Penyebab Hamil Kosong, Ketahui Pengertian dan Pengobatannya

Posted on

Bagi perempuan yang masih muda dan belum menikah, mungkin belum tahu apa arti istilah tersebut. Padahal hal ini penting di dalam ilmu parenting karena berhubungan dengan usia ke depannya. Lantas apa saja penyebab hamil kosong? Bagaimana kondisi kehamilan ini bisa terjadi?

Apa Pengertian Hamil Kosong?

Penyebab Hamil Kosong

Hamil kosong memiliki istilah lain berupa blighted ovum atau anembryonic pregnancy. Kondisi ini menggambarkan proses pembuahan namun embrio tidak terbentuk ketika plasenta sudah mulai berkembang. Satu dari dua kasus keguguran pada ibu hamil terjadi karena mereka mengalami hamil kosong.

Penyebab hamil kosong biasanya sudah mulai terasa di awal kehamilan atau bahkan sebelum ibu mengetahui dirinya sedang mengandung bayi. Kondisi ini pun juga akan melewati beebrapa tahapan mulai dari hamil normal seperti kehamilan pada umumnya, termasuk juga pembuahan sel telur oleh sperma.

Ketika pembuahan sudah berhasil, maka sel telur akan menempel di dinding rahim hingga membentuk plasenta sekaligus dengan embrionya. Pada umumnya, janin pun sudah terlihat di usia kehamilan 5 – 6 minggu menggunakan USG transvaginal. Namun pada hamil kosong, tentu tidak akan terlihat janin berkembang.

Penyebab Hamil Kosong

Sampai saat ini pun penyebab hamil kosong belum bisa diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya. Untuk itu, sebagai calon ibu sedang menjalani program hamil maka perlu menghindari hal-hal di bawah ini apabila disebabkan karena faktor eksternal.

  • Kelainan pada kromosom karena 60% penyebab hamil kosong terjadi karena proses pembuahan sperma dan sel telur yang tidak berjalan optimal.
  • Kualitas sel telur dan sperma yang kurang baik
  • Gangguan pembelahan sel sehingga terjadi secara abnormal
  • Terjadi infeksi TORCH yakni Toxoplasmosis, Rubella, Herpers, HIV hingga Sifilis.
  • Imunologi dan Diabetes Melitus yang sedang tidak terkontrol pada calon ayah dan ibu
  • Usia dan jumlah anak dari ayah dan ibu
  • Kadar HCG atau hormon kehamilan yang cukup rendah
Baca Juga :   10 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Diagnosis dari Penyebab Hamil Kosong oleh Dokter

Dokter akan bertanya tentang keluhan yang Anda rasakan untuk mendapat diagnosis. Selanjutnya perlu melakukan pemeriksaan di perut pasien. USG kehamilan menjadi langkah paling utama guna mengecek kandungan berisikan embrio atau tidak. Dokter akan menyarankan pengobatan seperti berikut:

1. Kuret

Kuret bisa dilakukan dengan membuka bagian leher rahim atau serviks. Selanjutnya mengangkat kantong kehamilan kosong dari dalam rahim. Langkah prosedur seperti ini bisa dilakukan sekaligus untuk mengetahui apa penyebab hamil kosong tersebut.

Untuk mengetahuinya, dokter kandungan bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap jaringan yang diangkat melalui uji laboratorium. Biasanya penyebab hamil kosong tidak jauh dari kualitas sel telur dan sperma. Maka dari itu, Anda pun perlu menjaga kesehatan dari dalam guna meningkatkan kualitas pembuahannya.

2. Konsumsi Obat

Penyebab Hamil Kosong

Beberapa konsumsi obat juga dianjurkan oleh dokter kandungan. Misalnya seperti misoprostol yang bisa digunakan sebagai opsi pengobatan selama hamil kosong. Baik minum obat-obatan atau kuret, sama-sama memberikan efek samping seperti kram perut dan nyeri.

Apabila dibandingkan dengan pengobatan menggnakan kuret, maka pemakaian obat minum seperti ini justru memiliki peluang lebih tinggi menyebabkan pendarahan. Pasien bisa memilih agar menunggu terlebih dahulu agar kandungannya gugur alami dalam hitungan minggu bersama pengawasan dokter.

Tips Awal Pencegahan Hamil Kosong

Penyebab Hamil Kosong

Pada kebanyakan kasus hamil kosong, Anda pun tidak bisa mencegahnya. Cara terbaik dalam hal pencegahan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin kepada dokter. Tidak hanya itu saja, ada beberapa tes dapat dilakukan seperti berikut. Untuk lebih jelasnya, cek pada kategori blog di situs ini.

  • Pemeriksaan genetik pra implantasi guna melakukan pemeriksaan kondisi genetik embrio sebelum proses implantasi embrio
  • Analisis sperma, untuk mengetahui kualitas sperma sebelum melakukan pembuahan
  • Tes hormon FSH dan AHM untuk mengukur kualitas sel telur sehingga mengetahui perlu atau tidak tindakan meningkatkan kualitas sel telur
Baca Juga :   5+ Cara Agar Hamil Anak Kembar, Simak TIps Peluang Tinggi Berikut!

Itulah tadi ulasan tentang penyebab hamil kosong yang perlu Anda ketahui. Penting sekali sebagai pasangan suami istri sama-sama menjaga kualitas sperma dan sel telurnya dari dalam. Untuk tips dan trik meningkatkan kualitasnya, cek saja pada artikel bermanfaat di situs nvintan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *