15 Manfaat Lemon bagi Kecantikan Wajah dan Kesehatan Tubuh

Posted on

Di masa pandemi Covid-19, sebelumnya banyak orang berbondong-bondong membeli produk minuman mengandung vitamin C. Konsumsi vitamin C dapat meningkatkan imun tubuh sehingga virus tidak dapat menginfeksi tubuh.

Salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C ialah lemon. Sama halnya dengan jenis buah lainnya, bahwa lemon juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kecantikan wajah. Selain itu buah lemon juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan yang banyak digunakan dalam kosmetik. Namun buah lemon juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, karena akan memicu masalah kesehatan lainnya.

Inilah manfaat lemon dan efek sampingnya bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Lemon

Berdasarkan data dari Food Data Central Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan jeruk lemon adalah sebagai berikut.

-Kalori: 29 kal.

-Karbohidrat: 9,3 g.

-Air: 89%.

-Protein: 1,1 g.

-Gula: 2,5 g.

-Serat: 2,8 g.

-Lemak: 0,3 g.

-Vitamin A: 1 microgram.

-Vitamin C: 53 miligram.

-Vitamin E: 0,15 miligram.

-Vitamin B1 (Tiamin): 0,04 miligram.

-Vitamin B2 (Riboflavin): 0,02 miligram.

-Vitamin B3 (Niasin): 0.01 miligram.

-Vitamin B5 (Asam pantotenat): 0,019 miligram.

-Vitamin B6 (Piridoksin): 0,08 miligram.

-Vitamin B9 (Folat): 11 microgram.

-Kolin: 5,1 miligram.

-Kalsium: 26 miligram.

-Zat besi: 0,6 miligram.

-Magnesium: 8 miligram.

-Fosfor: 16 miligram.

-Kalium: 138 miligram.

-Sodium: 2 miligram.

-Seng: 0,06 miligram.

-Tembaga: 0,04 miligram.

-Mangan: 0,03 miligram.

-Selenium: 0,04 microgram.

Ilustrasi manfaat konsumsi lemon bagi kesehatan tubuh. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi manfaat konsumsi lemon bagi kesehatan tubuh. (Foto: Istimewa)

Manfaat Konsumsi Lemon bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah manfaat atau khasiat dari konsumsi buah lemon yang perlu bagi kesehatan.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat buah atau mengonsumsi air lemon dapat membantu melancarkan pencernaan. Air lemon memang dipercaya dapat menjadi minuman pencahar alami sehingga mencegah kondisi sembelit.

Dikutip dari Cleveland Clinic, kandungan asam dan serat pektin yang terdapat pada buah lemon dapat membantu menguraikan makanan di dalam perut.

2. Menjaga sistem imun

Lemon mempunyai kandungan vitamin C. yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Tidak hanya itu saja, vitamin C juga menjadi salah satu asupan yang cukup penting karena tubuh tidak bisa memproduksi dengan sendirinya.

3. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon juga bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke, karena adanya senyawa di dalam lemon, yaitu hesperidin dan diosmin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Perlu diketahui juga bahwa kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu penyakit jantung.

4. Mencegah anemia

Buah lemon juga mengandung salah satu jenis mineral, yaitu zat besi. Manfaat zat besi dalam buah lemon berguna untuk menjaga keseimbangan sel darah merah.

Baca Juga :   Keisengan Membawa Berkah! Cuma Gosok Kulit Singkong ke Wajah 3 Kali Seminggu, Perubahan Luar Biasa Akan Terjadi, Takjub Banget - Semua Halaman

Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin pada sel darah merah. Kondisi yang juga disebut sebagai anemia defisiensi besi yang bisa membuat tubuh mengalami sesak napas dan tidak bertenaga.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah lemon juga bermanfaat dan berkhasiat untuk menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan makanan lainnya.

5. Membantu mengurangi berat badan

Sebagian orang mengonsumsi air hangat dicampur perasan lemon untuk membantu menurunkan berat badan. Dikarenakan lemon dipercaya dapat membakar lemak di dalam tubuh. Namun, hal tersebut belum ada penelitian yang membuktikan manfaat air lemon adalah untuk menurunkan berat badan.

Campuran air dan lemon juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Maka dari itu, minum air lemon untuk diet disinyalir mampu menahan asupan kalori sehingga berat badan tubuh pun juga akan menurun.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Kandungan mineral dalam buah lemon seperti kalsium dan juga kalium, bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan serta kepadatan tulang dan juga otot. Lalu, kedua jenis mineral ini juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

7. Menyembuhkan luka

Lemon adalah sumber vitamin C yang luar biasa yang dapat menyembuhkan luka dan melindungi kekuatan tulang, apalagi gigi. Sementara itu, bioflavonoid yang ada dalam lemon dapat mencegah sel kanker naik dan menyebar. Selain itu, antioksidan dalam lemon membantu mengurangi gejala peradangan dan radang sendi.

Ilustrasi manfaat lemon bagi kecantikkan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi manfaat lemon bagi kecantikkan. (Foto: Istimewa)

Manfaat Lemon bagi Kecantikkan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, lemon juga bermanfaat bagi kecantikan.

1. Mengatasi jerawat

Lemon mengandung asam sitratnya, buah lemon memiliki sifat astringen alami, yaitu zat kimia alami berbasis air dan bermanfaat untuk membersihkan wajah.

Kandungan astringen juga mampu mengencangkan pori-pori dan dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang merupakan faktor utama tumbuhnya jerawat.

Tingkat keasaman lemon yang cukup tinggi juga memiliki efek antibakteri atau antimikroba yang dapat membantu mengurangi inflamasi sehingga dapat mencegah jerawat tumbuh dan meradang.

Akan tetapi, terapi perasan buah lemon untuk mengobati jerawat ini tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah kulit sensitif, karena justru dapat memicu peradangan dan membuat wajah merasakan sensasi panas dan juga gatal.

2. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu banyak sekali produk pencerah wajah yang mengandung ekstrak lemon.

Kulit juga membutuhkan vitamin C, karena antioksidan di dalamnya dapat bertindak sebagai pelindung sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

3. Meredakan gatal

Lemon juga membantu meredakan gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, bahwa perasan buah lemon memiliki sifat anti jamur.

Baca Juga :   5 Urutan Skincare Malam yang Baik dan Benar

Lemon juga dapat membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

4. Mengurangi tanda Penuaan

Menurunnya kadar kolagen dalam kulit juga menjadi faktor timbulnya bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam. Munculnya gejala tersebut juga dianggap sebagai beberapa tanda kulit sudah mengalami tanda-tanda penuaan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis-garis halus.

5. Menghilangkan komedo

Lemon mengandung asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari Alpha Hydroxy Acid (AHA ) yang merupakan sekelompok asam dari tumbuhan dan hewan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Produk yang biasanya mengandung AHA adalah produk perawatan anti-aging harian, seperti serum, toner, dan krim. Zat ini juga dapat membantu dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

6. Menyehatkan kulit dan rambut

Lemon campur teh hijau kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Sifat antiseptik dan antibakteri dalam bahan tersebut dapat melindungi kulit dari infeksi. Vitamin A dengan C memerangi pembuatan DHT di kulit kepala yang pada gilirannya mengaktifkan pertumbuhan rambut. Selain itu lemon dan teh hijau juga mampu membuat rambut halus dan bercahaya.

7. Menjadi scrub bibir

Selain berguna untuk mengangkat sel kulit mati, buah lemon dapat dipakai pada area bibir untuk membuat scrub bibir sendiri. Kandungan AHA pada jus lemon akan bekerja efektif sebagai eksfoliator kimia yang melonggarkan sel-sel kulit mati.

Campuran lemon dengan gula bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru pada bibir. Lemon yang dipadukan dengan gula dapat membuat permukaan bibirmu terasa lebih halus.

Caranya potong lemon menjadi dua bagian dan taburkan gula di bagian atasnya. Setelah itu, oleskan lemon pada bibir dengan gerakan memutar secara perlahan.

Kemudian diamkan selama 15 menit, bilas dengan air, dan lakukan ritual ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan bibir yang lebih halus. Namun, cara ini tidak disarankan untuk bibir yang sedang iritasi atau mengalami masalah.

8. Mengatasi wajah berminyak

Kulit berminyak dapat diartikan sebagai kondisi kelenjar sebasea pada kulit yang menghasilkan sebum berlebih. Kondisi kulit berminyak akan membuat wajah tampak kusam.

Kandungan nutrisi pada buah lemon dipercaya efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang mengganggu penampilan dan tampilan wajah. Lemon dengan kandungan asam sitrat bekerja sebagai astringen untuk membantu mengatasi wajah berminyak.

Efek Samping pada Lemon

Lemon memang kaya akan antioksidan dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi lemon bisa memicu masalah kesehatan. Mengutip dari Kompas.com, minum air lemon terlalu banyak bisa memicu heartburn, mual dan muntah.

Menurut American Dental Association minum air lemon secara berlebihan bisa memperburuk sariawan. Tidak hanya itu, terlalu banyak konsumsi air lemon memicu meningkatnya produksi urine di ginjal dan pada kasus tertentu menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah lemon secukupnya.


Artikel ini bersumber dari : www.ngopibareng.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *