6 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Beresiko bagi Janin!

Posted on

Tahukah Anda bahwa ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Pengetahuan seperti ini harusnya sudah menjadi hal basic dalam ilmu parenting. Selama masa kehamilan, bumil harus banyak mengonsumsi buah dan sayur. Namun tetap saja jangan pernah sembarangan saat memakannya.

Daftar Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Dari banyaknya jenis buah-buahan yang ada, ternyata ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Meskipun manfaatnya memang beragam dan sangat baik bagi kesehatan bumil dan janin. Tetap saja harus memperhatikan apa saja resikonya setelah mengonsumsinya.

1. Anggur Menyebabkan Hormon Kurang Stabil

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah anggur memang terasa begitu menyegarkan. Namun ternyata termasuk ke dalam buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bahkan mereka pun jarang menyadarinya. Alasannya adalah karena mengandung resveratrol. Efeknya adalah bisa membuat hormon jadi kurang stabil.

Senyawa tersebut sebenarnya merupakan bagian dari antioksidan di dalam anggur merah. Seperti yang Anda tahu, masa kehamilan merupakan masa paling sensitif bagi perempuan karena perubahan hormon termasuk progesteron. Jadi lebih baik untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu.

2. Nanas Meningkatkan Resiko Keguguran

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Nanas akan terasa begitu menyegarkan. Mungkin saja Anda sudah biasa menyantapnya dengan bumbu rujak atau langsung. Namun ternyata termasukpada buah yang dilarang untuk ibu hamil. Resikonya pun cukup berbahaya karena mengandung enzim bromelain guna memecah protein.

Baca Juga :   7 Vitamin Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Bayi

Dengan fungsi tersebut, akhirnya membuat enzim bromelain mampu melunakkan leher rahim dimana  sebagai penghubung antara vagina dengan mulut rahim. Sebuah studi Ecology of Food and Nutrition 2010 menyebutkan jika serviks yang lunak bisa mengakibatkan keguguran hingga persalinan dini.

3. Semangka Menyebabkan Diabetes Gestasional

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Semangka sebenarnya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan ginjal dan menurunkan tekanan darah. Bahkan pada beberapa studi juga menyebutkan jika semangka ini bisa mencegah terjadinya kanker hingga meningkatkan kesehatan mata karena tinggi vitamin A.

Namun, semangka termasuk ke dalam kelompok buah yang dilarang untuk ibu hamil. Hal ini karena buah tersebut mengandung sifat diuretik. Dampaknya bisa membuang nutrisi di dalam bumil dan janinnya dimana sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, juga meningkatkan kadar glukosa darah.

4. Durian, Mengandung Alkohol

Bagi sebagian perempuan memang setuju bahwa aroma terasa sangat menggoda. Terlebih jika Anda meminumnya dengan es. Namun nyatanya, buah berukuran besar dan terasa sangat legit ini termasuk pada buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bahkan bumil dilarang untuk memakannya.

Selain itu, durian juga sudah terkenal dengan buah yang bisa menggugurkan kandungan ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena buah tersebut mengandung alkohol dan asam arachidonat. Karbohidrat dan gullanya pun sangat tinggi sehingga beresiko janin kelebihan berat badan.

5. Pepaya, Menyebabkan Kontraksi

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, ibu hamil akan senang untuk mengomsumsi rujak yang terdiri dari buah pepaya. Namun nyatanya, Anda pun dilarang memakannya khususnya jika sedang dalam kondisi mentah. Hampir sama seperti durian, buah ini memiliki kandungan lateks sehingga menyebabkan kontraksi.

Konsumsi pepaya matang sebenarnya bukan suatu hal yang membahayakan. Namun akan berbahaya apabila Anda harus mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Selain lateks, buah ini mengandung enzim papain. Efeknya yakni menyebabkan induksi pada persalinan.

Baca Juga :   Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil, Tips Aman Bagi Bumil

6. Melon, Beresiko Cacat Janin dan Lahir Prematur

Tidak semua melon termasuk ke dalam buah yang dilarang untuk ibu hamil. Larangan ini hanya berlaku pada jenis melon merah dan cantaloupe. Pasalnya akan berdampak pada kelahiran prematur hingga cacat akibat kulit luarnya bisa saja tercemar bakteri.

Salah satu bakteri yang hidup pada kulit luar melon adalah Salmonella. Bisa terancam akibat virus Toxoplasma. Virus TORCH tidak berbahaya bagi tubuh normal namun membahayakan bumil sehingga tergolong dalam larangan saat kehamilan. Cek larangan buah untuk bumil lainnya di kategori blog.

Ada beberapa daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil dan wajib untuk Anda patuhi. Hal ini bertujuan demi kesehatan bumil sekaligus janinnya. Maka dari itu, jangan sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Baca artikel bermanfaat lainnya mengenai kehamilan dengan mengakses nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *