Ibu Hamil Makan Durian, Mitos atau Fakta Bahaya untuk Janin?

Posted on

Ibu hamil makan durian bukan menjadi sebuah larangan. Justru kandungan di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Namun bukan berarti bumil bisa memakannya sembarangan. Pastikan untuk memberikan batasan konsumsi agar tidak berlebihan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Ibu Hamil Makan Durian

Ibu hamil tetap diperbolehkan untuk makan durian. Jadi jangan khawatir jika harus menjauhi raja buah satu ini. Durian memiliki manfaat karena kandungan nutrisinya. Salah satunya seperti asam folat karena mampu menurunkan resiko cacat lahir bagi bayi dalam kandungan. Selain itu juga mengandung tinggi serat.

Durian pun memiliki sifat anti mikroba, anti jamur dan anti bakteri sehingga masih aman untuk Anda konsumsi asakan tetap dalam jumlah aman. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa membuat ibu hamil akan terlindungi dari serangan radikal bebas dan juga polutan.

Selama kehamilan, ibu hamil makan durian disarankan dalam jumlah sedang. Konsumsi buah durian berlebihan bisa meningkatkan resiko berat badan berlebih bagi calon bayi. Apabila ukurannya terlalu besar tentu akan menyulitkan bagi ibu selama masa persalinan.

Tips Aman Ibu Hamil Makan Durian

Ibu Hamil Makan Durian

Ada beberapa tips aman yang bisa dilakukan bagi ibu hamil makan durian. Tujuannya agar bumil dengan kegemaran konsumsi memakannya masih bisa mengonsumsinya tanpa beresiko bagi kesehatan janin. Kebiasaan kecil seperti ini tentunya sudah ada di dalam ilmu parenting sebagai calon ibu.

  • Makan durian dengan jumlah yang cukup
  • Makan durian tidak lebih dari 2 – 3 potong
  • Hindari konsumsi terlalu sering
  • Pilih buah durian dengan kematangan yang sudah pas
  • Pilih buah durian dengan tingkat ketebalan daging yang pas karena tidak memiliki kandungan kolesterol tinggi
  • Jangan lupa konsumsi banyak air putih setelah mengonsumsi buah durian
  • Berhenti konsumsi durian jika memasuki usia kehamilan trimester ketiga
Baca Juga :   6 Ciri Hamil yang Sehat, Bumil Wajib Tahu!

Ibu hamil yang mengonsumsi buah durian dengan kondisi penyakit tertentu seperti riwayat diabetes, diabetes gestasional hingga obesitas disarankan untuk tidak mengonsumsinya selama kehamilan. Anda pun bisa menghindari konsumsinya ketika sudah memasuki usia hamil tua dan mendekati persalinan.

Fakta Efek Ibu Hamil Makan Durian

Bukan seperti mitos yang beredar, durian justru memberikan efek bagus bagi kesehatan ibu hamil. Anda pun masih bisa mengonsumsinya dalam jumlah aman. Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyebutkan jika konsumsi durian akan berbahaya bagi bumil maupun janin.

1. Menjaga Kolesterol Darah Tetap Stabil

Ibu Hamil Makan Durian

Sebagian besar orang mungkin menganggap jika durian menjadi buah yang tinggi kandungan kolesterol. Padahal anggapan seperti ini sepenuhnya salah. Walaupun terbukti mengandung lemak cukup tinggi namun bukan berasal dari jenis kolesterol.

Kolesterol hanya berasal dari lemak hewani saja sehingga tidak akan Anda temukan di dalam buah maupun sayuran salah satunya durian. Justru kandungan serat yang tinggi pada durian mampu mencegah peningkatan kolesterol.

2. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Ibu Hamil Makan Durian

Meski buah durian terkenal dengan efek yang negatif, namun ternyata buah ini termasuk ke dalam kelompok buah indeks glikemik rendah. Hal ini artinya buah tersebut tidak akan membuat gula darah meningkat dalam waktu cepat.

Hal tersebut terjadi karena terkandung lemak, serat dan kalium cukup tinggi. Walau demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi buah durian dalam jumlah banyak sekaligus. Jangan lupa selalu konsultasi bersama dokter dan lakukan tips kehamilan lewat kategori blog di situs berikut.

3. Memberikan Energi Tambahan

Ibu hamil mungkin mudah merasa lelah, terlebih jika harus mengerjakan pekerjaan rumah dan aktivitas lainnya. Ternyata Anda bisa mengatasinya dengan konsumsi durian dalam jumlah cukup karena mengandung karbohidrat, kalori dan gula sekaligus.

Baca Juga :   Kaki Kram saat Hamil Tua: Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Buah durian pun mengandung asam folat cukup tinggi. Senyawa ini menjadi salah satu jenis nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil maupun janin. Pasalnya berperan dalam pembentukan sarafa, tulang belakang dan otak sekaligus mencegah cacat bawaan bagi bayi.

Itulah tadi berbagai informasi tentang mitos dan fakta ibu hamil makan durian. Anda pun masih boleh mengonsumsinya asalkan memperhatikan jumlah konsumsinya. Untuk tips dan trik kehamilan lainnya, coba kunjungi situs nvintan demi mendapat informasi menarik seputar bumil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *