6 Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan, Fakta atau Mitos?

Posted on

Ibu hamil pastinya sudah pernah mendengar apa saja perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan. Beberapa mitos mengatakan jika jenis kelamin janin dapat Anda lihat selama kehamilan. Pada umumnya, hal ini hanya dapat diketahui melalui USG agar lebih akurat.

6 Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan         

Beberapa orang percaya bahwa ada perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan. Mungkin saja Anda juga mempercayainya. Hal ini sepenuhnya belum terbukti kebenarannya namun sebagian ibu hamil ternyata mempercayainya. Jika Anda belum melakukan tes USG, bisa menyimak ciri-cirinya di bawah ini.

1. Morning Sickness

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Morning Sickness di pagi hari ternyata bisa memperlihatkan jenis kelamin dari bayi. Apabila Anda merasakannya cukup parah, maka mitosnya adalah sedang mengandung anak perempuan. Jika tidak mengalaminya, maka artinya sedang hamil anak laki-laki.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan morning sickess dengan jenis kelamin bayi. Sebuah studi di tahun 2017 menyebutkan bahwa kehamilan perempuan lebih sering mengalami resiko infeksi. Meski begitu, morning sickness tetap terjadi pada 70-80% perempuan hamil.

2. Detak Jantung

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selanjutnya, perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan terletak pada detak jantungnya. Anda bisa mengeceknya secara mandiri pada janin yang sedang dikandung. Apabila di bawah 140 per menitnya, maka artinya sedang mengandung bayi laki-laki.

Sementara jika detak jantung janin ada di atas 140 per menit lebih sering dikaitkkan pada anak perempuan. Namun penelitian yang dilakukan tidak sesuai dengan kepercayaan tersebut. Hal ini karena tidak ada perbedaan signifikan antara detak jantung dengan jenis kelamin janin.

Baca Juga :   Yakult untuk Ibu Hamil, Aman atau Berbahaya?

3. Perubahan Rambut dan Kulit

 

Sebagian besar orang percaya jika ibu akan berjerawat ketika hamil anak perempuan. Sementara kulit ibu lebih terlihat bersinar jika mengandung anak-laki-laki. Selain itu, rambutnya pun juga tumbuh subur dan berkilau. Klaim ini sebenarnya belum terbukti benar dari sebuah penelitian dan studi akan kasus tersebut.

Perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan yang berhubungan dengan rambut dan kulit memang tidak berkaitan. Pasalnya gejala ini disebabkan karena hormon sehingga bisa berpengaruh ke ibu hamil dengan respon berbeda-beda. Jadi rambut dan kulit yang berubah saat hamil bisa saja berbeda setiap bumil.

4. Mengidam

Perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan juga tampak dari kebiasaan mengidam para ibu hamil. Ketika mengandung anak laki-laki, sebagian besar ibu hamil akan lebih sering mengonsumsi makanan yang gurih dan asin. Kebalikannya, jika jenis kelaminnya perempuan, akan suka makanan yang manis.

Namun sebenarnya belum ada penelitian yang kuat mengenai hal tersebut. Ngidam dari setiap ibu hamil bisa terjadi karena kebutuhan nutrisi, perubahan hormon hingga kondisi psikis. Anda pun bisa melihat informasi menarik lainnya terkait kehamilan dengan mengunjungi kategori blog.

5. Perubahan Postur Tubuh

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Perut ibu yang tampak besar dan baik pada umumnya menjadi ciri-ciri bumil sedang mengandung anak perempuan. Kebalikannya adalah jika tidak mengalami kenaikan berat badan secara signifikan, maka kepercayaannya ialah jenis kelamin dari janin laki-laki.

Sebuah studi pada jurnal Birth menyatakan bahwa perubahan postur tubuh ibu tidak berhubungan dengan jenis kelamin yang sedang dikandung. Hal ini mungkin hanya berkaitan pada ukuran janin dan bentuk rahimnya. Ternyata kepercayaan seperti ini menjadi salah satu ilmu parenting yang cukup penting.

Baca Juga :   Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Wajib Konsumsi Bagi Bumil!

6. Perubahan Mood Ibu Hamil

Ibu hamil yang mudah mengalami depresi, tersinggung atau bahkan marah dipercaya sedang hamil anak perempuan. Justru ketika bumil memiliki mood selalu bahagia dan senang setiap harinya, kemungkinan besar mengandung anak laki-laki. Faktanya hal ini pun sebenarnya tidak saling berhubungan.

Perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan juga bisa Anda lihat dari perbedaan warna urine. Apabila cenderung berwarna gelap, maka menandakan sedang hamil anak laki-laki. Sedangkan jika warnanya adalah kuning kusam, ini artinya tengah mengandung bayi dengan jenis kelamin perempuan.

Itulah tadi 6 perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan yang mungkin bisa Anda percaya. Namun beberapa diantaranya masih belum terbukti kebenarannya. Jadi alangkah lebih baik untuk tetap melakukan tes USG. Untuk informasi bermanfaat tentang kehamilan lainnya, akses saja di situs nvintan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *