Kaki Kram saat Hamil Tua: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Sebagian besar perempuan yang sedang menjalani masa kehamilan memang akan merasakan berbagai keluhan. Salah satunya yakni kaki kram saat hamil tua khususnya jika sudah menjelang waktu persalinan. Lantas apa saja penyebab dari gejala seperti ini? Anda pun juga harus tahu cara mengatasinya.

Penyebab Kaki Kram saat Hamil Tua

Kaki Kram saat Hamil Tua

Ada berbagai penyebab kaki kram saat hamil tua yang perlu Anda tahu. Keluhan ini mungkin akan lebih parah ketika sudah mendekati masa persalinan. Pasalnya ada banyak gejala yang dirasakan secara bersamaan sehingga ibu hamil bisa merasakannya sekaligus.

  • Berat badan ibu yang bertambah sehingga kaki akan mendapatkan beban ekstra daripada sebelumnya
  • Kekurangan vitamin karena kurang memperhatikan asupan harian
  • Kurang bergerak dan olahraga sehingga membuat beberapa otot pada ibu hamil terasa kaku dan tegang
  • Terjadinya penumpukan cairan di kaki yang menyebabkan pembengkakan atau disebut dengan edema

Gejala kaki kram saat hamil tua bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya usia janin. Pasalnya perut juga semakin bertambah besar dan berat membuat beban pada kaki akan kian ekstra. Sebagai bumil pun bisa merasakan gerakan yang terbatas hingga mengalami gangguan tidur.

Cara Mengatasi Kaki Kram saat Hamil Tua

Kondisi kaki kram saat hamil tua bisa membuat bumil akan terganggu untuk bergerak kemanapun. Tidak hanya penumpulan cairan saja, gejala ini juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti di atas. Selama belajar ilmu parenting, Anda pun perlu tahu bagaimana cara mengatasi rasa kram tersebut.

Baca Juga :   6 Ciri Kehamilan yang Beresiko, Ancam Keselamatan Ibu dan Bayi

1. Melakukan Peregangan pada Kaki

Kaki Kram saat Hamil Tua

Peregangan ini dapat dilakukan dengan meluruskan bagian kaki secara perlahan. Anda perlu melemaskan sekaligus meluruskan jari kaki. Melalui cara ini, kram yang sedang dirasakan oleh bumil akan berkurang. Hindari untuk menekuk jari kaki ke arah bawah karena bisa memperparah kram.

Tidak hanya itu, bumil juga perlu berjalan kaki sekitar 15 menit setiap harinya. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran darah pada bagian anggota gerak bawah. Akan lebih aman ketika menyesuaikan dengan anjuran dokter. Jadi jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukannya secara rutin.

2. Pijat Kaki

Kaki Kram saat Hamil Tua

Cara mengatasi kaki kram saat hamil tua selanjutnya bisa Anda lakukan dengan pijat kaki. Walaupun terasa sakit, namun bumil bisa melakukannya perlahan pada bagian kaki yang terasa kram. Gunakan produk minyak esensial seperti lavender dan camomile untuk memijat agar lebih lembut.

Beberapa teknik memijat kaki juga biasa menggunakan es batu. Tujuannya agar bisa melemaskan otot kaki. Khususnya jika Anda memang jarang sekali bergerak selama masa kehamilan. Hal ini memang wajar terjadi bagi perempuan karena ada banyak gejala yang sedang dirasakan secara bersamaan.

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Kaki Kram saat Hamil Tua

Selain memijat, Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mengompresnya. Cara seperti ini dipercaya mampu menurunkan rasa kram yang ditimbulkan pada saat kaki sedang sakit dan nyeri. Ada banyak teknik memijat bagi ibu hamil dapat dilihat di kategori blog.

Anda bisa menggunakan botol kosong yang berisikan dengan air hangat. Lakukan selama 15 – 20 menit. Teknik seperti ini mampu mengurangi ketegangan pada otot kaki karena jarang bergerak namun justru bertambah bebannya seiring masa kehamilan. Bumil pun juga dapat berendam di dalam air hangat.

Baca Juga :   6 Penyebab Sesak Nafas saat Hamil, Perlu Anda Tahu!

4. Menjaga Pola Makan Harian

Menjaga asupan harian bagi ibu hamil memang sangat penting. Hal ini ternyata juga menjadi salah satu cara kaki kram saat hamil tua. Anda harus mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 – 12 hari tiap harinya.

Pilihlah makanan dengan kandungan tinggi kalium seperti pisang, buah kiwi dan blewah. Beberapa bumil juga memilih untuk mengonsumsi vitamin prenatal karena di dalamnya mengandung berbagai mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium. Lebih baik untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Itulah tadi berbagai penyebab dan cara mengatasi ketika mengalami kaki kram saat hamil tua. Keluhan seperti ini memang wajar terjadi selama masa kehamilan. Namun Anda pun bisa mencoba untuk menurunkan rasa sakitnya dengan tips di atas atau menerapkan berbagai tips bumil pada situs nvintan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *