5+ Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil, Tetap Aman dan Mudah!

Posted on

Bumil jangan sampai kekurangan gizi karena akan berdampak pada bayi yang lahir nantinya. Resikonya adalah kelahiran bayi dengan berat di bawah normal. Lantas bagaimana cara menaikkan berat badan saat hamil? Pasalnya hal ini jadi pertanda jika janin di dalamnya justru berkembang dengan baik.

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Dalam ilmu parenting, tentu Anda sudah tidak kaget lagi ketika seorang ibu hamil harus konsumsi makanan sehat dan seimbang. Tujuannya adalah memenuhi kebutuhan gizi dari ibu sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Untuk itu, berikut beberapa cara menaikkan berat badan saat hamil.

1. Lebih Sering Makan

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Terkadang berat badan saat hamil tidak bertambah karena sudah merasa perut terlalu padat. Sampai akhirnya membuat Anda tidak bisa lagi konsumsi kalori ekstra saat makan. Salah satu cara menaikkan berat badan saat hamil adalah dengan memakan makanan lebih sering meski dalam porsi seperti biasanya.

Dengan begitu, Anda pun akan memiliki kemampuan untuk memperbanyak kalori ekstra sehari-hari. Cara ini pun juga membantu untuk mengatasi keluhan selama kehamilan seperti mual, muntah dan perasaan sembelit. Bumil bisa makan pada porsi kecil sebanyak 5 hingga 6 kali dalam satu hari.

2. Membawa Bekal Makanan ketika Bepergian

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Apabila Anda sering beraktivitas di luar rumah, maka membawa bekal menjadi cara menaikkan berat badan saat hamil. Bawa saja makanan yang mudah dan praktis sehingga tetap tidak akan menyulitkan ketika hendak membawanya. Selain itu juga tidak perlu repot saat mempersiapkannya.

Baca Juga :   Keputihan pada Ibu Hamil, Wajib Tahu Penyebab dan Cara Pencegahannya

Anda bisa membawa bekal seperti jus buah, salad buah, yogurt dan lainnya. Buah selalu menjadi camilan yang sehat guna menaikkan berat badan selama kehamilan. Beberapa jenisnya seperti jerk, pisang, apel dan pir. Pasangkan juga dengan almond atau kacang agar sekaligus memenuhi kebutuhan protein.

3. Memilih Minuman dengan Kalori Tinggi

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Salah satu cara menaikkan berat badan saat hamil yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan memilih jenis minuman berkalori. Jadi tubuh tidak hanya mendapatkan sumber kalori dari makanan saja melainkan dari minuman. Trik seperti ini akan terasa praktis bagi perempuan yang mudah merasa kenyang.

Anda bisa membuat jus buah atau smoothie dengan menambahkan susu ke dalamnya. Jangan lupa untuk menggunakan bubuk protein sehingga bisa meningkatkan jumlah kalori. Campuran buah, susu, almond atau jenis kacang lainnya menjadi opsi bekal minuman yang dapat dibawa saat bepergian.

4. Memilih Camilan Ringan yang Tinggi Kalori

Mungkin sebelum hamil, Anda hanya sekedar memilih camilan tanpa memperhatikan kandungan di dalamnya. Kali ini, sebagai ibu hamil pun harus lebih paham bagaimana cara menghitung kalori. Ada beberapa sumber makanan yang dapat dipilih seperti telur rebus, keju dan yoghurt.

Ketiga pilihan makanan tersebut tidak akan menyebabkan Anda merasa mudah kenyang ketika memasukkannya ke dalam perut. Jadi pilih saja makanan yang bersifat padat kalori sebagai salah satu cara menaikkan berat badan saat hamil.

5. Menambahkan Suplemen

Bubuk protein dapat Anda tambahkan ke dalam makanan untuk memperoleh protein tambahan ketika sedang makan. Beberapa orang memilih mencampurkannya bersamaan dengan milkshake sehingga tidak bosan saat mengonsumsinya. Jika kurang nyaman, maka bisa juga memilih jenis snack bar.

Saat ini sudah ada banyak snack bar yang memang dirancang bagi perempuan hamil. Bumil pun juga bisa mencari resep dan membuatnya sendiri di internet. Namun untuk tips ini dapat Anda konsultasikan bersama dokter apakah menjadi cara menaikkan berat badan saat hamil yang aman atau tidak.

Baca Juga :   Inilah 6 Flek Coklat saat Hamil Muda, Bukan Jadi Tanda Keguguran!

6. Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil

Cara menaikkan berat badan saat hamil yang terakhir adalah bisa Anda lakukan dengan konsumsi susu. Tidak hanya mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat saja, namun akan lebih baik apabila sekaligus menjaga asupan secara seimbang.

Peran dari susu ibu hamil pun tidak kalah pentingnya. Hanya saja Anda perlu memilihnya secara cermat. Saat ini sudah ada banyak produk khusus bumil yang aman dan tersedia di pasaran. Jika masih bingung, cek saja rekomendasinya terbaiknya di kategori blog pada situs ini.

Itulah tadi kumpulan cara menaikkan berat badan saat hamil yang dapat Anda lakukan dengan rutin tiap harinya. Pasalnya apabila bumil justru memiliki BB rendah, pastinya akan berdampak juga pada perkembangan janin. Cek tips kehamilan lainnya di situs nvintan untuk dapatkan artikel bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *