Ciri Hamil Kosong, Ibu Hamil Wajib Periksa

Posted on

Ciri-ciri hamil kosong sebenarnya sangat mirip dengan keguguran. Tepatnya ketika janin sudah tidak ada lagi perkembangan di dalam kandungan. Istilah lainnya adalah blighted ovum, kondisi dimana sel telur yang sudah dibuahi dan juga berimplantasi justru tidak berkembang sebagai embrio.

Apa Saja Ciri-Ciri Hamil Kosong?

Dalam ilmu parenting sendiri, ada banyak istilah kehamilan, termasuk juga hamil kosong. Kondisi seperi ini bukan lagi suatu gangguan yang dapat Anda cegah. Penyebabnya pun beragam mulai dari kualitas sperma dan sel telur kurang baik hingga kelainan pada kromosom. Berikut beberapa ciri-cirinya:

1. Tingkat HCG yang Rendah dan Ukuran Fundus Kecil

Ciri-ciri hamil kosong yang pertama yakni tingkat HCG relatif Rendah. Human Chlorionic Gonadoptropin merupakan hormon pada seorang wanita ketika sedang menjalani masa kehamilan. Selama hamil, hormon ini akan naik atau turun. Apabila penurunannya berada di bawah normal, maka harus Anda waspadai.

Ciri-ciri hamil kosong juga berhubungan dengan ukuran panjang dari fundus. Saat hamil, rahim ibu akan diukur oleh dokter dari sisi atas hingga ke tulang kemaluan. Pengukuran ini pun berfungsi untuk mengetahui perkembangan janin. Langkah ini akan dilakukan setelah 16 munggu apakah normal atau tidak.

2. Kram Selama Hamil

Ciri Hamil Kosong

Ciri-ciri yang ketiga yakni Anda selalu merasakan kram selama hamil. Apabila terlalu sering mengalaminya, maka menjadi sebuah pertanda ada suatu hal yang tidak beres dengan kehamilan tersebut. Rasa sakitnya pun tidak kunjung hilang atau bahkan justru meningkat.

Baca Juga :   3 Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda, Apa Saja Gejala dan Resikonya?

Rasa kram ini berhubungan dengan masalah yang ada di plasenta. Maka dari itu, penting juga bagi ibu hamil apabila sedang mengalami ciri-ciri hamil kosong ini agar segera berkonsultasi kepada dokter. Untuk info lebih lengkapnya, maka bisa mengecek artikel lain pada kategori blog di situs ini.

3. IUGR (Diagnosis Intrauterune Growth Restriction)

IUGR menandakan ukuran janin yang lebih kecil daripada ukuran normalnya. Hal ini tentu menunjukkan ada masalah pada kehamilan. Penyebab utamanya biasanya berhubungan dengan gangguan di plasenta. Organ ini sedang tidak berfungsi dengan baik sehingga janin akan berhenti berkembang.

Masalah yang menjadi pemicunya pun beragam mulai dari diabetes, anemia, ginjal atau gangguan pada organ lainnya. Apabila sudah mendapatkan diagnosa dari dokter tentang IUGR ini, maka harus benar-benar mendapatkan perawatan intensif.

4. Tidak Terasa Detak Jantung

Ciri Hamil Kosong

Ciri-ciri hamil kosong berikutnya yang bisa Anda rasakan adalah tidak adanya detak jantung. Hal ini menjadi pertanda paling umum ketika janin tidak mengalami perkembangan di dalam kandungan. Ibu hamil baru bisa mendengarnya pada minggu ke-9 atau ke-10 saat embrio sudah berubah jadi janin.

Di awal minggu kehamilan, mungkin dokter akan menganggap bahwa hal ini wajar. Detak jantung yang tidak terdengar dapat disebabkan karena posisi dari bayi itu sendiri. Apabila setelah dilakukan beberapa kali pemeriksaan dan menunjukkan gejala sama, maka dokter langsung melakukan USG.

5. Pendarahan

Pendarahan menjadi ciri-ciri hamil kosong berikutnya yang wajib untuk Anda perhatikan. Bagi sebagian perempuan hamil, memang sering kali mengalami pendarahan namun bukan sebagai tanda terjadinya hamil kosong.

Akan menjadi masalah ketika pendarahan yang dialami sudah terlalu banyak. Selain itu, Anda juga merasakan nyeri punggung yang sangat hebat. Apabila mengalami kondisi seperti ini, maka segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter.

Baca Juga :   7 Vitamin Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Bayi

6. Tidak Ada Pergerakan dari Janin

Ciri Hamil Kosong

Ciri-ciri hamil kosong terakhir yang bisa Anda rasakan sendiri adalah ketika tidak ada pergerakan janin. Biasanya ibu hamil akan merasakannya sendiri ketika bayi sedang memberikan tendangan dari dalam kandungan. Apabila gerakannya mulai melemah atau bahkan hilang, maka bisa menjadi tanda-tandanya.

Anda pun juga tidak akan mengalami ngidam seperti bumil pada umumnya. Hal ini pastinya sudah menjadi pertanda umum yang dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Jika tidak merasakannya, maka harus segera melakukan pemeriksaan.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri hamil kosong yang wajib untuk Anda ketahui. Pastinya tiap perempuan berharap jika kehamilan mereka akan selalu normal dan sehat. Jika ingin menjaga kesehatan janin selama hamil, cek artikel lainnya mengenai dunia kewanitaan dengan mengunjungi situs nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *