Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Wajib Konsumsi Bagi Bumil!

Posted on

Ada berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang perlu Anda tahu. Hal ini karena ada banyak nutrisi bermanfaat di dalamnya mulai dari tiamin, asam folat hingga zat besi. Ketiga zat tersebut memang dibutuhkan oleh perempuan selama masa kehamilan sehingga perlu mengomsunsinya secara rutin.

Apa Saja Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil?

Ternyata ada segudang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sehingga menjadikannya alasan bagi Anda agar mengonsumsinya secara rutin. Sebenarnya kandungan nutrisinya memang bermanfaat untuk semua orang bukan hanya sekedar bumil saja. Info lengkapnya dapat dicek di kategori blog berikut ini.

1. Berperan Penting dalam Perkembangan Bayi

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Sejala jenis kacang-kacangan memang memiliki manfaat baik bagi ibu hamil. Anda akan merasakan khasiatnya dari kacang hijau. Sebuah penelitian dari Food Chemistry menyebutkan jika jenis makanan ini menjadi salah satu sumber asupan protein nabati dimana bumil pun tetap membutuhkannya.

Kacang hijau memiliki kandungan asam amino yang tinggi mulai dari leusin, isoleusin, valin, lisin, fenilalanin, arganin dan lain sebagainya. Perlu bumil ketahui, bahwa tubuh ini tidak bisa memproduksi asam amino esensial sendiri jadi harus mendapatkannya dari asupan makanan, salah satunya kacang hijau.

2. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Tidak hanya bermanfaat dalam perkembangan janin, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga berhubungan dengan tekanan darah. Sebagai bumil, bisa saja mengalami darah tinggi karena berbagai penyebab. Hal ini pun juga didukung dengan studi milik Circulation.

Baca Juga :   Memulai Bisnis Klinik Kecantikan Dengan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa kacang hijau memiliki kandungan magnesium, serat dan potasium cukup tinggi. Penelitian ini menghubungkan zat nutrisi dengan resiko tekanan darah yang mampu menurun secara signifikan. Selain itu juga mengandung antioksidan demi menjaga kekebalan tubuh.

3. Berperan sebagai Sumber Folat Selama Masa Kehamilan

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, seorang perempuan akan disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi asam folat. Nutrisi ini penting sekali dalam perkembangan dan pertumbuhan bagi janin di dalam kandungan. Hal ini juga didukung oleh hasil penelitian dari Reviews in Obstetics and Gynecology.

Studi tersebut menyebut bahwa sebagian besar bumil yang tidak mendapatkan folat dalam jumlah cukup akan memiliki resiko cacat lahir lebih tinggi. Anda pun bisa menurunkan resiko tersebut dengan rutin mengonsumsi kacang hijau. Jika bingung dengan  menu olahannya, cek saja pada tag parenting di situs ini.

4. Berperan dalam Menunjang Perkembangan Otak Janin

Salah satu zat nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau adalah thiamin. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Tentu saja fungsi tersebut berhubungan dengan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Walau sedang hamil, Anda pun tetap harus memenuhi kebutuhan tiamin guna menjaga kesehatan bayi saat lahir. Tidak hanya berperan untuk memperbaiki fungsi otot, jantung dan sistem saraf, kandungan senyawa tersebut juga bermanfaat dalam menunjang perkembangan otak janin.

5. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikutnya yakni membantu produksi sel darah merah. Hal ini menjadi alasan mengapa bumil harus memenuhi kebutuhan asam folatnya. Pasalnya kandungan nutrisi ini akan bekerja untuk membantu tubuh terus menerus memproduksi eritrosit.

Baca Juga :   Yakult untuk Ibu Hamil, Aman atau Berbahaya?

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat bahkan ketika mereka baru saja memulai program kehamilan. Perlu Anda tahu bahwa kekurangan asam folat akan menyebabkan cacat tabung saraf di dalam kandungan.

6. Mencegah Resiko Bayi Lahir dengan Berat Rendah

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Terakhir, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga berperan dalam menjaga berat badan bayi tetap normal saat kelahiran. Bumil sebaiknya menjaga asupan zat besi mereka karena akan berpengaruh dalam pertumbuhan plasenta dan juga perkembangan janin khususnya di trimester kedua.

Apabila mengalami kekurangan zat besi saat hamil, maka bisa meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur hingga kematian bayi. Perlu Anda tahu juga bahwa saat hamil, seorang ibu akan memerlukan lebih banyak zat besi hingga 25 mg per harinya.

Penting bagi seorang calon ibu untuk mengetahui apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Ada berbagai kandungan nutrisi di dalamnya akan bermanfaat bagi kesehatan janin. Ingin tahu jenis makanan bermanfaat lainnya selama kehamilan? Kunjungi saja situs nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *