Feeling Hamil Sebelum Telat Haid, Simak 4 Tanda Kehamilan Lainnya

Posted on

Bagi pasangan suami istri yang sedang menantikan kehadiran buah hati tentu tengah menjalankan berbagai upaya program hamil. Mulai dari rutin berhubungan seksual, meninggalkan alat kontrasepsi hingga menentukan posisi seks. Namun bagaimana jika sudah muncul feeling hamil sebelum telat haid?

Feeling Hamil Sebelum Telad Haid

Feeling Hamil Sebelum Telat Haid

Apabila Anda merasakan feeling hamil sebelum telat haid, maka jangan terlalu yakin terlebih dahulu. Hal ini karena hanya mengandalkan perasaan saja juga belum tentu benar. Bisa saja hanya didasarkan atas harapan dari ibu sendiri. Untuk mengetahuinya secara pasti, maka bisa mengetesnya langsung.

Anda harus memperhatikan apa saja gejala yang muncul selain telat haid. Nantinya harus dilengkapi dengan tes kehamilan baik secara mandiri maupun di rumah sakit. Untuk itu, Anda pun harus mengenali gejala apa saja yang muncul.

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah telat haid selalu menjadi pertanda kehamilan? Tentu saja jawabannya tidak. Berikut beberapa gejala penting untuk Anda pahami selain menstruasi yang terlambat.

  • Payudara menjadi lebih sensitif dan lembut
  • Warna aerola payudara berubah warna jadi lebih gelap
  • Tubuh mudah lelah
  • Muncul rasa mual khususnya di pagi hari
  • Keputihan lebih sering
  • Munculnya pendarahan pada implantasi
  • Suhu tubuh basal yang meningkat
  • Perut terasa kembung

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Mengenai Telat Haid Sebelum Hamil

Feeling hamil sebelum telat haid memang seringkali dirasakan oleh calon ibu hamil. Perasaan ini bisa saja muncul karena keinginan mereka terlalu kuat untuk segera memiliki momongan. Namun dalam hal parenting sendiri, hal ini juga wajar terjadi.

Baca Juga :   Kemudahan Buka Tabungan Online, Bisa Sambil Rebahan

1. Melakukan Tes Kehamilan

Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi feeling hamil sebelum telat haid adalah dengan melakukan tes kehamilan. Saat ini sudah ada banyak alat tes yang tersedia di minimarket, apoket atau supermaket. Calon ibu pun bisa mengetesnya sendiri secara mandiri di rumah sesuai prosedurnya.

Waktu pemakaian test pack juga turut menentukan hasil yang akurat atau tidak. Alat uji kehamilan ini alangkah lebih baik digunakan kurang lebih satu minggu sebelum telat haid atau pagi hari ketika bangun tidur. Pada waktu tersebut, hormon kehamilan sedang meningkat sehingga lebih mudah terdeteksi.

2. Kapan Bisa Merasakan Gejala Kehamilan?

Kehamilan merupakan proses yang cukup kompleks karena terdiri dari beberapa tahap kehamilan. Ciri-ciri hamil sebelum haid terlambat yang sebelumnya tidak terasa mulai terasa. Namun harus diingat bahwa setiap perempuan akan memiliki tanda-tanda berbeda sehingga tidak dapat Anda samakan.

Misalnya ketika Anda merasakan mual dan muntah di seiap pagi, sementara bumil lainnya hanya merasakan mual saja tanpa muntah. Sedangkan ibu hamil berikutnya sama sekali tidak mengalaminya. Untuk itu, perasaan feeling hamil sebelum telat haid juga bisa dirasakan oleh siapa saja bahkan Anda.

3. Batas Telat Haid sebagai Tanda Kehamilan

Anda pun bisa menduga sedang mengalami tanda-tanda kehamilan selama 35 hari atau lebih. Khususnya jika sudah ada gejala hamil yang ikut dirasakan. Namun bisa jadi keterlambatan menstruasi ini bukan karena tumbuhnya janin. Ada beberapa penyebab mengapa seorang perempuan telat haid.

  • Stress berlebih
  • Pola makan tidak teratur
  • Tidak menerapkan konsep makan gizi seimbang
  • Masalah berat badan, kelebihan maupun kekurangan
  • Terdapat gangguan pada organ reproduksi
  • Pengaruh efek samping obat-obatan
  • Memasuki masa perimenopause, usia menjelang menopause
Baca Juga :   6 Obat Batuk untuk Ibu Hamil Aman di Apotik

4. Perbedaan Hamil dan Telat Haid

Feeling Hamil Sebelum Telat Haid

Feeling hamil sebelum telat haid juga perlu Anda perkuat dengan beberapa berpedaan hamil dan menstruasi yang terlambat. Ada banyak wanita yang mempunyai siklus menstruasi lebih panjang dan pendek atau bahkan tidak teratur. Anda bisa membaca informasi menarik lainnya di kategori blog.

Bagi perempuan yang memiliki siklus haid teratur, maka lebih mudah untuk mendeteksi tanda-tanda kehamilan. Berbeda pada beberapa wanita jika masa menstruasinya kurang teratur, lebih sulit dalam memperkuat feeling hamil sebelum telat haid tanpa adanya pemeriksaan secara akurat.

Munculnya feeling hamil sebelum telat haid memang bisa saja terjadi bagi perempuan manapun. Anda pun mungkin juga pernah mengalaminya. Untuk informasi bermanfaat lain terkait kehamilan, maka bisa mengecek artikel lainnya di web nvintan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *