak, buah, sayur atau kacang-kacangan.

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Pada trimester pertama dapat dibilang adalah saat yang rentan karena ibu harus menjaga kesehatannya. Pemilihan asupan makanan tidak bisa secara sembarangan. Berikut ini adalah daftar rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil dan dapat Anda lihat informasi menarik lainnya di kategori blog.

1. Daging tanpa Lemak

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein yang sudah terkenal bagi banyak masyarakat. Protein menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Pasalnya makanan ini memiliki kandungan kolin, zat besi hingga vitamin B cukup tinggi guna memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.

Mungkin akan terasa sulit bagi Anda dalam memenuhi kebutuhan zat besi lewat makanan saja, khususnya jika tidak suka dengan protein hewani. Bagi ibu hamil yang bisa memakannya, maka perlu mencoba konsumsi daging merah tanpa lemak secara teratur guna membantu pemenuhan zat besi.

2. Ikan

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kandungan protein serta asam lemak omega 3 di dalam ikan laut akan membantu perkembangan dan pembentukan otak pada janin. Perlu Anda perhatikan, bahwa beberapa jenis ikan di laut justru sudah tercemar oleh merkuri. Dengan begitu, bumil harus ekstra hati-hati saat memilih asupan sehari-hari.

Solusinya adalah Anda bisa mengonsumsi ikan dalam kondisi matang agar tetap aman. Makanan sehat untuk ibu hamil satu ini menjadi salah satu sumber protein tinggi. Bumil bisa memasaknya sesuai dengan selera dan keinginan demi memenuhi kebutuhan nutrisi dalam janin.

Baca Juga :   6 Ciri Hamil yang Sehat, Bumil Wajib Tahu!

3. Sayuran dan Buah

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sekalipun sedang tidak dalam masa kehamilan, sayur dan buah menjadi konsumsi makanan yang penting bagi semua orang. Namun kali ini, bumil bisa menjadikannya sebagai salah satu asupan wajib karena termasuk dalam makanan sehat untuk ibu hamil. Pasalnya mengandung tinggi vitamin dan mineral.

Makanan dengan kandungan vitamin yang tinggi akan sangat baik selama masa trimester pertama. Khususnya pada vitamin C karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan gangguan infeksi. Selain itu, beberapa sayuran hijau juga mengandung zat besi sehingga terhindar dari resiko anemia.

4. Susu dan Olahannya

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Apabila tidak sanggup mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak karena mengalami morning sickness, maka susu menjadi pilihan utama sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Bagi bumil, minuman ini akan bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan baru dan pembentukan otot.

Konsumsi susu akan membantu memenuhi kebutuhan mineral dan protein sehingga bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bumil pun bisa menemukan produk susu dan olahannya sesuai dengan rekomendasi dan review terbaik dari teman-teman yang sudah paham akan ilmu parenting.

5. Telur

Telur menjadi sumber protein yang bagus dan juga penting selama masa kehamilan. Kandungan utama di dalamnya adalah asam amino. Jenis mikro nutrien ini memiliki peran sangat penting dalam pertumbuhan sel baru baik pada ibu hamil maupun janin.

Selain itu, telur juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Termasuk juga kolin yang sebagian besar bisa Anda peroleh saat mengonsumsi kuning telur. Fungsinya adalah membantu sumsum tulang belakang dan otak pada bayi bisa berkembang secara maksimal.

6. Sereal

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sereal merupakan pilihan menu sarapan yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Khususnya bagi bumil ketika merasa tidak nafsu makan di pagi hari karena merasakan morning sickess hebat. Produk satu ini memiliki kandungan vitamin V, mineral hingga karbohidrat.

Baca Juga :   5+ Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil, Tetap Aman dan Mudah!

Selain itu, sereal yang berasal dari gandum juga mengandung serat tinggi sehingga aman untuk konsumsi bumil. Namun perhatikan ketika mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil satu ini tetap menyesuaikan dengan anjuran dokter agar sesuai kebutuhan.

Itulah tadi beberapa daftar makanan sehat untuk hamil sesuai rekomendasi dari nvintan. Anda perlu mencukupi kebutuhan nutrisi khususnya pada janin. Jangan sembarangan dalam memilih asupan karena pasti akan berpengaruh pada kehamilan dan kesehatan bayi dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *