6 Penyebab Sesak Nafas saat Hamil, Perlu Anda Tahu!

Posted on

Gangguan pernafasan mungkin saja akan terganggu seiring dengan bertambahnya besar perut bumil. Kondisi ini pun dapat dipicu dengan kekurangan oksigen, kelebihan air ketuban hingga hormon progesteron meningkat. Lantas apa saja penyebab sesak nafas saat hamil?

Inilah 6 Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Ada berbagai perubahan yang pastinya dialami oleh ibu selama masa kehamilan. Salah satunya yakni ketika ukuran perut semakin membesar. Tentu saja berubahnya tubuh seperti ini akan berdampak pada kesehatan ibu. Salah satunya yakni sesak nafas. Namun gejala ini dianggap wajar terjadi saat hamil.

1. Kekurangan Oksigen

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Semua asupan nutrisi dan oksigen selama masa kehamilan akan terbagi dua yakni bagi ibu hamil maupun janin itu sendiri. Mungkin saja Anda sedang berada di dalam ruangan dengan kandungan oksigen minim. Sampai akhirnya merasakan gejala sesak nafas selama beberapa menit.

Janin di dalam kandungan ternyata memerlukan oksigen sehingga kebutuhan oksigen bagi ibu juga semakin bertambah setidaknya dua kali lipat. Kondisi ini akhirnya menyebabkan ibu merasakan sesak nafas karena harus menarik nafas lbeih dalam. Tekanan udara pada bumil mungkin juga sedang tidak normal.

2. Hormon Progesteron yang Meningkat

Hormon progesteron yang meningkat bisa terjadi selama masa kehamilan bagi sebagian besar wanita. Hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab sesak nafas saat hamil. Kondisi ini dapat terjadi karena hormon kehamilan akan menstimulasi bagian pusat pernafasan ke bagian otak.

Baca Juga :   6 Perbedaan Perut Buncit dan Hamil, Ibu Pintar Wajib Tahu!

Selama masa peningkatan hormon progesteron ini, membuat udara yang masuk ke dalam saluran pernafasan akan jauh lebih sedikit dibandingkan udara keluar. Hal ini membuat ibu hamil merasakan sesak nafas selama beberapa waktu. Jadi Anda pun tidak perlu khawatir jika mengalaminya.

3. Kondisi Kehamilan

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Hal ini berhubungan dengan ukuran perut yang semakin besar seiring dengan bertambahnya usia janin. Tekanan rahim terus membesar akan membuat paru-paru bumil juga tertekan. Kondisi ini akhirnya menjadi salah satu penyebab sesak nafas saat hamil sehingga akan terasa normal ketika merasakannya.

Beban di dalam kandungan yang semakin besar juga bisa membuat ibu merasa sesak nafas. Anda sebenarnya dapat mempelajari apa saja gejala kehamilan sehingga sekaligus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Hal ini biasanya tercantum di dalam ilmu parenting dan penting diketahui.

4. Kelebihan Air Ketuban

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Istilah dalam medis, kelebihan air ketuban disebut dengan polihidramnion. Kondisi ini juga menjadi salah satu penyebab sesak nafas saat hamil. Bumil akan memiliki nafas yang pendek ketika air ketuban di dalam kandungan sudah berlebihan. Alangkah lebih baik untuk melakukan check up secara rutin.

Pasalnya kondisi kelebihan air ketuban juga berbahaya bagi kesehatan janin. Maka dari itu, Anda perlu memeriksakannya kepada dokter. Beberapa resikonya seperti peradangan pada pencernaan janin, penurunan nutrisi bayi pada kandungan hingga daya tahan ibu juga ikut menurun.

5. Gangguan Pernafasan Emboli Paru

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Selanjutnya, adanya gangguan organ pernafasan yang diderita oleh ibu hamil pastinya akan ikut berdampak pada janin. Hal ini menjadi alasan mengapa bagi pasangan suami istri harus benar-benar dalam keadaan sehat terlebih dahulu sebelum menjalankan program kehamilan.

Salah satunya adalah emboli paru yang menyebabkan adanya gumpalan darah sehingga menyumbat aliran darah menuju paru-paru. Apabila kondisi ini terjadi pada beberapa titik tentu akan memperparah penyebab sesak nafas saat hamil.

Baca Juga :   5+ Olahraga Ibu Hamil Trimester Kedua, Wajib Lakukan dengan Rutin!

6. Udara yang Terlalu Dingin

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Tidak hanya dialami oleh ibu hamil saja, banyak orang akan merasakan sesak nafas ketika udara di luar terlalu dingin. Agar lebih nyaman, maka bisa menggunakan pakaian lebih tebal daripada biasanya. Cara ini juga bertujuan untuk menjaga kehangatan bagi janin agar tidak berbahaya.

Udara dingin bisa membuat metabolisme bagi bumil akan menurun sehingga ikut berpengaruh pada paru-paru. Hal ini menjadi salah satu penyebab sesak nafas saat hamil. Masih ada banyak gejala kehamilan yang mungkin bisa terjadi dan perlu Anda tahu. Untuk lebih lanjutnya, bisa cek di kategori blog.

Ada berbagai penyebab sesak nafas saat hamil mulai dari kondisi pernafasan bumil hingga hormon kehamilan meningkat. Anda pun juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya dengan lakukan check up secara rutin. Untuk tips dan trik lainnya tentang kehamilan, bisa cek di situs nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *