6 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil, Pakai Cara Alami

Posted on

Sedang tidak menjalani program hamil namun cemas karena tak kunjung menstruasi. Mungkin hal seperti ini pernah dirasakan oleh sebagian perempuan atau bahkan Anda sendiri. Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil dengan cara-cara alami.

6 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

Sering sekali dibahas dalam ilmu parenting khususnya di bidang kewanitaan, siklus menstruasi secara normal berlangsung selama 21 hingga 35 hari sekali. Durasinya pun juga tidak sama namun rata-rata antara 3 sampai 8 hari. Apabila tidak kunjung waktu haid, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut.

1. Konsumsi Vitamin C

Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

Pertama,  mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil adalah dengan konsumsi vitamin C secara teratur. Vitamin ini akan bekerja untuk meningkatkan estrogen sekaligus menurunkan progesteron. Keduanya akan berperan dalam membantu rahim melakukan konstraksi.

Dengan begitu, lapisan rahim pun akan meluruh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup tiap harinya. Lebih baik memakan dari buah-buah tinggi vitamin C seperti buah jeruk, beri, brokoli, tomat hingga sayur bayam. Jika perlu, pastikan menyesuaikan kebutuhan harian.

2. Konsumsi Teh Jahe

 

Jahe bukan hanya membantu Anda untuk menghangatkan tubuh ketika musim hujan saja atau meredakan gejala tenggorokan gatal saat sedang batuk. Namun juga bisa bermanfaat bagi perempuan yang telat menstruasi. Kali ini bisa menjadi tips mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil.

Baca Juga :   Perut Kram saat Hamil Muda, Muncul sebagai Pertanda Apa?

Sebuah penelitian Phytotherapy Research telah melakukan penelitian pada 90 wanita dengan kondisi menstruasi berlebih. Studi tersebut mengungkapkan jika dengan mengonsumsi suplemen jahe, maka siklus haid jadi lebih teratur. Ada banyak rempah-rempah bermanfaat lainnya dan bisa Anda lihat di kategori blog.

3. Minum Jamu Kunyit

Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

Konsumsi jamu kunyit termasuk ke dalam salah satu tips mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil berikutnya. Rempah-rempah ini memiliki kandungan curcumin yang cukup tinggi. Senyawa ini pun mempunyai banyak khasiat seperti meminimalkan terjadinya inflamasi dan juga meningkatkan mood.

Tidak heran apabila kunyit sering menjadi obat alami untuk mengatasi apa saja efek dari PMS ketika Anda sedang mengalaminya. Kunyit mempunyai efek yang hampir mirip seperti estrogen. Fungsi tersebut pastinya mampu menjaga siklus menstruasi agar lebih teratur.

4. Tidak Berolahraga Terlalu Berat

Olahraga yang tidak terlalu berat menjadi salah satu tips mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil. Misalnya pada kasus HIIT atau High Intensity Interval Training misalnya lari maraton, angkat beban hingga olahraga lainnya. Jika Anda sudah terbiasa, maka cobalah istirahat sejenak terlebih dahulu.

Anda dapat mengurangi durasi latihan selama beberapa waktu dahulu dengan menggantikan ke jenis olahraga yang lebih ringan. Mungkin cukup jogging atau melakukan yoga di rumah. Jadi tidak perlu lagi berolahraga pada intensitas yang berat.

5. Konsumsi Obat untuk Melancarkan Haid

Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

Saat ini sudah banyak produk yang berkhasiat untuk melancarkan siklus haid. Namun alangkah lebih aman apabila Anda meminta langsung kepada dokter dengan menyesuaikan kondisi tubuh pada saat itu. Biasanya dokter merekomendasikan konsumsi pil KB mengandung progesteron dan estrogen.

Dengan mengonsumsi pil KB secara teratur bahkan tiap hari, fungsinya adalah untuk memperlancar siklus menstruasi secara lebih teratur. Tidak lupa juga tetap menjaga pola makan dan tingkat stress karena sangat berpengaruh pada datangnya haid.

Baca Juga :   Tips Serta Cara Kerja Reksadana Campuran yang Perlu Dipahami

6. Menenangkan Pikiran dan Relaksasi

Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

Berikutnya, tips mengatasi telat datang bulan bisa Anda lakukan dengan relaksasi untuk menenangkan pikiran. Tujuannya tidak mudah stress dan merasakan kecemasan berlebihan. Kedua faktor tersebut ternyata sangat berpengaruh dalam siklus menstruasi yang kurang teratur.

Ketika sedang stress, tubuh bisa menghasilkan kortisol atau hormon adrenalin sehingga menghambat produksi dari hormon progesteron maupun estrogen. Padahal kedua hormon ini berperan dalam mengontrol menstruasi tetap lancar. Anda bisa melakukan berbagai relaksasi yang cocok dengan kondisi tubuh sendiri.

Itulah tadi beberapa tips mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil yang mungkin membuat Anda khawatir karena sedang tidak menjalani program kehamilan. Untuk tips menarik lainnya, coba kunjungi situs nvintan khususnya berkaitan dengan ilmu kewanitaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *