Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda, Bumil Wajib Tahu!

Posted on

Gejala muntah atau biasa disebut dengan morning sickness merupakan keluhan yang sering dialami bagi ibu hamil. Kondisi ini pun tidak hanya terjadi sesekali saja namun bisa saja sepanjang hari. Untuk itu, Anda harus tahu cara mengatasi mual saat hamil muda agar bisa mengurangi keluhannya.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Pusing, mual dan muntah selama masa kehamilan sebenarnya bukan gejala yang harus Anda khawatirkan. Pasalnya setiap ibu hamil akan mengalami keluhan tersebut. Mulai dari awal kehamilan hingga persalinan. Beberapa gejala ini pun juga menjadi ilmu dalam parenting sebelum menjadi orang tua.

1. Menghindari Makanan dan Minuman yang Memicu Rasa Mual

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Selama hamil, tentunya Anda akan lebih sensitif saat memilih jenis makanan. Hal ini pun menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil muda yakni dengan menghindari makan dan minum apabila memicu rasa mual. Mulai dari berlemak, pedas dan asam karena berpotensi akan mengiritasi lambung.

Apabila suatu makanan bersifat mengiritasi lambung, maka akan memperburuk keluhan mual yang sedang Anda rasakan. Beberapa jenis makanan ini seperti jengkol dan durian. Hal ini juga disebabkan karena tingkat sentivitas bagi ibu hamil memang lebih tinggi sehingga tidak heran jika mudah merasa mual.

2. Memenuhi Waktu Istirahat yang Cukup

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Gejala mual yang muncul bagi ibu hamil bisa saja disebabkan karena kelelahan pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena perubahan hormon selama masa kehamilan akan membuat bumil mudah lelah. Tentu saja kondisi seperti ini juga memperburuk keluhan mual yang sedang dirasakan khususnya di pagi hari.

Baca Juga :   Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Wajib Konsumsi Bagi Bumil!

Anda bisa melakukan cara mengatasi mual saat hamil muda dengan mencukupi waktu istirahat. Apabila sudah merasa lelah, alangkah lebih baik bagi bumil agar tidak memaksakan diri beraktivitas berat kembali. Pastikan juga untuk mendapatkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam tiap harinya.

3. Menghindari Langsung Berbaring Setelah Makan

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Cara seperti ini sudah sering dipraktikkan oleh kebanyakan penderita asam lambung. Istilahnya, saluran antara lambung dan kerongkongan yang belum tertutup sempurna namun Anda posisikan untuk berbaring, maka asam lambung akan naik ke mulut. Kondisi ini bisa membuat seseorang mual.

Sama halnya bagi ibu hamil. Salah satu cara mengatasi mual saat hamil muda adalah dengan memberikan jeda waktu antara makan dan berbaring. Kebiasaan ini pun bisa memperparah gejala mual atau bahkan muntah. Apabila ingin rebahan, maka bisa melakukannya setelah 2 – 3 jam setelah makan.

4. Mengatur Pola Makan Lebih Sehat

Pemilihan makanan akan menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam cara mengatasi mual saat hamil muda. Apabila Anda sebelumnya terbiasa makan dalam jumlah besar sekaligus, kini cobalah untuk mengurangi porsinya namun dengan frekuensi lebih sering.

Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang lengkap. Tujuannya agar mampu memenuhi nutrisi baik bagi ibu sendiri dan bayi di dalam kandungan. Usahakan juga memilih makanan kaya akan protein, vitamin dan rendah lemak. Beberapa bumil pun juga konsumsi suplemen secara rutin.

5. Melakukan Relaksasi

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Selanjutnya, cara mengatasi mual saat hamil muda yang paling ampuh yakni dengan relaksasi. Mungkin bagi perempuan yang belum pernah mengalami masa kehamilan, timbul rasa panik untuk merasakan berbagai gejala. Apabila mengalami kondisi seperti ini, maka pikiran harus rileks.

Baca Juga :   6 Ciri Hamil yang Sehat, Bumil Wajib Tahu!

Anda bisa mencoba beberapa metode relaksasi seperti tarik nafas dan yoga. Tidak ada salahnya jika mencoba olahraga dengan gerakan ringan agar bisa merasakan udara segar di pagi hari. Untuk rekomendasi gerakannya, coba cek di kategori blog agar tetap aman bagi bumil.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan pada Tubuh

Terakhir, Anda bisa melakukan cara mengatasi mual saat hamil muda dengan mencukupi cairan pada tubuh. Setidaknya konsumsi dua liter air putih per harinya. Agar terhindar dari perasaan ingin muntah, coba konsumsi minuman hangat seperti jahe.

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga harus memperhatikan bagaimana sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan. Hal ini karena udara pengap maupun panas pun bisa menjadi pemicu bumil merasakan mual. Pastikan untuk tetap membuka jendela dan ventilasi agar udara tetap terasa segar.

Itulah tadi berbagai cara mengatasi mual saat hamil muda yang dapat Anda ikuti selama masa kehamilan. Gejala morning sickness memang wajar apabila dirasakan oleh sebagian besar bumil. Untuk tips dan trik lainnya, coba kunjungi situs nvintan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *