7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewer

Posted on

TeamViewer hadir sebagai solusi untuk mengontrol PC dari jarak jauh dengan mudah. Selain untuk mengontrol dari jarak jauh, software remote desktop itu juga bisa dipakai untuk mengirim file hingga melakukan panggilan video, baik untuk dua orang saja maupun banyak orang layaknya.

TeamViewer telah ada untuk waktu yang sangat lama dan jadi pilihan utama ketika berbicara soal software remote desktop. Meski sangat populer, TeamViewer bukanlah satu-satunya software remote desktop diluar sana, karena ada cukup banyak alternatif lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Berikut daftarnya.

1. AnyDesk

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi AnyDesk (softwareadvice.com.au)

AnyDesk merupakan software remote desktop yang tersedia baik di Windows maupun MacOS. Software ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengakses PC orang lain atau sebaliknya. Jika ingin memindahkan file dari satu PC ke yang lainnya, AnyDesk juga bisa melakukan hal tersebut.

Selain harus memberi persetujuan terlebih dahulu jika ingin PC-nya diakses, melalui AnyDesk, pemilik PC juga bisa mengatur apa saja yang dapat diakses oleh orang lain di PC mereka. Tidak hanya itu, AnyDesk juga memiliki mode privasi yang bakal “mematikan” layar dari PC yang dikontrol ketika sedang diakses.

2. LogMeIn

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi LogMeIn (pcmag.com)

LogMeIn jadi software remote desktop yang direkomendasikan selanjutnya di mana software ini memungkinkan pengguna untuk mengakses PC mereka tidak hanya dari PC lain saja, tapi juga dari browser atau smartphone. Dengan kata lain, LogMeIn memberi kebebasan kepada penggunanya untuk mengontrol PC mereka di mana saja dan kapan saja.

Jika mau, pengguna juga bisa memperluas akses PC mereka ke banyak orang secara bersamaan. Selain itu, LogMeIn juga telah mendukung remote printing yang artinya, pengguna dapat menyetak dokumen dari PC yang dikontrol secara cepat dan mudah.

Baca Juga :   5 Laptop Harga 3 Jutaan Terbaik Tahun 2022, Beli Sekarang Juga

3. Dameware Remote Everywhere

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi Dameware Remote Everywhere (sourceforge.com)

Selain mendukung PC berbasis Windows dan MacOS, Dameware Remote Everywhere dapat digunakan untuk mengakses PC berbasis Linux. Pengguna bisa mengakses PC-PC tersebut dari PC lain maupun smartphone, baik yang menjalankan Android maupun iOS.

Terdapat fitur autentikasi dua faktor dan perizinan bertingkat pula untuk ekstra keamanan, disamping dukungan enkripsi untuk memastikan jika data-data pengguna tetap aman. Kerennya lagi, Dameware juga memiliki fitur screenshot dan perekam layar bawaan, bersama dengan live chat dan panggilan video konferensi layaknya Zoom.

Baca Juga: 7 Software Terbaik Rekam Layar saat Bermain Game di PC

4. Mikogo

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi Mikogo (softpedia.com)

Selanjutnya adalah Mikogo, software remote desktop yang tidak terlalu berfokus pada penggunaan untuk IT melainkan lebih ke arah penggunaan kolaboratif. Sama seperti yang lain, Mikogo memungkinkan pengguna untuk membagikan akses PC mereka, baik dari Windows maupun MacOS.

Untuk mengakses, pengguna tidak hanya bisa melakukannya di PC, tapi juga di platform mobile seperti Android dan iOS. Mikogo dirancang untuk kebutuhan meeting atau rapat di mana ada banyak fitur yang mendukung aktivitas tersebut VoIP berkualitas tinggi dan dukungan untuk membagikan akses layar PC bagi tiap anggota rapat.

5. Splashtop

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi Splashtop (pcmag.com)

Splashtop bukanlah satu software melainkan kumpulan software yang dirancang untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya remote desktop. Bagi mereka yang pekerja IT dengan tugas untuk mengatasi permasalahan pada PC-PC pekerja lain, Splashtop jadi software sempurna karena ini, menyediakan fitur bernama SOS yang menyediakan akses remote ke PC lain via kode sesi, termasuk reboot dan perekaman layar dari jarak jauh. Tidak hanya itu, software ini juga memiliki Splashtop Classroom yang memungkinkan pelajar untuk bergabung ke sesi pembelajaran via kode QR dari jarak jauh.

Baca Juga :   Kembangkan Software Baru, Ini yang Dilakukan Mercedes-Benz

6. WebEx Remote Support

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi WebEx Remote Support (cisco.com)

WebEx Remote Support merupakan software remote desktop yang difokuskan untuk kebutuhan troubleshooting. Lewat software ini, pengguna dapat mengakses PC orang lain dari jarak jauh untuk mengatasi masalah yang ada dengan cepat dan mudah.

Ketika sudah terhubung, semua akses terhadap PC terkait akan tersedia, mulai dari transfer file, remote printing, remote rebooting dan banyak lagi. Jika pengguna membutuhkan akses lebih banyak dari PC yang mereka kontrol dari jarak jauh, mereka bisa memanfaatkan fitur percakapan teks, suara atau video, yang telah disediakan.

7. Chrome Remote Desktop

7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewerilustrasi Chrome Remote Desktop (pureinfotech.com)

Terakhir adalah Chrome Remote Desktop, yang sempurna untuk mereka yang membutuhkan software remote desktop yang sederhana, mudah digunakan dan gratis. Software ini dirancang untuk orang-orang yang ingin mengakses PC mereka dari jarak jauh ketika sedang bepergian atau jauh dari PC mereka.

Chrome Remote Desktop berjalan di browser Chrome, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh apapun jika ingin menggunakannya. Yang dibutuhkan hanyalah membuat link lalu membagikan link tersebut ke PC yang ingin diakses. Tidak hanya dari PC, Chrome Remote Desktop juga mendukung akses dari perangkat mobile seperti smartphone.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa software remote desktop terbaik alternatif TeamViewer. Jika kamu punya rekomendasi software serupa, langsung tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 7 Software Tidak Penting yang Wajib Dihapus dari PC Kamu


Artikel ini bersumber dari : www.idntimes.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *