5+ Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Anda Hindari!

Posted on

Tidak hanya menjaga makanan saja, namun sebagai calon ibu pun harus memperhatikan apa saja minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Selama kehamilan, Anda wajib benar-benar lebih berhati-hati saat memilih konsumsi sehari-hari. Pasalnya semua asupan akan berdampak pada kesehatan janin.

Daftar Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Penting Anda tahu dalam ilmu parenting, bahwa ibu hamil memerlukan cairan lebih banyak guna menunjang perkembangan janin. Karena hal itu, wajib untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun ternyata tidak semua jenis minuman dapat dikonsumsi begitu saja. Berikut ini beberapa harus dihindari:

1. Minuman Tinggi Kafein

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ada banyak perempuan yang justru mengeluh apabila harus menghindari minuman berkafein. Pasalnya sebagian besar dari mereka sudah menjadikan aktivitas minum kopi adalah kegiatan wajib di pagi hari. Meski bukan minuman yang dilarang untuk ibu hamil, namun tidak baik bagi bumil muda.

Setidaknya selama masa kehamilan, Anda bisa mengurangi konsumsi minum kopi. Hal ini pun berdasarkan dengan First Cry Parenting. Usahakan saja mengonsumsi kopi sedikit mungkin khususnya di trimester pertama. Hal ini berkaitan pada hubungan kafein dengan resiko keguguran yang cukup tinggi.

2. Jus dan Susu yang Tidak Melewati Pasteurisasi

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Mungkin Anda berpikiran bahwa jus dan susu adalah asupan yang sehat selama kehamilan. Namun ternyata kedua jenis minuman tersebut harus tetap diperhatikan. Salah satunya jika tidak melewati proses pasteurisasi. Anda pun harus menghindarinya karena cukup berdampak pada kesehatan janin.

Baca Juga :   Ciri Hamil Kosong, Ibu Hamil Wajib Periksa

Perlu Anda tahu bahwa pasteuriasi adalah proses yang mematikan mikroba dan bakteri di dalam produk susu. Menurut jurnal dari Foodborne Pathogens and Disease menyebutkan jika ibu hamil mengonsumsi sekotak jus yang tidak melewati tahap tersebut, maka bakteri di dalamnya masih bertahan dan berbahaya.

3. Alkohol

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Alkohol memang dikenal berbahaya bagi kesehatan. Pastinya minuman tersebut juga berdampak negatif pada ibu hamil dan kesehatan janin. Berdasarkan penelitian dari American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa tidak ada sama sekali kandungan di dalam alkohol yang aman.

Segala jenis alkohol mulai dari bir, anggur hingga minuman keras sama-sama beresiko untuk ibu hamil. Hal ini karena minuman satu ini bisa meningkatkan resiko keguguran. Bahkan pada jumlah kecil pun bisa berdampak negatif pada perkembangan otak janin di dalam kandungan. Anda bisa mengecek bahaya lainnya dengan membaca di kategori blog berikut.

4. Sari Rumput Gandum

Rumput gandum memiliki nama lain yakni wheatgrass dipercaya mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sangat sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa jenis minuman tersebut berdampak positif bagi kehamilan. Hal ini karena berhubungan dengan keberadaan jamur dan mikroba.

Rumput gandum akan dipanen dalam kondisi lembab sehingga menjadi tempat yang optimal bagi mikroba bertahan hidup. Hal ini menjadi alasan mengapa sari rumput gandum termasuk salah satu minuman yang dilarang untuk ibu hamil.

5. Minuman Manis dalam Jumlah Banyak

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Tidak hanya berlaku bagi ibu hamil saja, konsumi minuman manis yang terlalu banyak memang tidak baik bagi kesehatan. Seorang dokter kandungan bernama Amos Grunebaum menyebutkan bahwa kehamilan akan memiliki resiko tinggi bagi perempuan dengan gula darah yang tinggi.

Baca Juga :   Ibu Hamil Makan Mie Instan, Berikut 4 Tips Aman Konsumsinya!

Pada kondisi sehatan yang baik, memang tidak masalah jika ingin mengonsumsi gula selama masa kehamilan. Namun Anda harus tetap mempertimbangkan apakah cukup untuk memenuhi batas konsumsi harian gula atau justru melebihinya.

6. Minuman Teh Kombucha

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Bagi Anda yang belum tahu, kombucha merupakan minuman teh berbuih sebagai hasil fermentasi. Sudah cukup banyak orang menyukainya. Selain itu juga dianggap sebagai minuman kesehatan karena mempunyai segudang manfaat.

Namun ternyata teh kombucha ini termasuk ke dalam salah satu minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Alasannya adalah karena minuman ini mengandung alkohol paling besar 0,5% akibat proses fermentasi. Selain itu juga memiliki kandungan kafein dan tidak menjalani proses pasteurisasi.

Masih ada beberapa minuman yang dilarang untuk ibu hamil perlu Anda ketahui mulai dari minuman energi, soda dan kunyit asam karena mengandung asam tinggi. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa cek pada situs nvintan. Ada berbagai tips dan trik menarik selama kehamilan demi menjaga janin tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *