6 Ciri Hamil yang Sehat, Bumil Wajib Tahu!

Posted on

Ciri-ciri hamil yang sehat sebenarnya bersifat subjektif karena hanya ibu hamil yang merasakannya sendiri. Mungkin saja Anda pernah mengalami mengidam pada makanan atau minuman tertentu. Kondisi ini memang wajar. Selain itu ada juga pertanda lainnya menandakan bahwa kehamilan tersebut normal.

6 Ciri-Ciri Hamil yang Sehat

Ciri-ciri hamil yang sehat bisa Anda ketahui dengan memeriksakan kandungan. Namun ternyata ada beberapa pertanda lain dimana bumil dapat merasakan sendiri. Hal ini perlu diperhatikan sejak awal guna mengenali kondisinya. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang kehamilan lainnya pada kategori blog.

1. Muntah dan Mual

Ciri-Ciri Hamil yang Sehat

Muntah dan mual menjadi ciri-ciri hamil yang sehat dan umum dirasakan oleh seluruh ibu hamil. Biasanya mereka akan merasakannya pada awal-awal kehamilan yakni trimester pertama. Kondisi ini terjadi lantaran adanya perubahan hormon reproduksi dalam tubuh.

Meski rasanya terganggu, namun muntah dan mual ini akan menghilang ketika sudah memasuki kehamilan trimester kedua. Anda pun tak perlu khawatir apabila tidak  mengalaminya. Pasalnya beberapa ibu hamil juga tidak merasakannya namun kondisi janin masih dalam keadaan sehat.

2. Payudara Nyeri

Ciri-Ciri Hamil yang Sehat

Payudara yang terasa nyeri justru menjadi ciri-ciri hamil yang sehat. Pada  umumnya akan terjadi pada trimester pertama. Kondisi ini dapat terjadi lantaran perubahan hormon estrogen dan juga progesteron di awal kehamilan. Selain itu juga, rasa nyeri  ini bisa karena ukuran payudara bertambah lebih besar.

Perubahan ukuran payudara ini berhubungan dengan produksi ASI selama masa kehamilan. Payudara yang terasa nyeri bisa Anda atasi melalui pemakaian bra lebih longgar atau mengubah ukuran pada cup lebih besar. Beberapa keluhan seperti ini sudah termasuk ke dalam mengenali ilmu parenting saat hamil.

Baca Juga :   Begini 7 Ciri Hamil Bayi Cewek dari Perubahan Fisiknya

3. Mudah Merasa Lelah

Kelelahan pun menjadi ciri-ciri hamil yang sehat berikutnya. Anda akan merasakannya di trimester pertama. Keadaan ini dapat Anda rasakan akibat produksi hormon progesteron telah meningkat sehingga mampu memicu perasaan lelah pada tubuh hingga gampang mengantuk.

Selain itu, selama di trimester pertama, tubuh juga bekerja lebih keras daripada biasanya untuk bisa mempersiapkan kehamilan. Keadaan ini menyebabkan ibu hamil merasa mudah lelah. Anda pun bisa mengatasinya dengan memilih posisi tidur yang nyaman dan memastikan kualitas selama beristirahat.

4. Emosional yang Berubah

Meskipun hal ini melibatkan perasaan, namun ternyata perubahan emosional menjadi ciri-ciri hamil yang sehat. Wajar saja ketika stress, lelah dan perubahan hormon akan berdampak dalam memicu stress bagi ibu hamil. Hal ini karena ada beberapa faktor penyebab telah mempengaruhi zat kimia pada otak.

Akibatnya adalah ibu hamil bisa mengalami perubahan emosi yang berbeda mulai dari bahagia, sedih, gugup, khawatir dan lainnya secara bersamaan. Apabila hal ini sudah terasa mengganggu, maka lebihh baik untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan agar mendapatkan perawatan.

5. Sering Buang Air Kecil

Rahim akan terus berkembang selama kehamilan untuk menyesuaikan ukuran perkembangan janin. Seiring dengan berkembangnya waktu, rahim tersebut bisa menekan kandung kemih. Tekanan tersebut akhirnya membuat ibu hamil jadi sering buangair kecil. Selain itu juga karena volume darah meningkat di awal kehamilan.

Dengan volume darah yang meningkat akhirnya membuat ginjal bekerja lebih ekstra. Urin yang dihasilkan pun lebih banyak dan menyebabkan bumil sering buang air kecil. Walau demikian, Anda hars tetap minum banyak air putih karena tubuh memerlukan banyak cairan selama kehamilan.

6. Ngidam Makanan

Ciri-Ciri Hamil yang Sehat

Selera makan dari ibu hamil memang bisa berubah secara cepat mulai dari ingin makanan pedas, manis, asin dan lainnya. Kondisi ini bisa disebut dengan istilah ngidam makanan. Lebih dari 60 persen ibi hamil akan mengalaminya ketika sedang hamil di usia muda.

Baca Juga :   5+ Bahaya Soda untuk Ibu Hamil, Berikut Dampak Buruknya!

Mengidam makanan merupakan kondisi wajar dan menjadi ciri-ciri hamil yang sehat. Selama konsumsinya tetap sehat dan rendah kalori, tentu tidak akan menjadi masalah bagi ibu hamil dan juga janinnya. Namun kebalikannya, jika Anda justru ingin makanan kurang sehat, maka perlu konsultasi pada dokter.

Ada beberapa ciri-ciri hamil yang sehat bisa Anda pahami selama masa kehamilan bersama artikel lainnya di nvintan. Anda dapat mengunjungi website tersebut untuk mendapat informasi menarik lain tentang ibu hamil demi kesehattan janin dan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *