Inilah 6 Flek Coklat saat Hamil Muda, Bukan Jadi Tanda Keguguran!

Posted on

Timbulnya flek coklat saat hamil muda menjadi salah satu kekhawatiran bagi sebagian besar perempuan. Adanya pendarahan ringan memang membuat Anda merasa takut terlebih jika sudah memasuki masa kehamilan. Lantas apa saja penyebabnya? Apakah selalu benar menjadi tanda keguguran?

Penyebab Timbulnya Flek Coklat saat Hamil Muda

Kekhawatiran akan keguguran saat kehamilan akan selalu menjadi hal yang wajar bagi tiap perempuan. Terlebih jika Anda baru-baru ini mengalami timbulnya flek coklat saat hamil muda. Kondisi ini tidak selalu menandakan keguguran. Lantas apa saja penyebabnya? Cek ulasan menarik lainnya di kategori blog.

1. Berhubungan Intim

Flek Coklat saat Hamil Mud

Pertama, timbulnya flek coklat saat hamil muda ternyata bisa disebabkan karena Anda masih melakukan hubungan intim dengan suami. Kondisi ini dapat terjadi karena pada daerah serviks perempuan hamil akan menerima aliran darah dalam jumlah lebih banyak.

Daerah serviks tersebut akan lebih mudah berdarah karena gesekan atau sekedar sentuhan saja. Oleh karena itu, ketika sedang melakukan hubungan intim, wajar saja apabila timbul flek hitam sesuai berhubungan. Hal ini pun normal dan tidak akan menandakan adanya keguguran.

2. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kondisi darurat medis yang terjadi pada umumnya di trimester pertama kehamilan. Keadaan ini menunjukkan janin berada di luar rahim seperti di tuba falopi atau bagian peru lainnya. Anda pun harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter kandungan apabila terjadi resiko seperti ini.

Baca Juga :   8 Perbedaan Telat Haid dan Hamil yang Perlu Kamu Kenali

Apabila Anda mengalami nyeri perut maupun di panggul disertasi lemas, pusing hingga pingsan saat kehamilan pertama, maka segeralah hubungi dokter. Pada umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG transvaginal. Atau bahkan tindakan operasi gua mengangkat sel telur.

3. Masalah Plasenta

Flek Coklat saat Hamil Mud

Apabila terjadi gangguan di plasenta, maka bisa saja muncul flek coklat saat hamil muda. Biasanya hal ini timbul ketika trimester kedua maupun ketiga. Keluarnya noda tersebut harus terus Anda waspadai karena salah satu resikonya adalah terpisahnya dinding rahim dan plasenta.

Apabila ibu hamil mengalami flek ketika hamil muda di trimester pertama, maka tidak perlu khawatir. Hal ini wajar terjadi selama di masa kehamilan dan tidak membahayakan bagi ibu maupun kesehatan janin. Namun jika pendarahan disebabkan plasenta menutupi jalan keluar bayi, maka harus segera mendapat tindakan.

4. Pendarahan Implantasi

Flek Coklat saat Hamil Mud

Keluarnya flek coklat saat hamil muda biasanya terjadi karena implantasi. Kondisi ini merupakan penanaman telur pada lapisan rahim selama 4 minggu setelah kehamilan. Apabila Anda mengalami timbulnya noda di trimester pertama sampai 10 hari setelah pembuahan, maka penyebabnya adalah implantasi.

Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan jika dokter kandungan menyebutkan bahwa penyebab terjadinya flek coklat saat hamil muda adalah implantasi. Hal ini juga sering muncul pada kebanyakan perempuan hamil.

5. Bentuk Leher Rahim yang Berubah

Memasuki trimester kedua hingga ketiga, leher rahim akan mengalami perubahan karena terjadi peningkatan suplai darah di daerah tersebut. Hal ini juga menjadi penyebab mengapa timbul flek coklat saat hamil muda. Bahkan flek akan bertambah banyak jika Anda berhubungan intim dengan suami.

Penyebab ini pun sangat wajar terjadi bagi perempuan hamil. Seiring dengan berjalannya waktu, janin akan bertambah besar sehingga mengubah bentuk leher rahim. Namun tidak semua ibu hamil mengalami timbulnya flek coklat tersebut sehingga penting untuk mempelajari ilmu parenting.

Baca Juga :   Posisi Bercinta Agar Cepat Hamil, Pengantin Muda Wajib Coba!

6. Peradangan atau Infeksi

Kemungkinan terakhir penyebab dari flek coklat saat hamil muda adalah terjadinya infeksi. Sebagian besar adalah hasil penularan secara seksual. Pada kasus ini, ibu hamil harus mendapatkan diagnosa terlebih dahulu untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Pendarahan ringan selama kehamilan memang sering terjadi. Namun Anda harus memeriksakan kandungan jika pendarahan pada vagina tergolong sudah berat dan cukup banyak. Beberapa infeksi ini mungkin karena keguguran lanjut, persalinan prematur hingga plasenta previa.

Bukan selalu akibat dari keguguran, timbulnya flek coklat saat hamil muda bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti di atas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan tentunya aman, maka segera lakukan pemeriksaan bersama dokter. Jangan lupa baca artikel kehamilan lainnya di situs nvintan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *