Ibu Hamil Makan Mie Instan, Berikut 4 Tips Aman Konsumsinya!

Posted on

Sebagian besar orang memang sangat menyukai produk instan satu ini tidak terkecuali bagi perempuan. Saat memasuki masa kehamilan, yang akan  menjadi pertanyaan adalah apakah aman ibu hamil makan mie instan? Terlebih jika Anda sudah terbiasa mengonsumsinya sehari-hari.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Instan?

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Mie instan hadir sebagai solusi cepat bagi ibu hamil yang sedang lapar. Namun perlu Anda ingat bahwa tiap makanan pasti akan berdampak untuk kesehatan janin. Hal ini berhubungan dengan kandungan garam di dalam mie instan yang tinggi akan memicu peningkatan terkanan darah.

Ketika hamil, kondisi ini pun bisa berbahaya baik bagi ibu maupun janin itu sendiri. Sampai saat ini masih belum ada penjelasan secara detail batasan konsumsi  ibu hamil makan mie instan. Apabila Anda ingin mengonsumsinya, maka berikut ini ada beberapa tips bisa Anda ikuti:

  • Batasi jumlah bumbu mie instan dengan hanya menggunakan setengah saja
  • Lebih baik untuk menggunakan bumbu sendiri guna mengurangi kandungan garam di dalam mie instan
  • Jangan lupa menambahkan sumber protein agar memenuhi kebutuhan dari janin seperti ayam, seafood atau telur
  • Anda juga perlu untuk menambahkan sayuran seperti tomat, sawi, wortel, bayam maupun brokoli
  • Pastikan seluruh komponen mie instan sudah dimasak dengan matang

Tips Aman Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bagi sebagian besar orang, makan mie instan adalah godaan terbesar untuk mereka jika ingin diet atau sedang menjalani program makan sehat. Namun ternyata keinginan tersebut bisa saja muncul kapan saja sehingga tidak dapat diprediksi. Apabila Anda mengalaminya saat kehamilan, ikuti saja tips berikut.

Baca Juga :   6 Perbedaan Perut Buncit dan Hamil, Ibu Pintar Wajib Tahu!

1. Mengurangi Jumlah Pemakaian Bumbu Setengah Kemasan Mie Instan

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Ibu hamil yang sedang makan mie instan, maka bisa mengurangi jumlah pemakaian dari bumbunya. Hal ini juga bertujuan untuk menurunkan kadar garam di dalam mie instan tersebut sehingga tidak terlalu banyak yang dikonsumsi. Pastinya hal ini juga penting diperhatikan bagi siapapun saat makan mie.

Atau akan lebih aman lagi ketika ibu hamil makan mie instan dengan membuat bumbu sendiri. Anda hanya perlu menggunakan bawang putih, bawang merah dan penyedap rasa secukupnya. Apabila ingin menambahkan cabe pun tidak masalah asalkan tidak berlebihan karena akan berdampak ke janin.

2. Menambah Sumber Protein

Saat ibu hamil makan mie instan, maka bisa dengan cara yang lebih sehat. Caranya yakni dengan menambah sumber protein. Meskipun dalam kemasan sudah tertera kandungan protein sekian persen, namun tidak ada salahnya jika ingin menambahkan beberapa makanan seperti daging sapi, ayam atau telur.

Beberapa orang pun dengan sengaja menambahkan sumber protein seperti telur ayam sebagai tips utama untuk mengonsumsi mie. Rasanya jauh lebih creamy dan sedap. Namun Anda tetap tidak boleh memakannya secara berlebihan. Pasalnya kandungan protein tinggi dalam urine juga berbahaya untuk ibu hamil.

3. Menambahkan Sayuran

 

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Bukan hanya menambahkan sumber protein saja, Anda pun bisa menggunakan beberapa sayuran sebagai pelengkapnya. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Biasanya  orang-orang akan memberian potongan sawi, tomat, wortel atau sayuran hijau lainnya sehingga lebih segar.

Dengan menambahkan sayuran seperti ini, Anda pun bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Tentunya hal ini juga penting bagi kesehatan ibu hamil maupun janin asalkan tidak terlalu matang. Karena akan menurunkan atau bahkan merusak zat gizinya.

Baca Juga :   7 Tanda Kemungkinan Hamil yang Perlu Bunda Ketahui

4. Makan Mie Instan Benar-Benar Matang

Ibu Hamil Makan Mie Instan

 

Terakhir, Anda harus benar-benar memastikan jika memasak mie instan dengan matang sempurna. Pasalnya mie yang berbasis dari tepung akan berbahaya apabila masuk ke dalam pencernaan namun masih mentah. Pengetahuan seperti ini dapat Anda pelajari pada ilmu parenting di bidang kehamilan.

Usahakan juga tidak makan mie instan bersamaan dengan nasi. Pasalnya akan berdampak pada peningkatan kadar gula dalam darah. Keduanya sama-sama mengandung karbohidrat tinggi. Resikonya yakni sangat dekat dengan diabetes. Untuk lebih jelasnya, cek saja di kategori blog pada situs ini.

Jadi tidak ada salahnya ketika ibu hamil makan mie instan asalkan masih dalam batas wajar. Anda bisa menambahkan beberapa item makanan lain seperti protein dan sayuran agar tetap sehat. Jangan lupa untuk mengunjungi situs nvintan demi mendapatkan informasi paling update mengenai kewanitaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *