Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil, Tips Aman Bagi Bumil

Posted on

Bagi Anda yang jarang berolahraga dan beraktivitas fisik selama kehamilan, maka perlu tahu beragam manfaat berenang untuk ibu hamil. Namun tetap saja harus mengetahui bagaimana tips aman selama berada di kolam renang agar tidak beresiko. Beberapa dokter bahkan menganjurkan bumil agar melakukannya.

Beragam Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Berenang memang dianjurkan bagi bumil karena memungkinkan seluruh tubuh bisa bebas bergerak di dalam air tanpa resiko tinggi berbahaya bagi janin. Dalam menyambut kelahiran saja, ada beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan sesuai dengan ilmu parenting. Maka dari itu, wajib tahu apa saja manfaatnya.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Bukan lagi rahasia bahwa berat badan ibu hamil akan meningkat karena hal ini adalah hal yang normal terjadi. Namun jangan sampai membuatnya menjadi obesitas karena terlalu berlebihan. Pasalnya jika mengalami kondisi seperti ini, bisa meningkatkan resiko terjadinya komplikasi saat kehamilan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka dianjurkan berenang dengan rutin. Ibu hamil bisa menjadikannya sebagai salah satu olahraga ringan selama masa kehamilan. Namun tetap saja harus memperhatikan bagaimana tips aman saat berenang agar tidak membahayakan ibu sendiri maupun kesehatan janin.

2. Memperlancar Peredaran Darah Menuju ke Janin

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Rutin berenang ternyata bisa memperlancar peredaran darah sekaligus memperkuat fungsi jantung. Hal ini pun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen baik bagi bumil maupun si kecil di dalam kandungan. Aliran darah yang lancar menjadi salah satu manfaat berenang untuk ibu hamil perlu Anda tahu.

Baca Juga :   Bahaya Preeklamsia pada Ibu Hamil dan Janin

Dengan aliran darah yang lancar ternyata membantu ibu hamil dalam mengatasi berbagai permasalahan pada tubuh seperti nyeri punggung. Pasalnya manfaat berenang untuk ibu hamil juga bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot sekaligus mengurangi tekanan tulang belakang.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Sebagai ibu hamil, mungkin saja akan membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak. Namun tidak sedikit dari mereka justru mengalami gangguan istirahat karena berbagai gejala kehamilan yang sedang dirasakan. Ternyata hal ini bisa Anda atasi dari salah satu manfaat berenang untuk ibu hamil.

Berenang dengan rutin mampu membantu ibu hamil agar tetap fit dan membuat tidur malam akan terasa lebih nyenyak. Selain itu, olahraga secara menyenangkan dan gerakan ringan akan meredakan stress selama kehamilan. Untuk tahu cara menghilangkan perasaan stress lainnya, cek pada kategori blog.

Panduan Tips Aman Berenang untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui apa saja manfaat berenang untuk ibu hamil, kali ini Anda juga harus tahu bagaimana tips aman bagi bumil selama beraktivitas di dalam kolam renang. Harapannya agar tidak membahayakan diri sendiri maupun janin di dalam kandungan.

1. Memastikan Kolam Renang dalam Kondisi Bersih dan Aman

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan memastikan bahwa kolam renang sudah dalam kondisi bersih. Pilih lokasi kolam yang memiliki air jernih dan tidak mengandung bau tajam. Agar lebih nyaman, berenang pada saat suhu air sekitar 27 hingga 30 derajat celcius.

Jangan memaksakan untuk berenang jika kandungan klorin di dalam kolam renang justru menimbulkan perasaan kurang nyaman pada mata dan kulit. Beberapa kolam yang memiliki bau sangat tajam akan membuat ibu hamil mudah mual.

Baca Juga :   7 Tanda Kemungkinan Hamil yang Perlu Bunda Ketahui

2. Melakukan Pemanasan sekaligus Pendinginan

Pemanasan merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan agar manfaat berenang untuk ibu hamil benar-benar terasa setelahnya. Langkah ini dapat dilakukan selama 5 sampai 10 menit agar mengurangi resiko cedera saat berada di dalam kolam renang sekaligus meningkatkan kelenturan otot.

Pastikan juga ibu hamil memilih gaya renang yang nyaman dan aman. Gaya dada adalah rekomendasi bagi bumil. Tidak hanya mudah untuk melakukannya, gerakan ini juga tidak membuat cepat lelah di dalam kolam renang. Hindari melompat karena akan meningkatkan resiko saat sedang hamil.

Ada berbagai manfaat berenang untuk ibu hamil yang bisa Anda rasakan asalkan tetap mengikuti panduan aman selama di dalam kolam renang. Waktu paling baik adalah antara 20 – 30 menit tiap sesi sebanyak 1 – 2 kali seminggu. Untuk tips olahraga bagi bumil lainnya, cek rekomendasinya di situs nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *