Kenali Macam-macam Software Akuntansi Sesuai Kebutuhan!

Posted on

[dropcap]D[/dropcap]engan makin berkembangnya teknologi, kini sudah banyak SaaS (software as a service) yang bisa membantu mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah software akuntansi dan pengelolaan keuangan.

Bagi pembaca yang masih belum familiar, yang dimaksud dengan SaaS adalah perangkat lunak yang bisa diakses oleh penggunanya tanpa perlu membeli sistem aplikasi itu sendiri ataupun menginstal program. Pengguna hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar dari perangkat agar bisa mengaksesnya.

Salah satu produk SaaS yang populer adalah software akuntansi. Namun, sebelum memutuskan membelinya, kita harus pahami terlebih dahulu jenis dan macam-macam software akuntansi yang memang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Baca juga: Rekomendasi 9 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone

Jenis-jenis software akuntansi

ilustrasi laptop carlos muza unsplash
ilustrasi software akuntansi (Foto: Carlos Muza/Unsplash)

Salah satu tips untuk menentukan software akuntansi terbaik yang akan digunakan untuk bisnis kita adalah menggunakan software yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini tentu berkaitan dengan fitur dan jenis-jenis SaaS khusus akuntansi itu sendiri.

Oleh karena itu, mari kita mengenali jenis-jenis software akuntansi berdasarkan skala bisnis.

1. Spreadsheet

Salah satu software accounting murah yang sering digunakan adalah spreadsheet. Apabila bisnis yang kita miliki adalah bisnis UMKM, maka menggunakan spreadsheet dirasa tepat.

Pasalnya, jumlah transaksi setiap periode atau setiap bulannya biasanya lebih sedikit dibandingkan perusahaan pada umumnya.

Kita juga bisa mengandalkan fitur sharing file kepada sesama tim dari divisi maupun rekan kerja. Kekurangan dari software ini hanya satu, yakni tingkat human error-nya sangat tinggi sehingga diperlukan ketelitian dalam mengelolanya.

2. Software akuntansi database

Biasanya, software jenis ini digunakan oleh perusahaan-perusahan besar dengan skala kompleksitas arus cash flow yang lebih rumit sehingga perusahaan perlu memiliki database dalam ruang yang cukup banyak.

Untuk menggunakan aplikasi keuangan yang satu ini dibutuhkan beberapa biaya yang cukup mahal, seperti biaya maintenance.

Baca Juga :   7 Software Remote Desktop Terbaik Alternatif TeamViewer

3. Software akuntansi cloud

Cara pemakaian software berbasis cloud adalah dengan mengandalkan koneksi internet. Biaya langganannya pun terbilang lebih murah dibandingkan yang lain.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan selain fitur pengelolaan keuangan adalah bisa mengakses software di mana saja dan kapan saja. Kita juga bisa menggunakan gadget yang berbeda-beda selama memiliki akses untuk mengoperasikannya.

Salah satu SaaS akuntansi terbaik adalah Spenmo dengan fitur andalannya yakni kartu kredit corporate. Dengan fitur ini, kita bisa membuat kartu kredit corporate fisik maupun virtual hanya dengan membuat akun di Spenmo. Kemudian, kita bisa memberikan kartu kredit ini kepada seluruh karyawan kita untuk berbagai keperluan seperti langganan online maupun biaya pemasaran atau iklan.

Tak perlu khawatir akan pengeluaran tak terkendali, sebab kita bisa menentukan dana di tiap kartu untuk mencegah pengeluaran berlebihan. Pun, kita dapat membekukan dan mencairkan pengeluaran hanya dengan satu klik.

Fitur tambahan lainnya pada software akuntansi cloud adalah kemudahan melakukan transfer ke luar negeri dengan pajak yang flat di setiap transaksi. Kita jadi lebih tenang karena seluruh pembayaran dan transaksi dilakukan di dalam satu aplikasi sehingga tidak sulit saat mencari riwayat transaksi.

Software akuntansi cloud ini sangat cocok untuk bisnis start-up dan bisnis-bisnis kecil lainnya karena biaya langganannya dibayarkan setiap bulan atau setiap tahunnya untuk akses yang diberikan.

4. Software akuntansi terinstal

Manfaat komputer dengan aplikasi akuntansi yang terinstal adalah kita tidak perlu mengandalkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Sebab, SaaS khusus akuntansi ini sudah terinstal di komputer atau laptop kita.

Kendati demikian, kekurangannya adalah kita jadi sulit berbagi data kepada divisi lain dan penggunaan software terbatas pada komputer atau laptop mana yang sudah diinstal software keuangan ini.

5. Software akuntansi enterprise resource planning (ERP)

Baca Juga :   Daftar Harga Laptop Asus Core i5 Terbaru dan Spesifikasi Lengkap!

Khusus untuk perusahaan besar dengan tingkat kompleksitas arus cash flow yang cukup tinggi dengan transaksi yang cukup banyak, disarankan menggunakan jenis software akuntansi ERP atau enterprise resource planning.

Software ERP ini memiliki fitur terintegrasi dengan seluruh database yang berasal dari divisi-divisi lain di dalam perusahaan.

Untuk mendapatkannya, biaya langganan yang dikeluarkan cukup mahal dan ada training khusus kepada pegawai dalam mengoperasikan SaaS akuntansi ini.

6. Software akuntansi custom

Sementara itu, bila membutuhkan software yang khusus dengan fitur-fitur yang hanya kita butuhkan maka bisa menggunakan kustomisasi. Biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal dibandingkan software lainnya, khususnya software ERP dan cloud.

Macam-macam software akuntansi

spenmo software akuntansi

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, maka selanjutnya adalah kita perlu mengetahui beberapa macam-macam software aplikasi akuntansi. Berikut ini software akuntansi yang bisa kita gunakan untuk membantu kelancaran bisnis, di antaranya:

  • Mind Your Own Business (MYOB)
  • Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
  • Krishand
  • Omega Accounting
  • Accurate Accounting
  • Quick Book
  • Spenmo
  • iTBrain Indonesia
  • Easy Accounting System (EAS)
  • Jurnal
  • Accurate
  • Harmony
  • Zahir Accounting
  • SISCOM Accounting Software
  • Omega Accounting
  • MAS Accounting
  • Fina Accounting
  • Abipro Accounting
  • Corcus Accounting
  • Acosys Accounting
  • Integrated System
  • MASERP
  • BEE Accounting

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi macam-macam aplikasi akuntansi yang bisa kita gunakan. Ingat, membeli atau menggunakan software akuntansi sesuai bisnis yang kita butuhkan.  Apabila memang kita masih bisa menggunakan yang murah atau gratis pun tidak masalah.

Selama fitur yang ditawarkan software accounting tersebut memang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, bila harus mencoba free trial dan berlangganan asalkan memang software tersebut yang dibutuhkan perusahaan tidak masalah untuk dibeli. Selamat mencoba.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News

Artikel ini bersumber dari : gizmologi.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *